Home » Tanaman Hias » Cantik Banget, 5 Jenis Kaktus Mammillaria Ini Harus Kamu Ketahui!
Tanaman Hias

Cantik Banget, 5 Jenis Kaktus Mammillaria Ini Harus Kamu Ketahui!

Jenis Kaktus Mammillaria
Worldofsucculents.com

Siapa, sih, yang gak suka sama kaktus Mammillaria? Iya, salah satu genus kaktus yang memiliki total spesies dan varietas paling banyak itu. Karena, setidaknya ada sektiar 200 spesies kaktus yang berada dalam genus ini.

Di samping banyaknya spesies yang ada, kebanyakan Mammillaria juga adalah jenis kaktus yang sangat cantik, serta memiliki perawakan yang khas. Makanya nggak heran, kenapa banyak orang yang kepincut sama kaktus satu ini.

Nah, kalau kamu penasaran akan jenis-jenisnya, maka kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis. Kenapa? Karena dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis terbaiknya. Yuk, simak!

Jenis Kaktus Mammillaria

Jadi, apa saja, sih, jenis-jenis kaktus Mammillaria ini? Berikut telah kami rangkum beberapa jenis pilihan kami. Semoga cocok dengan minat kamu, ya!

#1. Mammillaria Elongata

Llifle.com

Mammillaria elongata yang juga dikenal dengan nama ladyfinger cactus atau gold lace cactus. Tanaman ini tumbuh subur di tanah berkapur yang banyak ditumbuhi semak belukar, tepatnya di Meksiko Tengah.

Tumbuh sebagai rumpun yang padat dan rapat, hingga menjadi seperti semak yang menutup permukaan tanah. Setiap batangnya berbentuk silinder dengan posisi tegak atau agak membungkuk, serta berukuran 6-15 cm untuk tinggi dan 1,5-4 cm untuk diameternya.

Permukaan batangnya dipenuhi oleh tubercle berbentuk kerucut. Kemudian di puncak tubercle tersebut terdapat areoles berbentuk bulat yang menghasilkan bulu duri berwarna kuning keemasan.

#2. Mammillaria Hahniana

www.Gardenersworld.com

Mammillaria hahniana, si old lady cactus. Sukulen cantik yang menyukai sinar matahari. Kaktus ini berasal dari Meksiko Tengah dengan jangkauan yang terbatas.

Jenis kaktus Mammillaria satu ini dapat tumbuh setinggi 25 sentimeter, sedangkan lebarnya bisa mencapai hingga 50 sentimeter.

Cukup mudah untuk mengenali spesies ini. Sebab, mereka dicirikan dengan batang berbentuk bulat soliter, kemudian ditutupi oleh rambut halus berwarna putih yang panjang, tipis, dan fleksibel, namun bisa menutupi hampir seluruh permukaannya.

Adalah jenis kaktus yang gemar berbunga, sekalipun masih dalam usia muda. Ini menjadikannya cocok sekali untuk diadopsi sebagai tanaman hias dan dekorasi.

#3. Mammillaria Polythele

Wikipedia

Mammillaria polythele namanya. Merupakan spesies Mammillaria endemik Meksiko. Penyebarannya meliputi negara bagian Guanajuato, Hidalgo, dan Querétaro, di mana mereka tumbuh melimpah di daerah penyebarannya tersebut.

Kaktus ini memiliki tangkai tunggal. Bunga-bunga merah muda keunguan tampil indah mengelilingi bagian puncaknya.

Permukaannya dipenuhi oleh tubercle padat yang menghasilkan 2 sampai 4 buah duri. Selain itu, jenis kaktus satu ini juga dipenuhi oleh wol yang melimpah, bahkan sampai-sampai menutupi hampir seluruh bagian atasnya.

#4. Mammillaria Prolifera

www.Uhlig-Kakteen.de

Mammillaria prolifera. Jenis ini dikenal juga sebagai nipple cactus, Texas nipple cactus, grape cactus, dan lain-lain. Penyebarannya juga sangat luas, termasuk Meksiko, Texas, Kuba, Republik Dominika, hingga Haiti.

Kaktus Mammillaria prolifera ini tumbuh rendah dalam koloni dari percabangannya. Batang berwarna hijau tua, berbentuk bulat, silindris, atau menyerupai gada, tinggi 9 cm, diameter 3-7 cm, serta bertekstur lembut meski ditumbuhi oleh rambut-rambut duri.

#5. Mammillaria Spinosissima

Llifle.com

Mammillaria spinosissima, atau yang juga dikenal sebagai spiny pincushion cactus, adalah salah satu spesies kaktus dalam genus ini. Tanaman ini merupakan spesies asli dan endemik dari Guerrero dan Morelos di Meksiko Tengah.

Kaktus Mammillaria jenis ini dicirikan dengan bentuk bentuk silindris, duri berwarna putih atau cokelat kemerahan, radial pink atau krem, serta bunga yang menyerupai corong tersusun mengitari puncak tanaman.

Mammillaria spinosissima dapat tumbuh setinggi 30 sentimeter dengan diameter 10 sentimeter. Ukuran tersebut dapat dicapainya dalam kurun waktu lama, yakni sekitar 5 sampai 10 tahunan, karena kaktus ini memiliki tingkat pertumbuhan yang terbilang lambat.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Sama Jenis-Jenis Kaktus Gymno (Gymnocalycium) Ini

Akhir Kata

Berakhir sudah pembahasan kita kali ini mengenai jenis-jenis kaktus Mammillaria. Tentu saja kelima jenis yang kita bahas tadi hanya sebagian kecilnya saja. Sebab, masih ada jauh lebih banyak lagi jenis lainnya yang belum sempat kita bahas.

Nah, tapi dari kelima jenis yang sudah dibahas ini, kamu paling suka jenis apa, sih? Sebutkan di kolom komentar, ya!

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment