Home » Tanaman Hias » Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kaktus Populer! Kamu Suka yang Mana?
Tanaman Hias

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kaktus Populer! Kamu Suka yang Mana?

Ragam Jenis Kaktus
Pixabay

Tahukah kamu? Ada banyak sekali jenis kaktus di dunia ini, lho. Ukurannya beragam, begitu pun soal bentuk dan warnanya. Nah, menariknya lagi, banyak juga di antaranya yang bisa kamu adopsi sendiri di rumah, lho.

Kamu pastinya penasaran dengan jenis-jenisnya, bukan?

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas tentang tanaman sukulen, sekarang kita akan membahas ke topik yang lebih dalam, yakni jenis-jenis kaktus yang notabene masih bagian dari anggota tanaman sukulen.

Sebab, seperti yang ketahui, di balik banyaknya jenis-jenis sukulen, setiap jenisnya itu masih punya sub jenis yang lebih banyak lagi. Termasuk kaktus salah satunya.

Jenis Kaktus

Berikut ini akan kami rangkum beberapa jenis kaktus yang bisa kamu adopsi sebagai dekorasi atau tanaman hias di rumah.

Pembagian jenis ini akan kami kelompokkan berdasarkan tingkatan genusnya, ya. Dalam kata lain, setiap jenis yang kita bahas di sini, masih punya banyak spesies dan hybrid lagi di bawahnya. Menarik sekali, bukan?

Yuk, langsung kita simak pembahasannya!

#1. Astrophytum

Astrophytum, Alias Jenis Kaktus Bintang
Pixabay

Astrophytum, disebut juga sebagai Astro atau kaktus bintang. Hanya ada 6 spesies asli dari genus ini, tapi sudah banyak hybrid yang dihasilkan oleh para petaninya.

Atrophytum termasuk jenis kaktus premium. Jadi, kalau kamu tertarik memilikinya, siapkan dulu budget yang lumayan, ya. Harganya dimulai dari angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah, untuk ukuran di sekitar 5 cm saja.

#2. Cereus

Kaktus Koboi dan Kaktus Lilin Termasuk Genus Ini
Pixabay

Cereus adalah jenis kaktus berukuran besar. Bentuknya seperti tabung, tumbuh tegak meninggi, serta dapat bercabang.

Kaktus koboi dan kaktus lilin adalah di antara spesies dari genus ini yang paling dikenal, khususnya di Indonesia. Kedua spesies kaktus ini lebih banyak dikembangbiakkan dengan cara cutting atau stek, serta bisa digunakan sebagai batang bawah grafting untuk kaktus lainnya.

#3. Echinocactus

Golden Barrel Adalah yang Populer dari Jenis Kaktus Ini
Pixabay

Echinocactus merupakan jenis kaktus berbentuk bola dan berduri tajam. Spesies yang paling populer dari genus ini adalah kaktus golden barrel (Echinocactus grusonii) yang berwarna hijau dengan duri keemas-emasan.

#4. Gymnocalycium

Namanya Sering Disingkat Menjadi Gymno
Pixabay

Berikutnya Gymnocalycium, atau yang akrab disapa gymno. Ini adalah jenis kaktus dengan sekitar 70 spesies di bawahnya.

Kaktus ini populer dibudidayakan, karena mudah berbunga, mempunyai bunga yang cerah, serta ada di antara spesiesnya yang bermutasi menjadi sangat indah, yakni Gymnocalycium mihanovichii ‘Hibotan’.

Gymno juga sering digunakan sebagai batang atas untuk grafting. Bahkan, ada di antara jenisnya yang hanya bisa hidup dalam kondisi grafting saja. Mempunyai warna yang jauh lebih cerah, namun lebih rentan terhadap penyakit.

#5. Mammillaria

Adalah Jenis Kaktus yang Mempunyai Tuberkel
Pixabay

Kaktus dengan beragam variasi bentuk, namun secara garis besar bentuknya agak membulat. Yup, inilah kaktus Mammillaria.

Ciri khasnya adalah permukaan yang dipenuhi oleh tonjolan-tonjolan kecil di balik bulu atau durinya. Tonjolan-tonjolan tersebut disebut tuberkel.

Di samping itu, Mammillari juga umumnya mempunyai bulu atau duri yang berwarna putih, meski ini tidak berlaku untuk spesiesnya secara keseluruhan.

#6. Melocactus

Dicirikan dengan Topi yang Disebut Cephalium
Wikipedia

Melocactus identik dengan bagian seperti topi di puncaknya, yang disebut cephalium. Ada sekitar 30-40 spesies di bawah jenis kaktus ini. Namun secara umum, bentuknya selalu menyerupai bola, dengan duri tajam dan besar, serta “topi” cephalium-nya.

#7. Opuntia

Jenis Kaktus yang Populer dengan Nama Kaktus Centong
www.estopolis.com

Adalah jenis kaktus paling populer di Indonesia. Kerap disebut juga sebagai kaktus centong dan sering digunakan sebagai pakan kura-kura darat peliharaan.

Tapi, Opuntia sejatinya terdiri dari banyak spesies lagi, lho. Kaktus centong yang biasa kamu lihat hanyalah satu di antaranya saja.

#8. Parodia

Parodia atau Notocactus
www.estopolis.com

Genus berikutnya yaitu Parodia. Dikenal juga sebagai Notocactus. Ini adalah jenis kaktus dengan 50 spesies di bawahnya.

Bentuknya seperti bola, atau dapat tumbuh meninggi seperti kapsul. Sebagian jenisnya berduri, dan sebagian lainnya berbulu halus. Di samping itu, Parodia juga memiliki bunga yang sangat cantik dan beragam, lho.

Notocactus magnifus dan Notocactus leninghausii adalah 2 jenis favorit kami dalam genus ini.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 8 jenis kaktus pilihan yang kami bagikan berdasarkan genusnya. Tentu, di samping itu semua, masih ada banyak lagi jenis-jenis kaktus lainnya yang belum disebutkan.

Jadi, dari semua itu, kamu paling suka yang mana?

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment