Home » Tanaman Hias » Cara Menanam Sirih Gading, Bisa Ditanam dengan Banyak Gaya!
Tanaman Hias

Cara Menanam Sirih Gading, Bisa Ditanam dengan Banyak Gaya!

Banyaknya Pilihan Cara Dalam Menanam Sirih Gading
www.Etsy.com

Tahukah kamu? Cara menanam sirih gading itu bisa dilakukan dengan banyak gaya, lho! Makanya, buat kami sendiri, jenis sirih-sirihan adalah salah satu yang paling menarik buat diadopsi.

Maksudnya “dengan banyak gaya” itu bagaimana, sih? Maksudnya, sirih gading itu bisa ditanam dengan banyak pilihan metode yang berbeda. Mulai dari menanamnya di pot seperti biasa, menanamnya di pot gantung, membiarkannya merambat, bahkan hanya dalam media air.

Nggak percaya? Langsung cek ulasannya saja, yuk!

Pilihan Gaya untuk Menata Sirih Gading Agar Cantik Maksimal

Dulu, tanaman rambat mungkin sulit dinikmati keindahannya. Bagaimana tidak? Tanaman semacam ini kan tumbuhnya tak beraturan, sehingga terkesan sebagai tanaman yang berantakan.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, para penghobi tanaman terus berkreasi, agar tanaman-tanaman rambat pun bisa tetap indah untuk diadopsi. Termasuk pada sirih gading yang sedang kita bahas kali ini.

Singkat cerita, akhirnya berbagai metode pun ditemukan, agar tanaman rambat seperti sirih gading bisa tampil menawan dengan seoptimal mungkin. Apalagi sebetulnya sirih gading itu sudah cantik kok, hanya soal bagaimana cara untuk menatanya saja.

Nah, menurut kami, sirih gading itu paling cantik kalau ditanam dan ditata dengan gaya-gaya berikut ini:

  • Meletakkannya di tempat tinggi, seperti pot gantung, pot dinding, atau di atas rak dinding, lalu membiarkannya tumbuh menjuntai ke bawah.
  • Menanamnya di pot lantai seperti tanaman pada umumnya, namun menambahkan turus di bagian tengahnya, agar tanaman merambat dan menumpuk rimbun pada turus tersebut.
  • Sirih gading bisa juga langsung ditanam di tanah, tapi sebaiknya dekat media rambat yang tepat seperti pohon besar. Sirih gading akan tampil sebagai penghias di sana.
  • Menanamnya dalam vas berisi air dengan metode water propagation (WP), sekalian memperbanyak sirih gading dan menjadikannya dekorasi indoor.
  • Sebagai tanaman aquarium, baik untuk sekedar dekorasi maupun media filtrasi, karena sirih gading punya kemampuan dalam menyerap racun dan mengurai amonia dari kotoran ikan.

Tutorial Menanam Sirih Gading Sesuai dengan Gayanya

Berdasarkan pilihan gaya tadi, sekarang yuk kita coba terapkan langkah-langkahnya. Berikut ini tutorial cara untuk menanam sirih gading:

#1. Cara Menanam Sirih Gading di Pot Gantung, Pot Dinding, atau Rak

Ilustrasi Cara Menanam Sirih Gading di Pot Gantung
Forgetmenotflowermarkets.com

Cara pertama untuk menanam sirih gading adalah dengan menanamnya di tempat tinggi, seperti pot gantung, pot dinding, atau pada pot yang diletakkan di rak dinding.

Untuk menerapkan gaya tanam ini, maka kamu memerlukan:

  • Tanaman sirih gading siap tanam
  • Media tanam yang porous namun mengikat air
  • Pot gantung, pot dinding, atau pot + rak dinding

Berikut tutorialnya:

  1. Siapkan sirih gading yang akan kamu tanam. Kamu bisa mendapatkannya dari toko tanaman hias atau hasil dari perbanyakan yang sebelumnya kamu lakukan.
  2. Silakan tanam langsung sirih gading sebagaimana kamu biasa menanam tanaman hias ke dalam pot dan dengan media tanam yang telah disiapkan.
  3. Berikutnya, kamu hanya perlu meletakkannya di tempat tinggi. Menggantungnya untuk pot gantung dan pot dinding, atau meletakkannya di rak dinding.
  4. Sirih gading yang kamu tanam mungkin belum rimbun. Sesekali, cobalah pangkas batang dan daunnya agar pertumbuhan menjadi lebih rapat. Batang yang dipangkas juga bisa kamu tanam kembali untuk perbanyakan.
  5. Tanaman yang ditanam dengan cara ini akan semakin cantik saat sudah mulai menjuntai ke bawah dengan rimbunnya.

#2. Cara Menanam Sirih Gading di Pot dengan Turus

Menggunakan Turus Sebagai Media Rambat
Bloomboxclub.com

Pilihan berikutnya adalah menanam sirih gading di pot lantai dengan menambahkan turus sebagai media rambatnya.

Cara menanam sirih gading dengan metode seperti ini membutuhkan kelengkapan berupa:

  • Tanaman sirih gading siap tanam
  • Media tanam untuk sirih gading
  • Pot lantai dengan ukuran yang disesuaikan
  • 1 buah turus

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama-tama, siapkan seluruh kelengkapan yang diperlukan.
  2. Masukkan turus ke dalam pot terlebih dahulu. Usahakan turus berada tepat di bagian tengahnya.
  3. Selanjutnya, silakan kubur turus menggunakan media tanam agar bisa berdiri tegak.
  4. Dilanjutkan dengan menanam sirih gading dengan jarak yang berdekatan dengan turusnya.
  5. Ikat bagian sirih gading yang telah panjang merambat ke turus, agar nantinya sirih gading akan tumbuh merambat ke bagian turusnya.

#3. Membiarkannya Merambat ke Pohon

Cara Menanam Sirih Gading Agar Merambat ke Pohon Besar
Pinterest

Gaya tanam sirih gading yang ketiga adalah menanamnya untuk dibiarkan merambat ke pohon besar, seperti pohon mangga misalnya.

Cara ini akan lebih menarik untuk diterapkan pada jenis sirih gading jumbo, alias Epipremnum aureumHawaiian. Daun besar akan menyelimuti permukaan batang pohon, sehingga memberikan kesan yang lebih asri dan cantik.

Apa yang kamu butuhkan untuk cara ini?

  • Sirih gading (disarankan jenis sirih gading jumbo)
  • Pohon besar (bisa pohon mangga, ketapang mini, kamboja, atau lainnya)
  • Masih tersedia lahan menanam untuk menanam sirih gading di sekitar pohon

Untuk cara menanamnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menanam langsung sirih gading di tanah sekitar pohon tersebut. Kalau sudah ada bagian yang menjuntai, bisa kamu ikatkan ke batang pohon supaya nantinya merambat ke sana.

Kalau misalnya sudah tidak ada tanah di sekitar pohon, entah karena sudah disemen atau lainnya, kamu bisa mengakalinya dengan menanam sirih gading di pot dulu, lalu meletakkan potnya di sekitar pohon tersebut.

#4. Cara Menanam Sirih Gading di Air dengan Metode Water Propagation

Teknik WP Sangat Cocok untuk Dekorasi
Houseplantaddiction.com

Metode water propagation atau yang biasa disingkat WP, adalah salah satu cara yang biasa dilakukan untuk memperbanyak suatu tanaman (termasuk sirih gading) melalui media air.

Menariknya, sirih gading yang diperbanyak dengan metode ini ternyata punya daya tarik tersendiri. Apalagi jika selama proses WP berlangsung tersebut menggunakan wadah berbahan transparan, seperti botol kaca misalnya.

Sirih gading yang sedang diperbanyak menggunakan metode WP akan sangat cocok digunakan sebagai dekorasi indoor, seperti penghias meja tamu, meja kerja, rak, dan lain-lain.

Untuk menanam sirih gading di air menggunakan metode WP, maka kamu memerlukan:

  • Sirih gading cutting yang belum ditumbuhi akar
  • Wadah yang bisa menampung air dan transparan, seperti botol kaca, vas kaca, toples, atau lain sebagainya
  • Air
  • Hidroton (opsional)
  • Nutrisi untuk tanaman, misalnya vitamin B1 (opsional)

Berikut ini cara menanam sirih gading di air dengan metode WP:

  1. Dapatkan terlebih dahulu sepotong tangkai sirih gading. Kamu bisa mendapatkannya dari tanaman sirih gading lain yang sudah cukup rimbun.
  2. Potong tangkai sirih gading seperlunya. Paling tidak kamu harus memiliki satu daun pada tangkai yang akan ditanam.
  3. Setelah mendapatkan potongannya, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam botol berisi air.
  4. Sebenarnya, sampai langkah ketiga, cara ini sudah bisa dianggap selesai. Namun sayangnya, air hanya memudahkannya untuk menumbuhkan akar saja, sedangkan nutrisinya sangat minim. Agar sirih gading tidak kekurangan nutrisi, kamu bisa menambahkan nutrisi khusus ke dalam air yang digunakan. Misalnya, vitamin B1.
  5. Lebih dari itu, kamu juga bisa menambahkan media tanam hidroton ke dalam botol tersebut.
  6. Setelah akar tumbuh cukup lebat, sebaiknya kamu memindahkan sirih gading ke media tanam.

#5. Cara Menanam Sirih Gading di Akuarium

Cara Menanam Sirih Gading di Dalam Akuarium
Smartaquariumguide.com

Terakhir, adalah menanam sirih gading di dalam akuarium.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menanam sirih gading di akuarium. Pertama, menanamnya sebagai tanaman dekorasi. Kedua, menanamnya sebagai tanaman untuk media filtrasi, atau biasa disebut dengan filter tanaman.

Sebetulnya sirih gading sendiri adalah tanaman yang mengandung racun. Iya, di dalam getahnya terkandung kalsium oksalat yang bisa menyebabkan reaksi alergi, sebagaimana yang terdapat pula pada kebanyakan jenis tanaman Araceae lainnya.

Meski demikian, ternyata sirih gading juga punya sisi lain, di mana tanaman ini juga bisa berperan sebagai penyerap racun eksternal, lho! Di samping itu, sirih gading juga punya kemampuan untuk mengurai amoniak dari kotoran ikan dan membantu menjernihkan air.

Karena itulah sirih gading sering dipilih sebagai tanaman akuarium.

Jangan khawatir soal kesuburannya. Sirih gading sendiri termasuk jenis tanaman yang sangat tangguh untuk hidup di dalam air. Selain itu, air akuarium yang telah bercampur dengan kotoran ikan secara tidak langsung akan berperan untuk memenuhi asupan nutrisinya.

Jadi, apa saja yang dibutuhkan untuk menanam sirih gading di akuarium?

  • Tanaman sirih gading (bisa cutting maupun tanaman yang sudah berakar)
  • Akuarium berisi ikan hias

Cara menanamnya juga mudah, kok:

  • Kalau kamu ingin menanamnya di sistem filtrasi, maka kamu tinggal meletakkannya di salah satu chamber filter. Bisa juga dibantu dengan pot khusus untuk tanaman hidroponik.
  • Sedangkan kalau kamu ingin menanamnya sebagai dekorasi, kamu bisa menanamnya pada substrat akuarium tersebut.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menanam sirih gading. Dari semua metode yang ada, manakah yang paling kamu sukai?

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment