Home » Tanaman Hias » 13 Jenis Sirih Hias yang Menarik Buat Dikoleksi, Mana Favoritmu?
Tanaman Hias

13 Jenis Sirih Hias yang Menarik Buat Dikoleksi, Mana Favoritmu?

Aneka Jenis Sirih Hias
Pixabay

Jenis-jenis sirih saat ini sedang banyak diminati, ya? Kamu yang sedang membaca artikel ini, juga mungkin termasuk salah satu yang menyukainya, bukan?

Ada banyak alasan kenapa orang-orang kepincut dengan tanaman hias rambat satu ini. Alasan kecantikan dan banyaknya varian adalah yang utama tentunya.

Di samping itu, sirih-sirihan juga bisa dipelihara dengan banyak “gaya”. Mulai dari menjadikannya sebagai tanaman gantung, menanamnya di pot lantai menggunakan turus, hingga menyimpannya di air dengan metode water propagation yang bisa jadi dekorasi meja tamu.

Nah, sekarang kamu ingin tahu jenis-jenisnya, kan? Yuk, ketahui di pembahasan ini!

Jenis-Jenis Sirih Hias

Buat kamu yang penasaran dengan ragam jenis tanaman sirih, berikut ini telah kami rangkum beberapa di antaranya yang terbaik menurut kami. Yuk, simak!

#1. Sirih Gading “Golden”

Golden Pothos Adalah Salah Satu Jenis Sirih yang Paling Banyak Dimiliki
Wikipedia

Menurut kami, nama sirih gading sebetulnya lebih identik untuk mengarah ke jenis yang satu ini, yakni Epipremnum aureum Golden’. Yup, jenis sirih hias dengan daun hijau bercorak kuning keemasan. Ini adalah salah satu jenis terbaik dan terpopuler yang pernah ada.

#2. Sirih Gading “Lemon/Neon”

Jenis Sirih Gading dengan Warna Kuning Lemon yang Menyala
www.Capegazette.com

Nama aslinya Epipremnum aureumNeon’. Sesuai nama ilmiahnya tersebut, tanaman ini juga masih tergolong sirih gading. Meski begitu, orang-orang lebih mengenalnya dengan nama sirih lemon atau sirih neon.

Jenis sirih satu ini dicirikan dengan daun berwarna kuning cerah menyala. Itulah mengapa, orang-orang menyebutnya dengan embel-embel lemon atau neon. Kuning seperti lemon, menyala seperti neon.

#3. Sirih Gading “Marble Queen

Mempunyai Corak Warna yang Berpadu Antara Putih dan Hijau
Theplantladysf.com

Sedangkan yang satu ini bernama latin Epipremnum aureumMarble queen’. Akrab pula disapa dengan sebutan sirih marble. Warna putih mendominasi daunnya yang berpadu dengan sedikit warna hijau. Tanaman sirih ini tampak begitu lembut.

#4. Sirih Gading “Snow Queen

Jenis Sirih Kembaran Marble
Theplantbase.co.nz

Adalah jenis kembaran dari marble queen. Hanya saja, sirih gading snow queen atau yang bernama latin Epipremnum aureumSnow queen’ ini mempunyai warna putih yang lebih dominan dengan sedikit warna hijau saja. Memang agak sulit untuk membedakan kedua jenis ini.

#5. Sirih Gading “Manjula

Jenis Sirih dengan Bentuk Daun yang Relatif Lebih Cekung
Pinterest

Epipremnum aureumManjula’ adalah jenis berikutnya dari spesies sirih gading. Manjula memiliki daun yang sedikit berbeda dari sirih lainnya, di mana daunnya tersebut cenderung mencekung ke bagian dalamnya.

Soal warna, manjula memiliki kombinasi antara hijau dan putih, namun bentuk coraknya berbeda dari jenis marble.

#6. Sirih Gading “Jessenia

Warna Mirip Golden, Pola Corak Mirip Marble
Plantcaretoday.com

Adalah jenis sirih gading yang memiliki perpaduan warna mirip dengan jenis golden, hanya saja pola marking-nya cenderung lebih mirip dengan marble. Selain itu, ukurannya juga relatif lebih kecil dari kebanyakan jenis sirih lainnya.

Oh ya, nama latin untuk jenis ini adalah Epipremnum aureumJessenia’.

#7. Sirih Gading “Jade

Jenis Sirih Gading Polos dengan Warna Hijau Tua
www.Leonandgeorge.com

Kalau sirih lemon itu merupakan jenis sirih gading dengan daun polos berwarna kuning, maka sirih gading “jade” ini merupakan versi sirih gading polos lainnya, tapi dengan warna hijau tua seperti batu giok (jade). Nama latin sirih ini ialah Epipremnum aureum Jade’.

#8. Sirih Gading “Pearls and Jade

Namanya Bermakna Mutiara dan Batu Giok
Geturpet.com

Ada lagi sirih gading lainnya yang juga menggunakan embel-embel “jade” pada namanya. Kali ini namanya sirih gading “pearls and jade” yang berarti mutiara dan batu giok. Mungkin ini karena kombinasi warnanya yang menggunakan unsur putih dan hijau tua.

Nama ilmiah untuk jenis ini adalah Epipremnum aureum Pearls and jade’.

#9. Sirih Gading “N’Joy

Sirih Gading Kembaran Pearls and Jade
Theplantchica.com

Sirih gading satu ini merupakan kultivar yang berasal dari sirih marble. Namanya sirih N’Joy (Epipremnum aureum N-Joy’). Terdiri dari dua bagian warna besar pada daunnya, yaitu hijau dan putih. Coraknya benar-benar mirip pearls and jade, lho.

#10. Sirih Gading Jumbo

Jenis Sirih Gading dengan Ukuran Raksasa
Costaverdeimports.com

Adalah jenis sirih gading yang mirip dengan “golden“, namun kali ini ukurannya berkali-kali lipat lebih besar. Nama latin dari jenis ini yaitu Epipremnum aureumhawaiian‘.

#11. Sirih “Silver Satin

Salah Satu Jenis Sirih dari Genus Scindapsus
Greg.app

Kali ini bukan bagian dari spesies sirih gading (Epipremnum aureum), tapi masih merupakan kerabatnya dan masih sama-sama sirih hias. Namanya Scindapsus pictus, atau yang akrab disapa silver satin photos.

Dari warna dan marking pun sudah berbeda dari kebanyakan sirih gading. Sirih jenis ini diketahui memiliki warna yang berpadu antara hijau dengan perak.

#12. Sirih “Cebu Blue

Identik dengan Warna Kebiru-biruan
Hirts.com

Sirih cebu blue bernama latin Epipremnum pinnatum. Sesuai namanya, sirih hias jenis ini memang berasal dari pulau Cebu di Filipina, dengan warna daun hijau kebiru-biruan. Tekstur daunnya paling mirip dengan tanaman sirih sesungguhnya.

#13. Sirih “Philo Brazil

Sejatinya Masuk ke Dalam Genus Philodendron
Shopee

Sirih brazil atau philo brazil (Philodendron hederaceum). Yang ini aslinya bukan sirih hias (Epipremnum), tapi philodendron. Akan tetapi, karena bentuk daun dan gaya tumbuhnya yang persis seperti sirih, tanaman ini juga kerap digolongkan sebagai sirih hias oleh para penghobinya.

Sirih brazil mempunyai daun dengan kombinasi warna hijau tua dan kuning. Coraknya bisa berbeda-beda setiap daun, namun kebanyakan berupa garis kuning di bagian tengah daunnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa jenis sirih-sirihan yang benar-benar menggoda untuk dikoleksi.

Sayangnya, istilah sirih di Indonesia sendiri terlalu general. Jadi, terlalu banyak genus tanaman yang akhirnya menggunakan nama lokal ini. Mulai dari tanaman sirih asli (Piper), sirih hias atau pothos (Epipremnum dan Scindapsus), sedikit jenis philo (Philodendron), bahkan ada juga Anthurium sirih.

Tapi terlepas dari permasalahan tersebut, semua tanaman yang diberi nama “sirih” ternyata memang cantik-cantik, ya! Kalau kamu, mana yang paling disuka?

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment