Home » Tanaman Hias » Memilih Media Tanam Alocasia, Ini Dia Tips dan Rekomendasinya!
Tanaman Hias

Memilih Media Tanam Alocasia, Ini Dia Tips dan Rekomendasinya!

Rekomendasi Media Tanam untuk Alocasia
Plantophiles.com

Memilih media tanam (metan) alocasia itu harus kita lakukan dengan cermat, lho. Kenapa? Karena aktivitas ini akan menjadi langkah awal perawatan, serta akan memberikan dampak panjang bagi tanaman hias yang akan kita rawat nanti.

Banyak masalah yang sering terjadi jika kita menggunakan media tanam yang kurang tepat. Misalnya, akar menjadi busuk, pertumbuhan akar terhambat, bahkan terkadang dampaknya itu bisa menyebar hingga ke bagian daunnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, mari kita sama-sama pelajari selengkapnya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan media tanam alocasia. Yuk, simak!

Saran dan Tips Dalam Memilih Media Tanam Alocasia

Memilih media tanam alocasia sebetulnya bukan hal yang rumit, kok. Selama alocasia yang kita pelihara terlihat sehat-sehat saja, tidak menunjukkan adanya suatu masalah pada tanaman, maka media tersebut sah-sah saja digunakan.

Sedangkan, jika media tanam yang sebelumnya cocok itu diganti, bukan tidak mungkin media tanam yang berikutnya dicoba malah menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Yang awalnya alocasia dalam kondisi sehat, malah mengalami trouble setelah coba menggunakan media yang baru.

Maka dari itu, saran kami, kalau kamu sudah menggunakan media tanam yang cocok buat alocasia yang kamu rawat, lebih baik kamu tetap menggunakan media tanam yang sudah terbukti itu. Ini lebih baik daripada harus mempertaruhkan sesuatu yang sudah pasti.

Sebaliknya, kalau kamu memang mendapati adanya suatu masalah karena kesalahan media tanam, maka kamu boleh, atau bahkan harus menggantinya. Misalnya, karena media tanam yang digunakan memiliki tingkat porositas yang kurang baik.

Lain hal lagi kalau judulnya kamu memang ingin bereksperimen, guna mencari media tanam yang terbaik. Namun hal ini tentunya membutuhkan modal lebih, baik untuk media tanamnya, bahkan untuk alocasia yang bisa saja mati akibat kesalahan media tanam dalam eksperimen tersebut.

Rekomendasi Media Tanam Alocasia

Nah, kalau kamu memang ingin mencoba media tanam yang baru, entah karena yang sebelumnya kurang memuaskan, karena ingin bereksperimen, atau bahkan baru mulai menanam tanaman hias ini pertama kali, maka kamu bisa coba rekomendasi media tanamnya di sini.

Ada satu komposisi media tanam yang akan kami sarankan di sini, yaitu media tanam yang mengkombinasikan antara tanah, daun bambu, serta campuran pupuk kandang.

#1. Tanah

Humus Bisa Dipilih Sebagai Salah Satu Campuran Media Tanam Alocasia
Mediatani.co

Jenis tanah yang disarankan sebagai media tanam alocasia ialah tanah humus. Tanah humus sendiri merupakan jenis tanah yang berasal dari pelapukan, sehingga memiliki kemampuan aerasi yang baik dan kaya akan unsur organik.

Selain tanah humus, kamu juga bisa menggunakan tanah subur lainnya, seperti tanah gunung yang bisa kamu beli di toko-toko tanaman hias misalnya.

#2. Daun Bambu

Daun Bambu Sebagai Media Tanam Alocasia
Pixabay

Sesuai namanya, ini memang merupakan media tanam yang berasal dari daun bambu. Daun bambu yang telah gugur, mengering, mengalami pelapukan, dapat digunakan menjadi salah satu campuran media tanam untuk tanaman hias satu ini.

#3. Pupuk Kandang

Pupuk Kandang Sebagai Campuran Pupuk Dalam Metan Alocasia
Pixabay

Alocasia adalah jenis tanaman yang diketahui boros akan pupuk. Selain harus rutin diberikan pupuk-pupuk tambahan, pupuk kandang juga sebaiknya diterapkan sebagai bahan campuran dalam media tanamnya itu sendiri.

Komposisi Media Tanam Alocasia

Media-media tanam yang telah disebutkan di atas, nantinya akan kita campurkan menjadi satu bagian yang akhirnya digunakan untuk mengubur akar dan bonggol alocasia.

Nah, pertanyaannya sekarang, seberapa banyak sih, takaran dari tiap jenis media tanam tersebut?

Penggunaannya tidak perlu berlebihan, apalagi terkait pupuknya. Meski alocasia merupakan tanaman yang boros pupuk, namun tetap saja pupuk yang terlalu banyak juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan alocasia itu sendiri.

Komposisi media tanam yang kami sarankan yaitu 2 bagian untuk tanah, 4 bagian untuk daun bambu, dan satu bagian untuk pupuk kandang. Dalam kata lain, perbandingan antara tanah, daun bambu, dan pupuk ialah 2 : 4 : 1.

Sebagai catatan, komposisi di atas tidak bersifat mutlak, ya. Kamu bisa berkreasi dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Kamu juga bisa mencampurnya dengan media tanam lain, antihama, atau fungisida, jika memang diperlukan.

Akhir Kata

Telah selesai sudah pembahasan singkat kali ini mengenai rekomendasi media tanam alocasia.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu sudah tidak bingung-bingung lagi soal media tanamnya, ya! Namun jangan lupa, media tanam yang kamu gunakan harus tetap dievaluasi ke depannya, apakah cocok atau tidak.

Lebih dari itu, jika memungkinkan, kamu boleh bereksperimen lagi untuk menemukan campuran media tanam terbaik. Nanti kamu bisa share di kolom komentar artikel ini, media tanam seperti apa yang menurutmu paling baik untuk tanaman hias satu ini.

Semoga bermanfaat!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment