Home » Tanaman Hias » Suka Tanaman Hias Daun? Koleksi Jenis-Jenis Calathea Ini Saja!
Tanaman Hias

Suka Tanaman Hias Daun? Koleksi Jenis-Jenis Calathea Ini Saja!

Jenis Jenis Calathea Hias
Sumber: www.Apartmenttherapy.com

Jenis-jenis calathea (kalatea) itu ada banyak ragam variasinya, lho. Dengan begitu, tanaman ini cocok sekali dimiliki oleh kamu, yang merupakan seorang penggemar tanaman hias tipe daun.

Kecantikan tanaman calathea memang tak ada duanya. Pesona keindahan yang berasal dari daunnya itu, secara tidak langsung memiliki andil besar dalam meningkatkan keasrian halaman di sekitarnya.

Maka kesan yang didapatkan darinya yaitu, cantik, asri, juga menyegarkan.

Mengenal Sedikit Tentang Calathea

Calathea disebut-sebut sebagai golongan tanaman doa. Hal tersebut dikarenakan, daunnya yang akan menggulung ketika sore hari datang, seolah merendahkan diri untuk memuji nama Sang pencipta semesta.

Meski demikian, sejatinya calathea bukan hanya menggulungkan daunnya ketika sore hari saja, melainkan di saat-saat mendung dan gelap pun demikian. Dalam kata lain, tanaman ini sangat merespon kondisi cahaya dari sekitarnya.

Calathea berasal dari daerah tropis yang sejuk. Karenanya, jika kita memutuskan untuk merawat tanaman hias satu ini, maka jangan paksakan ia untuk menerima sengatan cahaya matahari langsung, ya.

Cahaya yang terlalu menyengat, serta suhu udara yang terlalu panas, beresiko membunuh calathea. Perlahan daunnya akan kering terbakar, hingga akhirnya mati tak terselamatkan.

Pastikan saja calathea yang kita rawat mendapat penempatan serta perawatan yang tepat. Jika sudah nyaman dengan lingkungannya, sisanya tinggal kita serahkan saja kepadanya untuk menghiasi halaman rumah kita, dengan ragam jenisnya yang sangat bervariasi itu.

Jenis-Jenis Calathea

Buat kamu yang tertarik mengadopsi tanaman hias daun satu ini, berikut akan kami ulas beberapa jenis dari tanaman calathea. Siapa tahu cocok, bukan?

Calathea Black Lipstik

Calathea black lipstik, atau yang dikenal juga dengan nama calathea dottie, merupakan salah satu jenis calathea tercantik yang kian hari kian digemari.

Ciri khas dari calathea jenis ini adalah warna dasar daunnya yang hitam, kemudian dipercantik dengan adanya corak melingkar berwarna merah muda. Menurut kami, selain cantik, tanaman ini juga tampak sangat elegan dan cocok menghiasi rumah minimalis.

Calathea Burle Marx

Selanjutnya adalah calathea burle marx. Di Indonesia, ia disebut juga sebagai ekor merak.

Tanaman calathea jenis ini berasal dari Brazil. Namanya pun bahkan diambil dari arsitek landscape terkenal setempat, yakni Roberto Burle Marx.

Calathea burle marx memiliki daun berwarna dasar hijau muda dengan corak hijau yang lebih tua. Variasi grafisnya sangat cantik dan mencolok, meskipun sama-sama menggunakan warna hijau antara dasar dengan coraknya.

Bagian bawah daun baru yang berbeda. Warnanya bukan hijau muda maupun tua, melainkan ungu.

Tanaman ini sangat digemari sebagai dekorasi, lho. Yup, mengingat ia memiliki kecantikan yang luar biasa. Mulai dari penghias meja hingga halaman teras, calathea burle marx selalu tampil menggoda.

Calathea Majestica

Calathea Majestica merupakan jenis tanaman calathea yang memiliki motif daun bergaris-garis layaknya tersisir. Bentuk daunnya itu relatif bulat, bukan oval, dan tidak pula mengerucut ke bagian ujungnya.

Dari segi warna, Majestica juga menggunakan warna hijau sebagai dasarnya. Sedangkan untuk motifnya, maka berpadulah antara putih ke arah merah. Hasilnya, calathea ini berhasil menarik perhatian para penggemar tanaman hias.

Meski demikian, biasanya warna kemerahan pada daunnya itu akan luntur seiring waktu. Memang disayangkan, sih. Tapi mau bagaimana lagi? Sudah hukum alamnya demikian. Akhirnya, corak tersebut hanyalah tersisa warna putihnya saja.

Calathea Lubbersiana

Hutan tropis Brazil adalah tempat asal dari tanaman Calathea Lubbersiana. Lingkungan di sana memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, dengan suhu yang relatif hangat.

Selain itu, Lubbersiana tidak terbiasa tumbuh tanpa naungan. Di alamnya, ia akan tumbuh di bawah pepohonan besar, yang mencegahnya dari sengatan sinar matahari langsung.

Calathea Lubbersiana memiliki batang menyerupai tanaman bambu. Kombinasi warna pada daunnya terlihat begitu match, berpadu antara hijau dengan corak kuning. Menarik bukan?

Calathea Lancifolia

Di Indonesia, jenis Calathea Lancifolia dikenal juga dengan nama Calathea Jago. Sebagaimana kebanyakan jenis Calathea, jenis ini pun masih berasal dari hutan tropis di Brazil, dengan karakteristik lingkungan yang lembab dan hangat.

Menurut kami, Calathea Lancifolia ini termasuk salah satu jenis Calathea yang berperawakan unik. Hal ini bisa dilihat dari daunnya yang punya karakter tersendiri.

Daunnya berbentuk memanjang layaknya sebuah tombak, dengan gaya bergelombang di bagian sisinya. Motifnya bisa dibilang menyerupai ular, dengan warna dasar hijau muda dan corak hijau yang lebih tua.

Dibandingkan jenis-jenis lainnya, Calathea Lancifolia tergolong mudah dari segi perawatannya. Ketahanannya cukup baik, sehingga tidak terlalu sensitif terhadap faktor-faktor yang biasa menyakiti calathea jenis lainnya.

Dengan begitu, calathea satu ini bisa dengan mudah kita pelihara, baik di dalam maupun luar ruangan.

Calathea White Fusion

Calathea White Fusion. Nama lokalnya Calathea saputangan atau Calathea tisu. Bahkan mungkin masih banyak lagi penyebutan lainnya untuk tanaman calathea White Fusion ini.

Dinamakan White Fusion karena memiliki perpaduan corak putih pada daunnya. Bisa dibilang kombinasi warna daunnya ini unik, di mana meliputi hijau tua, hijau muda, putih, dan dengan bagian bawah berwarna ungu.

Faktor perpaduan warna tersebut, menjadikan tanaman ini cepat menarik perhatian para pencinta tanaman hias. Bagaimana tidak? Ia memang terlihat begitu menawan, elegan, dan tergolong unik untuk sebuah tanaman calathea.

Ukurannya tidak terlalu besar. Calathea White Fusion hanya akan tumbuh sekitar 30 sampai 50 cm saja. Karakternya bergerombol, dengan daun yang bertumpuk-tumpuk satu sama lain. Memang merupakan sebuah tanaman hias daun yang sangat menawan.

Perawatannya masih relatif mudah, meski tetap saja tidak tahan terhadap paparan sinar matahari yang terlalu menyengat. Siramlah dengan kadar yang pas, tidak terlalu banjir, dan tidak pula terlalu kering.

Calathea Roseoptica

Ada juga jenis Calathea Roseoptica. Sebagian orang menyebutnya Rosepaint Calathea, yang bermakna bunga mawar yang dicat.

Sejatinya, Calathea Black Lipstik yang sudah kita bahas sebelumnya juga masih masuk bagian dari jenis ini. Meski demikian, dari segi warna sudah jauh berbeda, karena Calathea Roseoptica masih mendominasi penggunaan warna hijau pada daunnya.

Yang menjadi cirinya adalah bentuk daun dan coraknya. Untuk bentuk daun, jenis ini memiliki daun yang relatif membulat. Sedangkan untuk coraknya, jenis ini memiliki model corak mengelilingi sisi daun, serta menarik garis tengah dari ujung ke ujung.

Akhir Kata

Sebenarnya, jenis-jenis calathea ini masih banyak lagi. Yang dibahas di sini baru sebagian kecilnya saja. Kalau dibahas semua, artikel ini mungkin bakal menjadi sangat panjang rasanya.

Meski demikian, saya harap apa yang sudah diulas di sini cukup mewakili kecantikan dari jenis-jenis calathea lainnya.

Jika sempat, lain waktu artikel ini akan kami update kembali, untuk menambahkan ragam variasi lainnya yang belum masuk ke pembahasan saat ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment