Home » Tanaman Hias » Cakep! Inilah Jenis-Jenis Kaktus Opuntia, Genusnya si Kaktus Centong
Tanaman Hias

Cakep! Inilah Jenis-Jenis Kaktus Opuntia, Genusnya si Kaktus Centong

Ragam Jenis Kaktus Opuntia yang Menarik Buat Dipelihara
Pixabay

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui kalau jenis kaktus Opuntia itu ya cuma kaktus centong (Opuntia cochenillifera) saja. Padahal tidak demikian, kok. Jenis-jenis kaktus yang masuk ke dalam genus ini ada banyak sekali jumlahnya.

Salah satu alasannya adalah karena sukulen berduri ini sangat mudah berhibdridasi dengan spesies lain dalam genusnya, menghasilkan jenis-jenis yang belum teridentifikasi, bahkan sampai-sampai membuat para ahli kesulitan untuk melakukan klasifikasi.

Meski demikian, hampir semua spesiesnya memiliki ciri khas yang hampir serupa, yakni berbentuk bulat, lebar, dan pipih, sebagaimana yang biasa kamu dapati pada kaktus centong (O. cochenillifera).

Jenis Kaktus Opuntia

Nah, dalam kesempatan ini, kita akan mengulas beberapa jenis kaktus yang masuk ke dalam genus Opuntia. Berikut ini pembahasannya:

Jenis Kaktus Opuntia Paling Populer, Opuntia Cochenillifera

Spain.Inaturalist.org

Opuntia cochenillifera, ini dia spesies kaktus Opuntia yang paling populer, khususnya di Indonesia. Yup, dikenal umum sebagai kaktus centong, seperti yang sudah sempat kita singgung beberapa kali dalam pembukaan tadi.

Selain dikenal dengan nama tersebut, spesies ini juga disebut sebagai tentong dalam bahasa Jawa, serta prickly pear, warm hand, atau nopal cactus dalam bahasa Inggris.

Disebut centong karena mengarah pada bentuknya yang menyerupai centong nasi, yakni oval, lebar, dan pipih, serta kadang agak cekung. Berwarna hijau gelap, dengan duri-duri kecil yang tajam dan agak berjauhan antara satu sama lain.

Adalah jenis kaktus yang dapat tumbuh besar. Tidak jarang kaktus ini ditemukan setinggi rumah meski ditanam sebagai tanaman hias pekarangan. Bahkan, diketahui di alamnya bisa mencapai 4-5 meter.

Kaktus ini sangat populer di Indonesia, mungkin karena harganya yang murah meriah, cepat pertumbuhannya, mudah diperbanyak, tangguh terhadap perubahan cuaca yang terjadi, serta bisa menghasilkan buah yang manis dan lezat.

Jenis Kaktus Opuntia Paling Cantik Versi Insvira

Selain kaktus centong, genus Opuntia juga masih menyimpan banyak jenis lainnya. Tidak sedikit pula di antaranya yang memiliki penampilan sangat menarik.

Nah, inilah beberapa jenis kaktus Opuntia yang menurut kami paling cantik:

#1. Opuntia Microdasys

Plantstory.com

Bernama ilmiah Opuntia microdasys, namun populer dengan banyak nama umum, seperti angel’s-wings, bunny ears cactus, bunny cactus, atau polka-dot cactus. Kaktus ini merupakan endemik Meksiko Tengah dan Utara.

Berbentuk bulatan-bulatan dan agak oval, juga pipih. Mirip telinga kelinci. Warna dasarnya hijau. Permukaannya dipadati oleh duri-duri kecil berwarna putih seperti rambut yang disebut glochid. Duri-duri tersebut akan menancap, sulit dilepas, dan menyebabkan iritasi jika tersentuh.

Kaktus Opuntia microdasys tumbuh seperti semak dengan banyak percabangan. Ukurannya tidak sebesar kaktus centong, hanya mampu mencapai ketinggian 40 sampai 60 cm. Setiap batang yang berbentuk bulatan-bulatan itu berukuran sepanjang 6-15 cm dan lebarnya 4-12 cm.

#2. Opuntia Rufida

www.Gardensonline.com.au

Yang tak kalah cantik adalah Opuntia rufida. Bagaimana tidak, sebab jenis ini adalah kembaran dari jenis sebelumnya, yakni O. microdasys. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai Opuntia microdasys subsp. rufida, yang berarti sub spesies dari O. microdasys.

Ciri fisiknya nyaris hampir sama dengan O. microdasys. Namun memiliki perbedaan yang cukup mencolok pada glochid atau duri-duri kecilnya, di mana Opuntia rufida ini memiliki glochid berwarna kuning keemasan atau kuning kemerahan.

#3. Opuntia Polyacantha

www.Uhlig-Kakteen.de

Ada juga Opuntia polyacantha. Spesies ini juga dikenal dengan beberapa nama, termasuk plains pricklypear, starvation pricklypear, hairspine cactus, dan panhandle pricklypear.

Kali ini punya perawakan yang berbeda dari OpuntiaOpuntia sebelumnya, di mana Opuntia polycantha ini dipenuhi oleh duri yang panjang, berujung serat wol, dan membentuk areoles (tonjolan pada kaktus yang menghasilkan kumpulan duri).

Meski demikian, ciri khas genus Opuntia masih melekat erat padanya, yakni berbentuk bantalan oval, lebar, dan pipih. Kaktus Opuntia jenis ini juga mempunyai warna dasar hijau segar.

Yang membuat tanaman ini semakin indah adalah bunganya. Saat waktunya mekar, kamu bisa mendapati bunga-bunga yang lebar nan indah, berwarna cerah seperti kuning, merah, pink, hingga keungu-unguan. Setiap bunganya berukuran 2,5 sampai 4 cm.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jenis kaktus Opuntia. Tentu saja itu belum semuanya, karena seperti yang telah disebutkan tadi, jenis Opuntia ini sangatlah melimpah jumlahnya. Jadi, kalau dibahas semuanya, entah bakal sepanjang apa pembahasan artikel ini.

Semoga bermanfaat, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment