Home » Tanaman Hias » Vitamin B1 untuk Tanaman Aglaonema, Apa Manfaatnya, sih?
Tanaman Hias

Vitamin B1 untuk Tanaman Aglaonema, Apa Manfaatnya, sih?

Ilustrasi Vitamin B1 untuk Tanaman Aglaonema
Baaca.id

Para penghobi sering kali memberikan vitamin B1 untuk tanaman Aglaonema yang diadopsinya. Kamu juga mungkin ikut-ikutan menggunakannya, bukan? Tapi, sebenarnya tahukah kamu apa fungsinya?

Iya, vitamin B1 itu memang memiliki segudang manfaat untuk tanaman, tak terkecuali Aglaonema. Nutrisi ini sering disebut sebagai anti stres, dan digunakan baik sebelum maupun setelah Aglaonema ditanam.

Yuk, ketahui lebih banyak tentang vitamin B1 di sini!

Vitamin B1 untuk Tanaman Aglaonema

Vitamin B1 adalah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh Aglaonema. Makanya nggak heran, kenapa penghobi-penghobi berpengalaman rajin banget memberikan asupan nutrisi satu ini untuk Aglaonema kesayangannya.

Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Aglaonema

Apa Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Aglaonema?
tirto.id

Apa, sih, manfaat vitamin B1 untuk Aglaonema?

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahuinya sebagai anti stres saja. Padahal, manfaatnya lebih dari itu saja, lho.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat vitamin B1 untuk Aglaonema:

#1. Anti Stres

Ini yang paling banyak diketahui dan diharapkan orang-orang tentang manfaat vitamin B1. Iya, untuk mencegah dan mengurangi stres pada Aglaonema.

Misalnya saat kamu membeli Aglaonema secara online dan harus dikirim tanpa media tanam. Selama pengiriman, Aglaonema sangat mungkin mengalami stres. Makanya, begitu sampai, penghobi biasa merendam Aglaonema terlebih dahulu dalam larutan vitamin B1 ini.

#2. Membantu Proses Metabolisme

Selain sebagai anti stres, vitamin B1 juga sebetulnya sangat baik untuk membantu proses metabolisme Aglaonema, lho. Alhasil, dengan bantuan nutrisi ini, pembentukan karbohidrat dan energi pun bisa menjadi lebih optimal.

#3. Memudahkan Aglaonema Beradaptasi

Aglaonema juga bisa semakin mudah beradaptasi dengan lingkungan baru berkat asupan vitamin B1.

Contohnya hampir sama seperti pada poin pertama, atau ketika Aglaonema di-repotting. Kamu tentunya harus mencabut Aglaonema dari media tanamnya, dan menanamnya kembali di media tanam yang baru.

Nah, kalau kamu menggunakan vitamin B1 sebelum menanamnya kembali, maka proses adaptasi Aglaonema terhadap lingkungan barunya itu bisa lebih baik.

#4. Mempercepat Pertumbuhan Akar

Vitamin B1 juga dapat digunakan sebagai zat perangsang akar, lho. Sehingga, vitamin B1 ini sangat cocok digunakan sebagai larutan tambahan pada proses water propagation. Selain itu, kalau kamu ingin melakukan stek konvensional, kamu juga bisa merendamnya dulu dalam larutan B1.

#5. Mengoptimalkan Penyerapan Unsur Hara

Manfaat lainnya ialah untuk mengoptimalkan penyerapan unsur hara oleh Aglaonema. Ini bisa dilakukan bersamaan dengan melakukan penyemprotan rutin bersama pupuk. Kamu bisa mencampurkan larutan pupuk dengan tambahan vitamin B1 ini.

#6. Menjaga Aglaonema Tetap Segar

Vitamin B1 juga bisa membuat Aglaonema segar selalu dalam berbagai kondisi. Misalnya ketika Aglaonema baru ditanam dalam kondisi tanpa akar, baru dipindahkan ke media tanam lain, dikirim tanpa media tanam selama berhari-hari, dan banyak lagi.

#7. Membantu Pertumbuhan Jaringan Baru

Kalau kamu menggunakan vitamin B1 untuk Aglaonema, maka pertumbuhan jaringan baru pada Aglaonema bisa semakin cepat. Mulai dari tunas daun sampai anakan, semua pertumbuhannya akan semakin cepat dan optimal.

Bagaimana Cara Mengaplikasikannya?

Kamu sekarang sudah mengetahui manfaat-manfaat dari vitamin B1, khususnya untuk Aglaonema. Lantas bagaimana, sih, cara pengaplikasiannya?

Nah, ada 2 cara yang paling umum dilakukan untuk menggunakan vitamin B1, yaitu dengan cara perendaman dan penyemprotan. Yuk, kita bahas detailnya sekarang!

#1. Perendaman

Perendaman Aglaonema dalam larutan vitamin B1 biasa dilakukan sebelum proses penanam. Misalnya, setelah Aglaonema dikirim dalam jual-beli online, repotting, pemisahan anak, atau stek.

Cara penerapannya seperti ini:

  1. Campurkan 1 sendok obat (5 ml) vitamin B1 ke dalam 5 liter air.
  2. Aduk hingga tercampur menjadi larutan.
  3. Rendam Aglaonema dalam larutan tersebut, cukup bagian akarnya saja.
  4. Biarkan sekitar 15 menit.
  5. Silakan tanam Aglaonema ke media tanamnya.

#2. Penyemprotan

Selain perendaman, vitamin B1 juga biasa diaplikasikan dengan cara penyemprotan. Ini tentunya dilakukan dalam kondisi Aglaonema yang tertanam, dan sering kali diaplikasikan bersama pemberian pupuk daun.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Gunakan dosis yang sama seperti perendaman, yakni 5 ml vitamin B1 : 5 liter air.
  2. Kamu juga bisa mencampurnya dengan pupuk daun sesuai dosis yang dibutuhkan.
  3. Aduk dan larutkan seperti biasa.
  4. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot.
  5. Semprotkan larutan ke seluruh bagian Aglaonema, khususnya bagian bawah daun.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai vitamin B1 untuk tanaman Aglaonema.

Ternyata vitamin B1 mempunyai banyak sekali manfaat untuk tanaman ini, ya. Di samping itu, cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, karena cukup dilakukan dengan cara perendaman maupun penyemprotan.

Semoga bermanfaat, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment