Home » Tanaman Hias » 3 Jenis Pupuk Sirih Gading yang Sebaiknya Kamu Miliki, Sudah Punya?
Tanaman Hias

3 Jenis Pupuk Sirih Gading yang Sebaiknya Kamu Miliki, Sudah Punya?

Pupuk untuk Tanaman Sirih Gading
www.Indefenseofplants.com

Pupuk seperti apa, ya, yang bagus buat tanaman sirih gading?

Iya, sama halnya seperti tanaman-tanaman lainnya, sirih gading juga butuh pupuk. Dengan dilakukannya pemupukan secara tepat dan berkala, sirih gading bisa tampil dengan kondisi terbaiknya, sehingga siapa pun bisa terpesona dibuatnya.

Nah, kamu pastinya ingin sirih gading yang kamu rawat seperti itu juga, kan? Oleh karena itu, yuk, kita pelajari lebih banyak di sini!

Pupuk Sirih Gading

Sejatinya, ada banyak sekali pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk tanaman sirih gading. Mulai dari yang berbasis bahan-bahan organik (pupuk organik) hingga yang berbasis bahan kimia (pupuk kimia).

Tapi sebelum itu, sudah tahu belum, kenapa sirih gading harus dipupuk?

Mengapa Sirih Gading Butuh Pupuk?

Tanaman sirih gading juga butuh dipupuk. Sebab, pupuk berguna untuk mensuplai kebutuhan haranya. Dengan tercukupinya kebutuhan hara tersebut, maka pertumbuhannya pun bisa lebih optimal.

Karena tujuan pemeliharaan sirih gading ialah untuk menikmati keindahan daunnya, maka unsur N atau nitrogen merupakan salah satu unsur hara yang paling dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan fungsi unsur N sendiri memang ditujukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan vegetatif, khususnya pada daun.

Apa Saja Pupuk yang Bisa Diberikan Pada Sirih Gading?

Jenis Pupuk untuk Sirih Gading
Thefloweringgarden.com

Nah, sekarang apa saja, nih, jenis-jenis pupuk yang baiknya kita berikan untuk tanaman sirih gading kesayangan?

Berikut ini pembahasannya:

#1. Pupuk Campuran Media Tanam

Pertama adalah jenis pupuk yang kita campurkan ke media tanam. Biasanya, para penghobi menggunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang atau kompos sebagai campuran yang dimaksud di sini.

  • Pupuk kandang adalah jenis pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan, seperti kambing, sapi, kelinci, dan sebagainya
  • Pupuk kompos juga merupakan pupuk organik, namun dihasilkan dari sisa-sisa tanaman dan bisa juga bercampur dengan kotoran hewan

Nah, pupuk semacam ini bisa digunakan langsung sejak sirih gading ditanam. Caranya, yakni dengan mencampurkannya ke dalam media tanam, sehingga komposisi media tanam pun terdiri dari beberapa jenis bahan yang berbeda, termasuk pupuk tadi.

#2. Pupuk Daun

Berikutnya adalah pupuk daun yang kaya akan unsur Nitrogen, di mana pupuk jenis ini akan disemprotkan langsung ke stomata daun secara berkala.

Misalnya adalah pupuk daun merk Growmore. Untuk menggunakannya, kita harus melarutkan pupuk ini terlebih dahulu ke dalam air, karena masih berbentuk kristal. Setelah larut, baru bisa kita masukkan ke dalam botol dan menyemprotkannya.

Pupuk jenis ini sebaiknya digunakan secara berkala dan cukup sering, tepatnya sekitar 2 minggu sekali.

#3. Pupuk Slow Release

Ketiga adalah pupuk slow release.

Apa itu pupuk slow release? Singkatnya, pupuk ini merupakan jenis pupuk yang akan melepaskan unsur hara secara lambat.

Dengan begitu, penggunaannya pun bakal lebih jarang. Cukup diberikan sekitar 3 bulan sekali. Di samping itu, tiap kali pemberian pun jangan terlalu banyak, hanya taburkan beberapa butir saja untuk tiap potnya, ya.

Oh ya, jangan lupa juga untuk memilih pupuk slow release yang kaya akan unsur N. Alasannya tadi, karena unsur N inilah yang berperan untuk mengoptimalkan pertumbuhan daun tanaman sirih gading.

Perhatikan Hal Ini

Meski baik penggunaannya dan dapat memberikan banyak dampak positif, pemberian pupuk juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Untuk itu, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  • Perhatikan dosis yang dianjurkan. Penggunaan berlebih tidak akan menjadi baik. Ini hanya akan membawa bencana bagi tanaman sirih gading yang kamu pelihara.
  • Lakukan pemberian pupuk secara berkala. Sebab, kalau jadwal pemupukan yang kamu lakukan masih bolong-bolong, tentu saja hasilnya akan percuma.
  • Pemupukan sebaiknya dilakukan di pagi hari.
  • Hindari melakukan pemupukan di saat sirih gading terserang hama, karena akan membuat hama semakin betah berlama-lama hinggap di sana.

Akhir Kata

Nah, itulah kira-kira pembahasan singkat kita kali ini tentang pemberian pupuk untuk sirih gading.

Jadi, apakah selama ini cara pemupukan yang kamu lakukan sudah benar? Lalu jenis pupuk apa saja yang biasa kamu berikan? Yuk, share ceritamu di komentar!

Semoga bermanfaat, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment