Home » Tanaman Hias » 10 Jenis Alocasia Paling Menakjubkan, Mana yang Kamu Suka?
Tanaman Hias

10 Jenis Alocasia Paling Menakjubkan, Mana yang Kamu Suka?

Jenis-Jenis Alocasia
Zonabanten.Pikiran-Rakyat.com

Apa ya, jenis Alocasia yang paling menarik? Katanya sih, tanaman hias satu ini punya daya tarik yang sangat spektakuler. Pantas saja banyak penghobi tanaman hias berbondong-bondong ingin mengadopsi.

Memang benar adanya bahwa Alocasia itu sangat cantik. Karakter khas dari anggota keluarga Araceae masih melekat erat padanya, sebagaimana yang ada pada Aglaonema, juga keladi hias. Meski begitu, berbagai keunikan motif dan corak menarik dapat kamu dapati di tiap jenisnya.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui jenis-jenis Alocasia, langsung baca saja yuk, bahasannya di bawah ini:

Jenis-Jenis Alocasia

Sejatinya, ada lebih dari 90 jenis alocasia yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Menariknya, dari semua itu, alocasia punya bentuk daun yang hampir sama lho, yaitu menyerupai ikon hati. Meski begitu, ada yang lebih cenderung membulat, meruncing, berwarna gelap atau sebaliknya, dan lain-lain.

Hanya saja, sangat diayangkan yang populer cuma segelintir di antaranya saja. 

Nah, berikut ini ada beberapa jenis Alocasia yang menurut kami menarik buat dipelihara. Semoga kamu suka!

#1. Alocasia Amazonica, Salah Satu Jenis Alocasia yang Lagi Populer

Amazonica Adalah Salah Satu Jenis Alocasia Paling Diminati Saat Ini
www.Thespruce.com

Adalah hybrid dari Alocasia sanderiana dan Alocasia longiloba. Salah satu jenis Alocasia paling diminati saat ini. Bagaimana denganmu? Pastinya langsung jatuh hati sejak pandangan pertama, bukan?

Dicirikan dengan bentuk daun seperti ikon “love” yang runcing dan bergerigi, atau lebih tepatnya seperti mata panah. Daunnya tebal, juga bervena. Berwarna hijau gelap dengan tulang daun putih, membuatnya tampak begitu kontras.

#2. Alocasia Micholitziana “Frydek”, Salah Satu Jenis Alocasia Berdaun Beludru

Alocasia Micholitziana, Alias Frydek
Commons.Wikimedia.org

Bentuknya agak mirip amazonica, walaupun tidak seruncing dan sebergerigi itu. Dari warna juga berbeda, di mana Alocasia micholitziana atau yang akrab disapa Frydek ini punya warna hijau tua yang lebih cerah, bertekstur beludru, dengan urat daun menonjol berwarna putih.

#3. Alocasia Baginda “Dragon Scale”, Si Sisik Naga yang Memesona

Jenis Alocasia Baginda Dragon Scale
Parttimeninja78.Wordpress.com

Dengan bentuk daun ala Alocasia, namun cenderung membulat. Kombinasi warnanya berpadu antara hijau muda atau perak dengan warna hijau yang lebih tua di sekitar tulang daunnya. Jika dipikir-pikir, memang terlihat seolah seperti sisik naga, sebagaimana yang dipilih untuk namanya.

#4. Alocasia Reginula “Black Velvet”, Si Beludru Hitam dan Bulat

Jenis Alocasia yang Dijuluki Black Velvet
Greyhouseartisan.com

Jenis Alocasia lain dengan bentuk yang cenderung membulat. Dihiasi dengan warna kehitaman beludru yang sangat elegan. Selain itu, terdapat juga warna putih pada urat daun maupun bagian tangkainya. Kesan premium tentu merekat erat padanya.

#5. Alocasia Sanderiana “Kris Plant”, “Nenek Moyangnya” Jenis Alocasia Amazonica

Amazonica Adalah Hibrida dari SpesiesIni
Candidegardening.com

Punya perawakan yang mirip dengan Alocasia amazonica, sebab memang amazonica adalah varietas hibdrida dari spesies ini. Biasanya memiliki warna daun yang lebih muda dan tidak semenonjol amazonica. Nama umum dari spesies ini adalah kris plant, karena memang mirip menyerupai sebilah keris.

#6. Alocasia Baginda “Silver Dragon”, Juga Salah Satu Anggota dari Jenis Alocasia Baginda

Jenis Alocasia Silver Dragon
www.Chooseyourplant.com

Adalah jenis Alocasia yang sangat mirip dengan jenis dragon scale. Wajar, karena sama-sama berasal dari spesies A. baginda. Hanya saja, Alocasia silver dragon ini memiliki daun berwarna abu-abu ke arah putih yang mendominasi. Selain itu, tulang daun dari spesies ini juga berwarna hijau tua.

#7. Alocasia Cuprea “Red Secret” yang Sering Dianggap Keladi

A. Cuprea atau yang Biasa Disebut Keladi Tengkorak di Indonesia
Shineledlighting.com

Kerap disebut sebagai keladi tengkorak di Indonesia. Padahal, sejatinya tanaman ini sama sekali bukan golongan keladi, melainkan Alocasia. Berwarna ungu kehitaman, dengan bentuk yang menyerupai tulang rusuk manusia.

#8. Alocasia Zebrina “Tiger” dengan Tangkai Bercorak Cantik

Salah Satu Jenis Alocasia yang Bisa Tumbuh Lumayan Tinggi
En.Flowy.be

Salah satu Alocasia yang bisa tumbuh cukup tinggi. Memiliki daun berbentuk mata panah. Corak cantik seperti pola zebra bisa kamu dapati di bagian tangkainya.

#9. Alocasia Macrorrhiza “Stingray”, Si Ikan Pari

Jenis Alocasia Macrorrhiza Stingray
Pinterest

Stingray juga merupakan salah satu spesies yang bisa tumbuh tinggi, sekitar 1-2 meter. Daunnya berwarna hijau polos, dengan bentuk yang khas menyerupai seekor ikan pari. Inilah yang menyebabkannya dinamakan “stingray”.

#10. Alocasia Melo “Rugosa”, Jenis Alocasia Lainnya yang Juga Sering Dianggap Keladi

A, Melo Rugosa (Keladi Badak)
www.Plantindex.com

Alocasia melo, dikenal juga dengan nama keladi badak di Indonesia. Lagi-lagi disebut keladi, karena tak bisa dipungkiri memang mirip dengan genus Caladium.

Sedangkan kata “badak”, kemungkinan terinspirasi dari bentuk daunnya yang tebal dan berwarna hijau keabu-abuan, selayaknya kulit badak.

Akhir Kata

Itulah 10 jenis Alocasia cantik yang layak di pilih sebagai tambahan buat koleksi tanaman hias kamu. Nah, dari semua tadi, mana nih, kira-kira yang menurutmu paling cantik? Ceritakan di komentar, dong!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment