Home » Tanaman Hias » Biar Gak Gampang Busuk, Media Tanam Kaktus Koboi Baiknya Seperti Ini
Tanaman Hias

Biar Gak Gampang Busuk, Media Tanam Kaktus Koboi Baiknya Seperti Ini

Ilustrasi Media Tanam Kaktus Koboi
Tntnews.co

Pemilihan media tanam kaktus koboi jangan asal-asalan, ya. Pasalnya, kaktus koboi adalah jenis tanaman yang rentan busuk. Karenanya, kalau kamu sampai salah pilih, sangat mungkin kaktus koboi yang kamu rawat bakal mengalami masalah ini.

Nah, maka dari itu, kamu harus memahami karakteristik media tanam yang baik serta cocok untuk diterapkan pada tanaman sukulen satu ini.

Media Tanam Kaktus Koboi

Salah Satu Jenis Media Tanam untuk Kaktus Koboi
Kompas

Lantas seperti apakah media tanam yang dimaksud tersebut? Yuk, kita simak pembahasannya dalam artikel kali ini.

#1. Karakteristik Media Tanam Kaktus Koboi

Tipsnya adalah memahami karakteristik media tanam yang dibutuhkan oleh kaktus koboi. Dengan memahaminya, kita tidak perlu repot-repot lagi menghapal setiap komposisi rekomendasi dari banyak hobbyist, yang notabene berbeda-beda itu.

Nah, karakteristik utama yang harus dimiliki itu adalah baik porositasnya. Sederhananya, porositas ini maksudnya berpori, medianya gembur. Sehingga, air, udara, serta akar tanaman dapat bergerak dengan mudah menembus media.

Di samping itu, media tanam juga haruslah tidak terlalu mengikat air. Meski porositasnya sudah baik, bukan berarti media tersebut tidak mengikat air, lho.

Jika kemampuan media tanam dalam mengikat air ini terlalu kuat, maka media tanam tersebut akan susah kering. Alhasil, hal ini dapat memicu terjadinya pembusukan pada kaktus koboi yang kamu rawat.

Terakhir, hal lain yang tak kalah penting adalah unsur hara. Unsur hara ini ibarat makanan bagi tanaman. Jika suatu media minim akan unsur hara, bisa dipastikan pertumbuhan tanaman akan terganggu, karena media tanamnya sendiri kurang subur.

#2. Jenis Media Tanam Kaktus Koboi

Tentu saja tidak ada media tanam yang sesempurna itu. Maka dari itu, untuk memperoleh hasil yang sempurna, kita mesti mencampurkan beberapa jenis media tanam dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis media tanam yang setidaknya mewakili satu kriteria yang dibutuhkan. Dengan mencampurkannya, kita bisa memperoleh media tanam yang kita perlukan.

2.1. Sekam Bakar

Sekam padi yang sudah dibakar dan menjadi arang, dapat kita manfaatkan sebagai salah satu campuran media tanam bagi kaktus koboi.

Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan menggunakan sekam bakar ini. Salah satunya adalah memiliki porositas yang baik.

2.2. Pasir Malang

Supaya media tanam yang kita gunakan juga bisa lebih cepat kering setelah disiram, maka kita bisa menambahkan pasir ke dalam campurannya.

Pasir malang adalah salah satu jenis pasir yang bisa kamu gunakan. Pilihlah pasir malang kasar supaya lebih optimal penggunaannya untuk kaktus koboi.

2.3. Pupuk Kandang

Terakhir adalah pupuk kandang. Fungsinya tak lain ialah guna meningkatkan kesuburan pada media tanam yang digunakan itu sendiri.

Dari pengalaman kami, kaktus koboi lebih cocok menggunakan pupuk kandang yang belum dihaluskan. Alasannya sama, karena pupuk kandang yang belum dihaluskan ini lagi-lagi memiliki porositas yang lebih baik ketimbang yang sudah dihaluskan.

#3. Komposisi dan Cara Mengaplikasikannya

Jika kamu tertarik menggunakan ketiga jenis media tanam yang kami rekomendasikan, maka kamu bisa menggunakannya dengan perbandingan sekam bakar 1 bagian, pasir malang 1 bagian, serta pupuk kandang juga satu bagian.

Campurkanlah ketiga jenis media tanam tersebut hingga merata. Dengan begitu, akan diperolehlah satu komposisi media tanam kaktus koboi yang kita butuhkan. Sisanya, kamu hanya perlu menanam kaktus koboi seperti biasa.

Akhir Kata

Kira-kira seperti itulah pembahasan tentang media tanam kaktus koboi yang bisa kita bahas kali ini.

Perlu diperhatikan, bahwa sejatinya, media tanam yang kami rekomendasikan ini tidak mutlak, ya. Kamu juga mungkin masih harus menyesuaikannya lagi dengan kondisi di mana kamu tinggal. Sebab, mungkin ada satu dua perbedaan yang mengharuskan kamu melakukan penyesuaian.

Di samping itu, pilihan media tanam itu sebenarnya sangat berlimpah, kok. Kamu bisa mendapati jenis media tanam lain yang mungkin juga bisa diterapkan, baik itu media tanam yang umum di pasaran, hingga media tanam yang lebih premium.

Pada intinya, kamu hanya perlu mengingat kembali kriteria media tanam seperti apa yang cocok diterapkan pada tanaman satu ini.

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment