Home » Tanaman Hias » Yuk, Belajar Cara Merawat Kaktus Koboi! Perawatannya Simpel Banget!
Tanaman Hias

Yuk, Belajar Cara Merawat Kaktus Koboi! Perawatannya Simpel Banget!

Ilustrasi Cara Merawat Kaktus Koboi
Rabab.id

Cara merawat kaktus koboi (Cereus peruvianus) itu sebenarnya mudah, kok. Meski begitu, kalau ada langkah perawatan yang kurang tepat, bisa saja tanaman ini mengalami suatu masalah tertentu. Misalnya tumbuh kurus meninggi, akibat kurangnya sinar matahari.

Nah, supaya kaktus koboi yang kamu adopsi bisa tumbuh super cantik, maka sudah sepatutnya kamu mempelajari bagaimana cara merawatnya dengan baik.

Untungnya kamu sudah berada di tempat yang tepat, nih. Sebab, pada artikel ini, kita akan sama-sama belajar tentang perawatannya. Yuk, langsung saja kita simak!

Cara Merawat Kaktus Koboi

Mudahnya Cara Merawat Kaktus Koboi
Gerabahkasongan.com

Kalau kamu berpikir bahwa kaktus koboi adalah tanaman yang ringkih dan perlu banyak perawatan, maka kamu salah besar. Pasalnya, kaktus jenis ini termasuk salah satu yang paling tangguh dalam beradaptasi dan tidak banyak yang harus kita lakukan dalam merawatnya.

Nah, lantas perawatan seperti apa yang sebaiknya kita lakukan agar pertumbuhan kaktus koboi yang kita rawat bisa optimal?

Berikut ini pembahasannya:

#1. Penempatan dan Media Tanam

Kaktus koboi (Cereus peruvianus) sejatinya merupakan jenis kaktus gurun yang berasal dari Amerika Selatan. Dideskripsikan sebagai kaktus berbentuk silindris, berwarna hijau dan kadang agak kebiruan, serta mampu mencapai ukuran raksasa layaknya sebuah pohon besar.

1.1. Lingkungan Favoritnya

Lingkungan favoritnya adalah tempat di mana ia bisa memperoleh banyak cahaya, hangat, kering dan juga minim air. Sebaliknya, lingkungan yang kurang cahaya tidak disukainya. Batang yang kurus adalah salah indikasi bahwa tanaman ini kekurangan cahaya.

1.2. Media Tanam

Untuk mendapatkan lingkungan yang kering, maka kamu perlu memperhatikan media tanamnya. Gunakan media tanam dengan porositas tinggi. Campuran sederhana yang mudah didapatkan yaitu sekam bakar, pasir malang, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

1.3. Full Sun – Full Rain

Menariknya, untuk jenis ini, kamu bisa menempatkannya secara full sun, bahkan full rain. Iya, di ruangan terbuka tanpa naungan. Tapi jika seandainya terjadi busuk akar, maka cobalah untuk meningkatkan porositas media tanam.

1.4. Pertimbangkan Ukuran

Jangan lupa juga soal ukurannya, ya. Pasalnya, ia mampu tumbuh hingga bermeter-meter tingginya. Tapi tenang saja, pertumbuhannya relatif lambat, kok (meski tetap cukup cepat untuk seukuran kaktus).

1.5. Sebagai Dekorasi

Kaktus koboi sering kali dipilih sebagai dekorasi, mulai dari sebagai penghias teras hingga meja kantor. Di mana pun kamu akan menggunakannya sebagai dekorasi, yang terpenting jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan-kebutuhannya tadi.

#2. Perawatan Rutin Kaktus Koboi

Kunci keberhasilan merawat kaktus koboi adalah soal penyiriman yang cukup dan tidak berlebihan. Di samping itu, kamu juga mungkin perlu melakukan pemupukan, serta membasmi hama dan gulma jika diperlukan.

2.1. Mengecek Kelembapan Media Tanam

Sebelum melakukan penyiraman, maka kamu harus memastikan bahwa media tanam kaktus sudah dalam kondisi kering terlebih dahulu.

Triknya adalah dengan memasukkan lidi ke dalam media tanam, lalu mengeluarkannya kembali, sehingga kamu bisa mengetahui apakah bagian dalam media tanam sudah kering atau belum.

2.2. Interval dan Banyaknya Penyiraman

Berapa lama sekali kaktus koboi harus disiram bisa kamu ketahui berdasarkan pengalaman. Jangan khawatir jika dalam satu minggu media tanam belum mengering juga, kamu cukup menyiramnya di lain waktu.

Apalagi di saat musim hujan tiba. Media tanam sudah pasti akan mengering lebih lama lagi, karena cuaca yang mendung dan dingin membuat penguapan air pada media menjadi lebih lama. Bahkan, bisa jadi dalam satu bulan kamu tidak perlu menyiram kaktus koboi tersebut sama sekali.

Pada intinya, kaktus koboi ini hanya perlu disiram setelah medai tanam benar-benar mengering. Ini tidak bisa disamakan untuk setiap penempatan dan daerah.

  • Jika dalam satu hari media tanam sudah mengering, kamu boleh menyiramnya di keesokan harinya kembali
  • Sedangkan jika dalam satu minggu atau bahkan lebih media tanam belum juga mengering, maka kamu belum harus menyiramnya

Setiap penyiraman bisa kamu lakukan dengan cara mengguyur tanaman dan media tanam secara menyeluruh dengan jumlah air yang banyak.

2.3. Busuk Akar

Overwatering atau penyiraman yang terlalu banyak akan mengakibatkan pembusukan. Jika kondisi ini terjadi, maka kamu harus segera menyelamatkannya. Lakukanlah pertolongan berikut ini:

  1. Lepaskan kaktus dari media tanamnya.
  2. Potong dan pisahkan kaktus dari bagian yang mengalami pembusukan.
  3. Tanam kembali bagian kaktus yang masih sehat di media tanam baru dan kering.
  4. Jangan langsung siram kaktus setelah ditanam, paling tidak biarkan selama 3-7 hari.

2.4. Pemupukan

Kami jarang melakukan pemupukan kaktus koboi menggunakan pupuk berbahan kimia. Hal ini dikarenakan, hanya dengan pupuk kandang yang dicampurkan pada media tanam di awal penanam pun kaktus ini sudah dapat tumbuh subur dan mempesona.

2.5. Membasmi Hama dan Gulma

Lain halnya dengan melakukan pembasmian hama dan gulma. Ini adalah hal yang wajib dilakukan. Alasannya, hama dan gulma dapat mengganggu keoptimalan pertumbuhan kaktus koboi yang kita rawat.

Kutu sisik adalah satu jenis hama yang paling sering menyerang tanaman ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa semprotkan insektisida ke permukaan kaktus koboi, lalu membuang sisik-sisik yang biasanya menempel.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kaktus Populer! Kamu Suka yang Mana?

Akhir Kata

Hal yang paling harus kita perhatikan dalam merawat kaktus koboi adalah penyiraman. Jika sebagian tanaman mungkin butuh sering-sering disiram, maka kaktus koboi ini justru sebaliknya. Terlalu banyak penyiraman hanya akan menimbulkan bencana baginya.

Di luar hal tersebut, perawatan lainnya mungkin tidak perlu selalu kita lakukan. Seperti pembasmian hama dan gulma, di mana kondisi ini tidak selalu terjadi. Juga pemupukan, sebab ini sudah tercukupi di awal menanamnya dulu.

Selain itu, penempatan juga hanya sekali dilakukan. Meskipun akan jadi lain cerita jika kamu merawatnya secara indoor, karena kamu masih punya satu PR perawatan, yakni menjemur kaktus koboi secara berkala.

Jadi, bagaimana menurutmu? Mudah sekali bukan cara merawat kaktus koboi ini?

Semoga bermanfaat, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment