Home » Tanaman Hias » Jenis Notocactus (Parodia) Paling Cantik Ini Harus Kamu Kenali!
Tanaman Hias

Jenis Notocactus (Parodia) Paling Cantik Ini Harus Kamu Kenali!

Jenis Notocactus aka Parodia
Pixabay

Buat kamu pencinta kaktus, rasanya nggak lengkap kalau belum kenal sama jenis-jenis Notocactus, atau genus kaktus yang kini telah disinonimkan sebagai Parodia.

Dikutip dari Wikipedia, Notocactus atau Parodia ini merupakan jenis kaktus berbunga dalam famili Cactaceae. Mereka berasal dari Argentina, Bolivia, Brazil, Kolombia, Peru, juga Uruguay. Diketahui setidaknya terdapat 50 spesies dalam genus ini.

Nah, kamu pastinya ingin tahu, kan, apa saja spesies dan varietas kaktus yang masuk ke dalam genus ini?

Untuk itu, pada kesempatan ini, mari kita bahas selengkapnya tentang jenis-jenisnya.

Jenis Notocactus, a.k.a Parodia

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa jenis kaktus yang tergolong sebagai Notocactus alias Parodia. Apa saja? Ini ulasannya:

#1. Notocactus Magnificus

Wikipedia

Pertama adalah Notocactus magnificus, atau dikenal juga dengan nama Parodia magnifica. Boleh dikatakan bahwa ini merupakan jenis Notocactus favorit kami, lho.

Merupakan jenis Notocactus yang berasal dari Brazil selatan. Tingginya sekitar 7 sampai 15 cm, dan  lebarnya bisa mencapai 45 cm.

Bentuknya bulat, meski tidak selalu sempurna seperti bola. Selain itu, seiring pertumbuhannya, kadang juga bentuknya berubah menjadi semakin tak beraturan. Terlebih lagi jika kurang matahari, bisa membuat perawakannya malah kurus meninggi.

Notocactus magnificus juga memiliki bunga yang cantik berwarna kuning pucat. Di habitatnya, bunga ini akan mekar di saat musim panas tiba.

#2. Notocactus Leninghausii

www.Uhlig-Kakteen.de

Berikutnya yaitu Notocactus leninghausii, atau yang juga bernama lain Parodia leninghausii. Buat kami, jenis ini juga tak kalah menarik, karena memiliki penampilan yang juga sangat cantik.

Dikenal dengan beberapa nama umum, seperti lemon ball cactus, golden ball cactus, hingga yellow tower cactus. Penamaan tersebut mengarah pada ciri fisiknya, sehingga tergantung bagaimana orang mendeskripsikannya.

Sama seperti halnya N. magnificus, Notocactus leninghausii juga berasal dari bagian selatan di Brazil.

Bentuknya bulat memanjang dengan ujung yang tumpul, serta diselimuti oleh duri-duri kecil di sepanjang tubuhnya. Bentuk seperti itu membuatnya terlihat seperti sebuah sosis berduri yang tegak berdiri.

#3. Notocactus Ottonis

Californiacactuscenter.com

Notocactus ottonis atau Parodia ottonis, serta akrab juga disapa dengan nama Indian head cactus. Sebutan “ottonis” sendiri mengarah pada seorang ahli botani asal Jerman, yakni Christoph Friedrich Otto, sebagai bentuk penghormatan untuknya.

Merupakan jenis Notocactus yang dapat kamu jumpai di beberapa daerah, termasuk Argentina, Brazil, Paraguay, serta Uruguay.

Pertumbuhan tanaman ini dimulai dari tumbuh sebagai individu, lalu kemudian membentuk cluster seiring berjalannya waktu.

Juga dihiasi lagi dengan bunga yang teramat cantik. Bunga tersebut paling sering berwarna kuning, namun kadang kala bisa pula berwarna oranye atau bahkan merah.

#4. Notocactus Buiningii

Travaldo.Blogspot.com

Adalah Notocactus buiningii, spesies langka yang berasal dari Amerika Selatan. Kaktus yang juga dikenal sebagai Parodia buiningii ini berasal dan tersebar di Brazil dan Uruguay.

Notocactus jenis ini termasuk salah satu spesies yang berbentuk bulat dengan duri kuning yang panjang. Namun ukurannya tergolong kecil, karena hanya mampu mencapai beberapa cm saja.

#5. Notocactus Rutilans

www.Kitchengardenstore.com

Ada juga Notocactus rutilans atau yang merupakan sinonim dari Parodia rutilans. Dikenal juga dengan umum pink ball cactus, karena bentuknya yang menyerupai bola dan warna mengarah pada merah muda.

Juga termasuk spesies kaktus yang ukurannya kecil. Memiliki banyak duri tajam dan berwarna-warni, namun pusatnya cokelat kemerahan.

Namun menurut kami, yang paling cantik dari kaktus ini adalah bagian bunganya. Sebab, bunganya tersebut memiliki penampilan sangat mencolok, karena didominasi oleh warna pink keungu-unguan.

Buat kamu yang ingin mengetahui jenis-jenis kaktus lainnya, bisa baca di artikel ini, ya!

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jenis Notocactus atau Parodia. Dari kelima jenis yang sudah kita bahas di sini, mana menurut kamu yang paling cantik?

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment