Home » Tanaman Hias » Banyak Banget! Jenis-Jenis Aglaonema Ini Bikin Kamu Ingin Punya Semua
Tanaman Hias

Banyak Banget! Jenis-Jenis Aglaonema Ini Bikin Kamu Ingin Punya Semua

Jenis Jenis Aglaonema
Sumber: Blog.Sheridannurseries.com

Jenis Aglaonema itu sangat beragam, lho. Padahal, awalnya tanaman ini hanya terdiri dari 30 spesies saja. Namun berkat tangan-tangan kreatif para petani, tanaman ini bisa disulap hingga jenis-jenisnya selalu bertambah lagi dan lagi.

Dengan menyilangkan jenisnya satu sama lain, maka terlahirlah varietas-varietas baru, dengan pola warna dan corak yang semakin menggoda tentunya.

Nah, kamu pastinya penasaran, kan, dengan jenis-jenis tanaman hias satu ini? Entah itu sebagai referensi opsi Aglaonema yang ingin diadopsi, menambah koleksi, atau mungkin hanya sekedar memperkaya wawasan lebih banyak lagi.

Tanpa banyak basa-basi, yuk, langsung kita bahas saja ragam jenisnya!

Jenis-Jenis Aglaonema

Karena jenis Aglaonema itu sangat banyak, maka pada pembahasan ini, kita akan coba membaginya menjadi beberapa kategori. Kita mulai dari mengenal spesies asli Aglaonema, ya!

Spesies Asli Aglaonema

Dari sekian banyak jenis yang ada, sejatinya genus Aglaonema ini hanya terdiri dari sekitar 30 spesies asli saja. Sebagian spesies tanaman yang termasuk dalam genus ini, antara lain:

  • A. brevispathum: Berasal dari Indochina
  • A. chermsiriwattanae: Berasal dari Thailand
  • A. cochinchense: Penyebarannya meliputi Kamboja, Malaysia, Thailand, dan Vietnam
  • A. commutatum: Tersebar di Indonesia, Filipina, dan dinaturalisasi di Hindia Barat
  • A. cordifolium: Dari Filipina
  • A. costatum: Berasal dari Malaysia dan Indochina
  • A. densinervium: Berasal dari Indonesia dan Filipina
  • A. flemingianum: Asalnya dari Malaysia
  • A. hookerianum: Terbesar di India, Bangladesh, Bhutan, hingga Myanmar
  • A. marantifolium: Dari Indonesia dan Nugini
  • A. modestum: Penyebarannya termasuk Bangladesh, Indonchina, dan China
  • A. nebulosum: Berasal dari Indonesia dan Malaysia
  • A. nitidum: Berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Indochina
  • A. ovatum: Berasal dari Laos, Thailand, serta Vietnam
  • A. philippinense: Tersebar di Indonesia dan Filipina
  • A. pictum: Dari Indonesia
  • A. pumilum: Tersebar di Myanmar dan Thailand
  • A. roebelinii: Dari Filipina
  • A. rotundum: Dari Indonesia
  • A. simplex: Asalnya dari Indonesia, Malaysia, Indochina, China, dan Filipina
  • A. tricolor: Berasal dari Filipina
  • A. vittatum: Berasal dari Indonesia

Jenis Aglaonema Terpopuler

Setelah mengetahui beberapa spesies aslinya, kita lanjut ke kategori selanjutnya, ya. Di sini, kita akan membahas jenis-jenis Aglaonema paling populer dan harganya pun relatif terjangkau.

Apa saja? Berikut pilihannya:

#1. Aglaonema Donna Carmen

Ini adalah Salah Satu Jenis Aglaonema Murah
Sumber: Allaboutmgl.Blogspot.com

Aglaonema donna carmen memiliki daun berbentuk oval dan tidak melancip di ujungnya. Daunnya didominasi oleh warna hijau, dengan garis kemerahan mengikuti sumbu tulang daun utama, serta dihiasi oleh bercak-bercak berwarna putih atau kemerahan.

Harga donna carmen bisa dibilang murah meriah. Hanya kisaran 20 ribu rupiah saja di pasaran. Dengan begitu, donna carmen akan sangat cocok dirawat oleh para pemula, sebab lebih minim resiko dari segi harga. Di samping itu, Aglaonema jenis ini juga termasuk yang cukup tangguh, lho.

#2. Aglaonema Lipstick

Dikenal Juga Sebagai Jenis Aglaonema Siam Aurora
Sumber: Koleksi-Tanamanhias.Blogspot.com

Jenis Aglaonema selanjutnya adalah lipstick atau siam aurora. Nama lipstick terinspirasi dari pewarnaan daunnya yang dikelilingi oleh warna kemerahan. Sedangkan warna dasar daunnya berwarna hijau cerah yang sedikit bergradasi ke arah merah.

Tak jauh berbeda dengan donna carmen, Aglaonema lipstick juga dibanderol dengan harga yang murah meriah. Kisaran harga di pasaran hanya sekitar 30 sampai 40 ribu rupiah saja. Apalagi jika kamu membelinya di toko-toko khusus Aglaonema, mungkin harga yang ditawarkan bisa lebih murah lagi.

#3. Aglaonema Snow White

Jenis Aglaonema Hijau yang Motifnya Bak Ditaburi Salju
Sumber: Efsgarden.com

Aglaonema snow white mempunyai daun yang berwarna hijau dan putih. Hijau sebagai warna dasarnya, sedangkan putih menjadi corak penghiasnya, bak butiran salju di musim dingin.

Aglaonema jenis ini cocok dipilih oleh kamu yang menyukai motif sederhana. Harganya di pasaran hanya berkisar antara 20 hingga 40 ribu rupiah saja untuk versi single (belum punya anakan), dan sedikit lebih mahal jika sudah rumpun.

#4. Aglaonema Butterfly

Aglaonema butterfly adalah jenis berikutnya yang juga populer dan tak kalah cantik. Apalagi ditambah dengan harganya yang terjangkau, menjadikan jenis ini sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Meski begitu, banyak yang mengadopsi jenis ini tanpa tahu namanya.

Nah, Aglaonema butterfly ini memiliki ciri-ciri daun yang berbentuk oval dengan ujung meruncing. Warna daunnya berpadu antara hijau yang berada di bagian sisi luar dan pink di bagian tengahnya. Motifnya garis-garis senada dengan tulang daunnya. Sedangkan bagian batangnya berwarna pink lembut.

#5. Aglaonema Silver Bay

Aglaonema silver bay, ini adalah jenis Aglaonema berikutnya yang juga populer serta banyak yang punya.

Sesuai namanya tersebut, Aglaonema ini identik dengan coraknya yang berwarna silver. Corak tersebut berada di bagian tengah daunnya, sedangkan bagian lainnya berwarna hijau tua. Pun batangnya berwarna hijau muda ke arah putih.

Bisa tumbuh hingga ukuran yang cukup besar untuk seukuran Aglaonema. Jenis ini juga tangguh, sehingga dapat tumbuh subur meski si pemilik tidak melakukan treatment khusus apa pun, bahkan dengan kondisi yang relatif ala kadarnya.

Harganya juga sangat murah. Tidak jarang, kamu bisa mendapati jenis ini dijual hanya dengan harga belasan ribu rupiah saja per tanaman untuk ukuran anakan.

Jenis Aglaonema Termahal

Berikutnya, buat kamu yang suka dengan jenis-jenis premium, kami juga sudah menyiapkan daftarnya, nih. Jenis-jenis Aglaonema termahal ini pokoknya cocok banget buat para kolektor dan kaum sultan, nih.

#1. Aglaonema Khanza

Aglaonema khanza adalah salah satu jenis Aglaonema baru yang baru hadir beberapa tahun ke belakang. Pesonanya yang begitu kuat, dipastikan akan membuat siapa pun pencinta Aglaonema jatuh hati.

Aglaonema jenis ini dicirikan dengan pola warna yang khas, yakni perpaduan antara hijau dan merah muda yang amat kontras. Agak mirip dengan jenis lipstick, namun khanza ini jauh lebih cantik. Warna merah muda pada tulang dan sisi daun terlihat begitu menyala.

Karena kecantikannya yang menakjubkan itu, sudah pasti tanaman ini tidak dibanderol dengan harga yang tidak murah. Apalagi mengingat jenis ini belum lama muncul. Untuk saat ini, rata-rata khanza masih dijual di angka 800 ribu rupiah ke atas.

#2. Aglaonema Suksom Jaipong

Suksom jaipong juga merupakan jenis Aglaonema lainnya yang tak kalah cantik. Bayangkan saja, daun dari jenis ini hampir seutuhnya berwarna merah. Terdapat juga bercak-bercak hijau, namun persentasenya sedikit sekali. Di sisi lain, itu menandakan bahwa jenis ini cukup ringkih, karena minimnya kandungan klorofil.

Harga Aglaonema suksom jaipong terbilang lebih murah ketimbang khanza, di mana jenis ini sudah bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 150 ribuan untuk ukuran anakan, dan 500 ribuan untuk ukuran dewasanya.

#3. Aglaonema Pride of Sumatra

Si kebanggaan Sumatera, inilah Aglaonema pride of Sumatra atau biasa disingkat POS. Karena telah lahir sejak tahun 1993, nggak heran kalau jenis ini sudah sangat populer. Tapi hebatnya, dengan rentang waktu selama ini, Aglaonema POS masih bertahan dalam kasta premium dengan banderolan harga yang cukup tinggi.

Menariknya lagi, Aglaonema POS ini merupakan salah satu generasi awal Aglaonema berwarna merah. Warna merah tersebut bisa kamu temukan di bagian bawah daunnya. Sedangkan pada bagian atas, terdapat warna hijau yang cukup dominan, serta tulang daun yang juga berwarna kemerahan.

Seperti yang dikatakan tadi, harga Aglaonema POS masih cukup tinggi. Rata-rata penjual masih membanderolnya di angka sekitar 500 ribuan. Meski demikian, ada juga yang membanderolnya di angka yang lebih murah, seperti 300 ribuan, atau lebih murah lagi. Namun tentu dengan ukuran yang berbeda, ya.

#4. Aglaonema Wulandari

Jenis Aglaonema termahal berikutnya adalah Aglaonema wulandari. Lagi-lagi bukan jenis sembarangan, karena menawarkan paras yang begitu cantik, karena didominasi oleh warna merah muda dan terdapat sedikit warna kehijauan di bagian sisi luarnya.

Selain itu, Aglaonema wulandari juga mempunyai bentuk daun yang agak berbeda dari jenis Aglaonema kebanyakan, di mana bentuk daun jenis ini terlihat lebih membulat dan bantat.

Terkait harganya, Aglaonema wulandari kebanyakan dijual mulai dari 300 ribuan ke atas. Bahkan untuk ukuran indukan, harganya bisa tembus lebih dari 1 juta rupiah per tanamannya, lho.

#5. Aglaonema Orange Stardust

Jenis yang tak kalah mahal adalah Aglaonema orange stardust. Dicirikan dengan penampilan yang mirip sebagaimana jenis stardust lainnya. Namun untuk varian ini, warna daunnya adalah oranye yang mengarah pada merah muda, dengan sedikit hijau tua.

Untuk harganya, Aglaonema jenis ini dibanderol mulai dari ratusan ribu rupiah hingga tembus lebih dari satu juta per tanamannya. Kualitas, ukuran, banyaknya daun serta rumpun, tentu saja akan mempengaruhi ketinggian harganya tersebut.

Rekomendasi Aglaonema Berdasarkan Warna Dominannya

Nggak jarang, ada juga sebagian orang yang cenderung lebih menyukai Aglaonema dengan warna dasar tertentu atau warna yang paling dominan pada daunnya. Sebagai contoh, Aglaonema dengan daun merah, putih, hijau, atau lain sebagainya.

Nah, kalau kamu juga termasuk tipe orang yang seperti itu, kita punya beberapa rekomendasinya juga, nih. Berikut ini adalah beberapa jenis Aglaonema tercantik berdasarkan warna tertentu:

#1. Jenis Aglaonema Merah

Buat kamu yang suka Aglaonema dengan base-color merah, berikut ini adalah daftar beberapa rekomendasi yang bisa kami berikan:

  • A. adelia
  • A. lipstick
  • A. pride of sumatra
  • A. red stardust
  • A. stardust
  • A. suksom jaipong
  • Dan lain-lain

#2. Jenis Aglaonema Pink

Siapa, nih, yang suka Aglaonema berwarna pink? Kami juga sudah siapkan daftar rekomendasinya, lho. Daftarnya ada di bawah ini, ya:

  • A. dud anjamani
  • A. kochin pink
  • A. harlequin
  • A. khanza
  • A. red peacock
  • A. ruby fanta
  • A. ruby garuda
  • A. ruby giant
  • A. ruby pink
  • A. wulandari
  • Dan lain-lain

#3. Jenis Aglaonema Oranye

Ada juga jenis-jenis Aglaonema yang daunnya didominasi oleh warna oranye. Apa saja? Simak beberapa jenisnya di bawah ini:

  • A. orange cochin
  • A. orange gold star
  • A. orange stardust
  • A. ruby orange

#4. Jenis Aglaonema Putih

Berikutnya, kalau kamu suka Aglaonema dengan warna putih yang dominan, maka kamu bisa cek daftar rekomendasinya di bawah ini:

  • A. big leaf
  • A. cinderella
  • A. dud white
  • A. legacy white
  • A. siam paragon
  • A. snow white
  • A. super white
  • Dan lain-lain

#5. Jenis Aglaonema Hijau

Ini dia rekomendasi buat yang suka hijau-hijau segar. Bisa bikin teras rumah kamu makin asri dan memanjakan mata. Cek langsung daftar pilihannya berikut ini:

  • A. ayu green
  • A. dona carmen
  • A. green arha
  • A. green bowl atau green ball
  • A. green compacta
  • A. green lady
  • A. green legacy
  • A. green papuma
  • A. green rose
  • A. nadia
  • A. ruby compacta
  • A. sundrop
  • Dan lain-lain

Buat kamu yang juga ingin mempelajari cara merawat tanaman ini, kamu juga bisa melihatnya di artikel cara merawat Aglaonema.

Akhir Kata

Wow, ternyata banyak banget, ya, jenis-jenis Aglaonema itu. Tapi sebenarnya, itu pun masih belum seberapa. Pasalnya, masih ada banyak lagi jenis Aglaonema lainnya yang belum dimuat dalam artikel ini.

Nah, dari sekian banyak jenisnya tadi, kamu paling suka yang mana? Sebutkan di komentar, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment