Home » Tanaman Hias » Jenis-Jenis Haworthia, Sukulen Lainnya yang Gak Kalah Memesona
Tanaman Hias

Jenis-Jenis Haworthia, Sukulen Lainnya yang Gak Kalah Memesona

Jenis Haworthia dan Haworthiopsis
Pixabay

Selain kaktus dan Echeveria, jenis sukulen lainnya yang nggak kalah populer adalah Haworthia. Sukulen satu ini merupakan bagian dari suku Aloeae, atau yang lebih akrab didengar sebagai tanaman lidah buaya.

Haworthia umumnya mempunyai bentuk yang agak mirip dengan Echeveria, karena sebagian besarnya sama-sama berbentuk roset. Meski begitu, sebenarnya ada perbedaan mencolok, di mana Haworthia biasanya memiliki daun yang keras dan kaku, serta bertekstur lebih kasar.

Kalau kamu ingin mengetahui tentang jenis-jenisnya, yuk, simak artikel ini sampai selesai. Sebab, pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang beberapa jenis dari spesiesnya.

Jenis Haworthia

Istilah Haworthia sebenarnya mengarah pada dua genus yang berbeda, yakni genus Haworthiopsis dan genus Haworthia itu sendiri. Ini terjadi karena adanya pemisahan taksonomi dalam sejarah penelitian tanaman-tanaman ini.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang terdaftar sebagai spesies dari kedua genus tadi. Kalau harus kita bahas semua, tentunya artikel ini bakal jadi pembahasan yang super panjang.

Oleh karena itu, di sini kita hanya akan membahas beberapa jenisnya yang dianggap paling populer atau menarik saja. Di samping itu, agar tidak keliru, kita akan bagi lagi pembahasan ini berdasarkan genusnya.

Jenis Haworthia Dalam Genus Haworthiopsis

Berikut ini adalah beberapa spesies tanaman dari genus Haworthiopsis:

#1. Haworthia Attenuata

www.Uhlig-Kakteen.de

Haworthia attenuata atau Haworhiopsis attenuata adalah salah satu jenis yang dijuluki sebagai Haworthia zebra. Julukan tersebut tentunya mengarah pada motif yang dimiliki daunnya.

Dicirikan dengan daun yang tidak memiliki tangkai, berbentuk segitinga yang menyempit ke ujungnya, cekung, permukaan yang kasar dan memiliki tonjolan-tonjolan, serta motif titik-titik yang berpola sehingga menyerupai zebra.

Di samping itu, pertumbuhan daun juga cenderung lurus, namun arahnya menyebar ke segala sisi.

#2. Haworthia Fasciata

Haworthia fasciata atau Haworthiopsis fasciata. Jenis Haworthia lainnya yang juga sering disebut “zebra”. Lagi-lagi dikarenakan motif pada fisiknya. Meski begitu, jenis ini masih dapat dibedakan dari H. attenuata.

Mempunyai daun berwarna hijau gelap dengan motif titik-titik putih berpola membentuk garis horizontal. Jenis ini juga membentuk roset, namun daun cenderung tegak ke atas. Inilah salah satu hal yang membedakannya dari H. attenuata.

#3. Haworthia Limifolia

Berikutnya adalah Haworthia limifolia atau Haworthiopsis limifolia. Salah satu jenis Haworthia paling populer, khususnya di Indonesia.

Cirinya, Haworthia limifolia memiliki bentuk daun yang khas, yakni melengkung ke samping sehingga nampak seperti sebuah pusaran atau kipas. Warnanya hijau tua tanpa motif, kecuali pada kondisi tertentu seperti variegata.

Pertumbuhan Haworthia limifolia cenderung ke arah samping.

#4. Haworthia Tessellata

Haworthia tessellata atau Haworthiopsis tessellata dicirikan sebagai jenis Haworthia yang memiliki bentuk daun segitiga pendek, lebar di ujung dalam dan mengecil di ujung luar, berwarna kehijauan, serta bermotif kotak-kotak kecil seperti sisik di tempurung kura-kura.

Jenis Haworthia Dalam Genus Haworthia

Selain Haworthiopsis, ada juga spesies-spesies lainnya yang masuk ke dalam genus Haworthia:

#1. Haworthia Bolusii

Worldofsucculents.com

Jenis Haworthia pertama dalam genus ini adalah Haworthia bolusii. Ini adalah salah satu jenisnya yang berduri. Tanaman ini juga dicirikan membentuk roset, tiap daunnya seperti lanset, berwarna hijau atau kebiruan, serta terdapat duri pada tiap sisi daun.

#2. Haworthia Cooperi

Haworthia cooperi adalah jenis Haworthia cantik berikutnya. Jenis ini identik dengan daunnya yang berwarna kehijauan, namun terlihat tembus pandang.

Selain itu, Haworthia jenis ini juga memiliki daun yang bergerombol, membentuk roset, berisi, menonjol, dan agaknya terlihat tumbul.

#3. Haworthia Truncata

Haworthia truncata merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai bentuk agak nyeleneh. Bagaimana tidak? Coba lihat fotonya di atas. Daunnya berujung datar sehingga nampak seperti terpotong, bukan?

Ciri lainnya termasuk tidak bertangkai, menumbuhkan tunas secara perlahan, berwarna hijau tua keabu-abuan, semi transparan, serta memiliki permukaan yang kasar.

Akhir Kata

Berakhir sudah pembahasan tentang jenis-jenis tanaman dalam genus Haworthia dan Haworthiopsis.

Menurutmu bagaimana? Cantik juga, kan, HaworthiaHaworthia tadi? Untuk itu, yuk, lengkapi koleksi sukulenmu dengan mengadopsi kedua genus tanaman ini.

Semoga bermanfaat!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment