Home » Tanaman Hias » Ingin Belajar Cara Merawat Sirih Gading? Ini yang Harus Diperhatikan
Tanaman Hias

Ingin Belajar Cara Merawat Sirih Gading? Ini yang Harus Diperhatikan

Cara Merawat Sirih Gading Agar Rimbuh Maksimal
Travaldo.Blogspot.com

Cara merawat sirih gading hias (Epipremnum aureum) itu mudah, lho. Tanaman ini termasuk yang cukup tangguh, setidaknya jika dibandingkan dari sebagian jenis Araceae lain yang relatif ringkih.

Meski begitu, supaya sirih gading yang kita rawat sehat dan cantik maksimal, sebaiknya kita tetap memberikan perawatan terbaik.

Lantas bagaimanakah cara merawat sirih gading yang tepat? Inilah yang akan kita bahas kali ini. Yuk, langsung kita simak!

Cara Merawat Sirih Gading

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Hias
Whyfarmit.com

Berikut ini akan kami bahas informasi-informasi terkait perawatan sirih gading. Artikel ini kami buat dalam bentuk tanya jawab, supaya lebih mudah dipahami. Semoga kamu suka bahasan ini!

Pencahayaan Seperti Apa yang Baik untuk Sirih Gading?

Adalah jenis tanaman hias yang sangat toleran terhadap cahaya, termasuk pada ruangan yang minim akan sorotan cahaya. Yup, seperti inilah sirih gading.

Kendati demikian, paling bagus ialah menempatkan sirih gading pada lingkungan yang terpapar cukup cahaya. Misalnya pada sirih gading neon/lemon, mereka masih dapat bertahan hidup di ruangan gelap, namun kecerahan warna daunnya akan menurun.

Hindari menaruhnya di bawah paparan sinar matahari langsung. Kondisi ini dapat membakar daunnya. Sebaiknya kamu memberi naungan di atasnya, entah itu menggunakan paranet, keteduhan dari pohon besar, atau mungkin atap dari rumah kamu sendiri.

Seberapa Sering Sirih Gading Harus Disiram?

Seberapa sering itu sangat tergantung pada banyak kondisi. Mulai dari media tanam apa yang kamu gunakan, hingga di mana kamu memutuskan untuk meletakkan tanaman sirih gading tersebut.

Durasi penyiraman bisa jadi dilakukan sekitar 3 hari sekali, 5 hari sekali, atau bahkan seminggu sekali. Namun sebagai panduan dasar, kamu harus menyiram sirih gading kamu setidaknya setelah media tanam mengering.

Mempertahankan kelembapan adalah tips perawatan umum untuk hampir seluruh tanaman Araceae. Ini tentu termasuk sirih gading. Jaga agar media tanam tetap lembap, namun tetap berhati-hati agar tidak terlalu banyak air.

Jika sirih gading kekurangan air, mereka akan mensinyalir dengan kondisi daunnya yang semakin cokelat kering dan layu. Sebaliknya, sirih gading yang kelebihan air bisa dilihat dari daunnya yang berubah menjadi kuning pucat dan agak busuk.

Untuk itu, sirih gading sebaiknya tidak selamanya hidup di dalam rendaman air, kecuali saat kamu sengaja menerapkan water propagation untuk memperbanyak sirih gading. Segera pindahkan ke media tanam saat akar sudah melimpah.

Berapa Suhu Terbaik untuk Sirih Gading?

Masalah suhu sering dilewatkan oleh para penghobi. Sebab memang pada dasarnya kita tidak bisa berbuat terlalu banyak untuk mengatasi kondisi ini, kecuali jika kamu menyimpannya di dalam ruangan ber-AC.

Namun sebagai informasi, sirih gading adalah tanaman tropis yang menyukai rentang suhu antara 21 sampai 32 derajat celcius. Tanaman ini juga biasanya masih bisa bertahan dalam rentang 12 derajat celcius ke atas.

Bagaimana Jika Sirih Gading Terserang Hama?

Sirih gading sejatinya jarang dihinggapi hama dan terserang penyakit yang serius. Meskipun ini bukan berarti jaminan tidak sama sekali.

Hama yang mungkin menyerang di antaranya adalah kutu putih. Kami biasa menyemprotkan larutan antihama sekitar 2 minggu sekali. Jika hama terlanjur banyak, kamu bisa membersihkannya menggunakan alkohol atau antihama, yang dioleskan menggunakan kapas.

Kapan Sirih Gading Harus Di-repotting?

Setelah sirih gading kamu tumbuh subur makmur sehingga akar memenuhi pot dan tidak ada ruang lagi untuk tumbuh, atau ketika media tanam sudah kehabisan unsur haranya, maka inilah waktunya untuk memindahkan sirih gading ke pot dan media tanam lain.

Biasanya, sirih gading yang sudah “meminta” untuk repotting akan mulai menunjukkan masalah-masalah. Padahal, kamu yakin perawatan dan penempatannya telah sesuai, juga tidak seperti biasanya ini terjadi.

Lakukan repotting sekaligus memeriksa kondisi akar. Kamu juga bisa sekalian membagi tanaman ini jika dulunya kamu menanam beberapa tanaman dalam satu pot untuk memberikan kesan rimbun. Tapi karena sekarang sudah betulan rimbun, maka inilah waktunya untuk memisah.

Sedangkan terkait media tanam, sebaiknya gunakan media tanam baru dengan komposisi yang sama seperti sebelumnya. Kecuali kalau kamu berencana untuk bereksperimen mencari media tanam terbaik.

Akhir Kata

Nah, kira-kira seperti itulah beberapa hal terkait cara merawat sirih gading.

Kuncinya sama sebagaimana kamu merawat tanaman lain, yaitu memberikan semua yang dibutuhkannya. Ini meliputi penyiraman, pencahayaan, media tanam, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment