Home » Tanaman Hias » Lahirkan Jenis Baru! Ternyata Seperti Ini Cara Menyilangkan Aglaonema
Tanaman Hias

Lahirkan Jenis Baru! Ternyata Seperti Ini Cara Menyilangkan Aglaonema

Seperti Inilah Cara Menyilangkan Tanaman Aglaonema
www.Petalrepublic.com

Kamu tertarik dengan keanekaragaman jenis Aglaonema? Wah, berarti kamu harus banget pelajari cara menyilangkan Aglaonema.

Menyilangkan Aglaonema, maksudnya adalah mengawinkan dua jenis Aglaonema yang berbeda, untuk menghasilkan jenis baru dengan sifat yang lebih baik.

Caranya yaitu dengan melakukan penyerbukan (polinasi). Bunga jantang dari jenis A, harus dipertemukan dengan bunga betina dari jenis B. Hasil perkawinan tersebut akan menghasilkan buah yang bijinya bisa kamu tanam menjadi jenis baru.

Singkatnya, sih, seperti itu. Lantas bagaimana langkah-langkahnya? Yuk, langsung saja pelajari tutorialnya di bawah ini!

Cara Menyilangkan Aglaonema

Bagaimana Cara Menyilangkan Aglaonema?
Garden.org

Berikut ini akan kami bahas tentang cara menyilangkan dua jenis Aglaonema untuk menghasilkan jenis-jenis baru. Kita mulai dari menyiapkan alat dan bahan, ya!

Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Alat dan bahan yang diperlukan untuk menyilangkan Aglaonema, di antaranya sebagai berikut:

  • Dua jenis Aglaonema yang Berbeda
  • Kuas
  • Kertas, atau wadah apa pun untuk menampung serbuk sari
  • Plastik es

Seperti Apa Langkah-Langkah Cara Menyilangkan Aglaonema?

Berikut ini langkah-langkah menyilangkan Aglaonema:

#1. Mengetahui Jantan dan Betina

Pertama-tama, untuk mengawinkan Aglaonema, maka kita harus mengetahui dulu mana bunga jantan dan mana bunga betina.

Kalau kamu belum tahu, walaupun dikenal sebagai tanaman hias daun, sejatinya Aglaonema itu memiliki bunga, lho. Bunganya berbentuk tongkol (spadix), yang notabene merupakan ciri khas dari tanaman Aroid.

Akan tetapi, karena mengganggu pertumbuhan daun, maka bunga ini sering kali dipangkas dalam rangka perawatan, agar penyaluran nutrisi tanaman terarah seutuhnya ke daun, tanpa harus dibagi juga ke bagian bunganya.

Nah, lain hal kalau kita ingin menyilangkan Aglaonema. Di sini kita justru perlu mempertahankan bunga tersebut. Selain itu, kita juga harus mengetahui, mana bunga yang berjenis kelamin jantan, serta mana bunga yang berjenis kelamin betina.

Apa perbedaannya?

  • Bunga jantan dicirikan dengan keberadaan serbuk sari pada spadix
  • Sedangkan betina dicirikan dengan spadix yang lengket guna mengikat serbuk sari

#2. Memilih Waktu

Kapan, sih, waktu terbaik untuk menyilangkan Aglaonema?

Jawabannya adalah di pagi hari. Sebisa mungkin lakukanlah penyerbukan pada sekitar jam 7 sampai 9 pagi. Ini adalah waktu terbaik, karena bunga Aglaonema juga sedang berada dalam kondisi terbaiknya, di mana bunga sedang mekar, namun serbuk sari belum rontok.

#3. Melakukan Penyerbukan

Saat waktunya telah tiba dan kamu pun sudah mempunyai kedua bunga yang dibutuhkan, maka yang harus dilakukan sekarang ialah mengawinkannya saja. Aktivitas Ini dikenal dengan istilah penyerbukan (polinasi).

Caranya mudah, kok:

  1. Silakan ambil serbuk sari pada bunga jantan menggunakan kuas.
  2. Gunakan kertas, plastik, atau wadah lainnya untuk menampung serbuk sari tersebut.
  3. Serbuk sari bisa disimpan, bahkan awet jika mengetahui caranya. Namun untuk hasil terbaik, sebaiknya lakukan penyerbukan dengan segera.
  4. Pastikan bunga betina masih dalam kondisi lengket, sehingga bisa mengikat serbuk sari.
  5. Oleskan serbuk sari ke bagian tongkol bunga betina sampai merata.

Catatan: Ingat untuk selalu menerapkan langkah-langkah di atas dengan hati-hati.

#4. Menggunakan Sungkup

Bunga yang sudah dilakukan penyerbukan, sebaiknya disungkup menggunakan plastik es transparan. Dengan begitu, kelembapan dapat terjaga, serta terhindar dari berbagai gangguan seperti angin dan serangga.

Cara menyungkupnya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu menutup bunga tersebut dengan plastik es, lalu mengikatnya secara perlahan pada bagian tangkainya.

#5. Menunggu Buah

Jika penyerbukan yang sudah kamu lakukan berhasil, maka buah akan tumbuh dari bekas bunga tersebut.

Tapi kamu harus bersabar, ya. Sebab, proses tumbuhnya buah hingga siap dipanen ternyata membutuhkan waktu lama. Kira-kira sekitar 8 sampai 10 bulan, tergantung spesies apa yang kamu kawinkan.

Jumlah buah yang dihasilkan pun bisa bervariasi. Sebagian jenis Aglaonema mungkin hanya bisa menghasilkan 1-10 buah saja, namun jenis lainnya ada juga yang bisa menghasilkan sampai 30 buah.

#6. Panen dan Semai

Buah Aglaonema yang awalnya berwarna hijau, lama kelamaan akan tumbuh menjadi kekuning-kuningan, oranye, hingga akhirnya berwarna merah yang notabene telah matang dan siap untuk dipanen. Yuk, langsung penting saja buahnya.

Sisanya, kamu hanya perlu mengupas dan mengambil bijinya saja. Biji inilah yang nantinya bisa kamu semai, sehingga tumbuh Aglaonema baru hasil dari penyilangan yang telah kamu lakukan.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment