Home » Tanaman Hias » Inilah Jenis-Jenis Sukulen Echeveria yang Punya Tampilan Seperti Bunga
Tanaman Hias

Inilah Jenis-Jenis Sukulen Echeveria yang Punya Tampilan Seperti Bunga

Jenis Sukulen Echeveria
Pixabay

Selain kaktus, jenis-jenis sukulen Echeveria juga nggak kalah populer. Identik dengan bentuknya yang menyerupai bunga atau kubis, dan sering kali berwarna cerah. Di samping itu, kebanyakan jenisnya juga berharga murah meriah, lho!

Ah, pencinta sukulen pasti suka banget, deh!

Jenis Sukulen Echeveria

Ngomong-ngomong, kamu sudah tahu jenis Echeveria apa saja, nih? Atau jangan-jangan, belum tahu jenisnya satu pun, ya?

Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini, akan kita bahas jenis-jenisnya, kok. Maka dari itu, kamu harus simak artikel ini sampai habis, ya!

Jenis Sukulen Echeveria Berdasarkan Spesiesnya

Ada banyak sekali spesies sukulen yang tergolong ke dalam genus Echeveria. Kalau bukan ahlinya, mungkin sulit juga untuk menghafal semua jenisnya.

Meski begitu, seenggaknya jenis-jenis Echeveria ini berikut ini harus kamu ketahui:

#1. Echeveria Black Prince

Sukulen Echeveria Black Prince
Succulentpedia.Blogspot.com

Berbeda dari kebanyakan Echeveria yang dikenal cerah, black prince merupakan jenis Echeveria berwarna gelap. Daunnya didominasi oleh warna ungu gelap dengan pusat yang cenderung kehijauan. Di samping itu, jenis ini juga memiliki bunga berwarna merah tua.

#2. Echeveria Chihuahuaensis

E. Chihuahuaensis
Succulentsnetwork.com

Jenis sukulen Echeveria cantik dengan nama ilmiah E. chihuahuaensis. Mempunyai deretan daun yang kecil dan rapat dengan ujung lancip menonjol. Berwarna hijau cerah dengan ujung merah muda, khas kebanyakan jenis Echeveria.

#3. Echeveria Colorata

Sukulen Echeveria Colorata
Cedarcreekfarmhouse.com

Adalah jenis Echeveria cantik berdaun hijau menuju kuning hingga putih. Yang menarik darinya ialah bagian ujung daun yang cenderung melancip dan berwarna kemerahan. Echeveria ini bisa mengeluarkan bunga cantik melengkung berwarna merah muda.

#4. Echeveria Elegans

E. Elegans
www.Thespruce.com

Echeveria elegans merupakan jenis sukulen berikutnya yang tidak kalah cantik. Ukurannya relatif kecil, berdaging, dan memiliki daun yang rapat. Warnanya hijau kebiru-biruan. Sedangkan bunganya berwarna merah muda dengan ujung kuning.

#5. Echeveria Shaviana

Sukulen Echeveria Shaviana
Kaktus.id

Berikutnya adalah jenis Echeveria shaviana. Jenis ini merupakan Echeveria dengan daun yang unik, karena bentuknya yang kusut, keriting, berkerut, dan bergelombang. Biasanya berwarna kehijauan dengan sisi kemerah-merahan.

#6. Echeveria Lilacina

E. Lilacina
Worldofsucculents.com

Ada juga jenis sukulen Echeveria yang daunnya menyerupai sendok, alias cekung. Salah satunya seperti E. lilacina ini. Memiliki warna khas Echeveria, yakni hijau kebiruan. Begitu juga bunganya yang berwarna merah muda.

#7. Echeveria Lola

Sukulen Echeveria Lola
www.Etsy.com

Echeveria lola merupakan jenis berikutnya. Dikenal memiliki daun berwarna hijau terang, tapi agak pucat. Daunnya juga cenderung tegak ke atas, sehingga lebih mirip seperti bunga yang baru akan mekar.

#8. Echeveria Minima

E. Minima
Worldofsucculents.com

Echeveria minima dikenal sebagai jenis yang berdaun padat dan banyak. Warnanya didominasi oleh hijau kebiru-biruan, dan kadang terdapat sedikit warna merah muda di ujungnya. Mempunya bunga berwarna kuning dengan bagian bawah yang merah.

#9. Echeveria Pulidonis

Sukulen Echeveria Pulidonis
www.Gardentags.com

Merupakan jenis Echeveria berwarna hijau pucat keperak-perakan, dengan warna kemerahan di tiap ujung daunnya. Namanya adalah Echeveria pulidonis. Jika saatnya tiba, tanaman ini akan mengeluarkan bunga berwarna kuning cerah.

#10. Echeveria Pulvinata

E. Pulvinata
www.Jardineriaon.com

Ini juga termasuk jenis Echeveria unik lainnya. Echeveria pulvinata namanya. Memiliki daun yang memanjang, tebal, meruncing, dan diselimuti oleh bulu-bulu halus. Dari segi warna, Echeveria ini terlihat hijau, tapi kadang ada kemerah-merahan di ujungnya.

#11. Echeveria Raindrop

Sukulen Echeveria Raindrop
Shopee

Tanaman Echeveria lainnya yang punya bentuk unik adalah jenis Echeveria raindrop. Sesuai namanya, sukulen ini memiliki daun dengan bantal menyerupai “raindrop”, atau yang berarti rintik hujan.

Echeveria Cluster, Apa Maksudnya?

Kamu mungkin pernah mendengar istilah cluster saat memilih jenis Echeveria yang ingin kamu beli. Nah, tahukah kamu apa maksudnya?

Jadi, cluster adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan Echeveria yang sudah mengeluarkan cabang offset-nya, sehingga dari segi tampilan terlihat seperti banyak sukulen ditanam dalam satu tempat yang sama, juga memberikan kesan yang lebih rimbun.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jenis sukulen Echeveria. Banyak banget, kan? Padahal, sejatinya ada lebih banyak lagi jenis-jenis yang belum dibahas, lho.

Meski begitu, seenggaknya sekarang kamu sudah mengetahui beberapa jenis Echeveria yang menarik. Dari semua tadi, kamu paling suka yang mana, sih? Sebutkan di kolom komentar, dong!

Semoga bermanfaat!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment