Home » Tanaman Hias » Sudah Tahu? Ternyata Seperti Ini, lho, Cara Menanam Lithops dari Biji
Tanaman Hias

Sudah Tahu? Ternyata Seperti Ini, lho, Cara Menanam Lithops dari Biji

Bagaimana Cara Menanam Lithops dari Biji
berkeluarga.id

Adakah di sini yang ingin mempelajari cara menanam lithops dari biji?

Seperti yang kita ketahui, lithops merupakan salah satu jenis sukulen cantik yang memiliki daya tarik tersendiri. Dikenal juga sebagai living stone atau yang berarti batu hidup, karena bentuknya yang menyerupai batuan namun sejatinya merupakan sebuah tanaman.

Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak lithops ini. Salah satunya, ialah dengan menanamnya langsung dari biji.

Cara Menanam Lithops dari Biji

Kamu ingin tahu, bagaimana caranya menanam lithops dari biji? Wah, pas banget, nih. Soalnya, kamu bisa langsung mempelajarinya di sini.

Alat dan Bahan

Untuk menanam lithops dari biji, maka yang kamu butuhkan di ataranya:

  • Benih lithops
  • Wadah untuk menanam lithops
  • Media tanam
  • Botol semprot (sprayer)

#1. Benih Lithops

Cara paling mudah untuk mendapatkan benih lithops adalah dengan membelinya langsung di toko-toko sukulen.

Selain itu, kamu juga bisa memperolehnya dari seedpod atau buah. Namun cara ini lebih rumit, karena kamu harus melakukan mengawinkan bunga terlebih dahulu dan memakan waktu. Seedpot bisa saja tumbuh secara alami, tapi tentu saja waktunya lebih tidak dapat diprediksi.

#2. Wadah

Wadah yang dimaksud di sini termasuk wadah untuk semai dan wadah untuk repotting setelahnya, meskipun wadah repotting bisa menyusul disiapkan.

Wadah yang dapat digunakan bisa berupa toples dengan penutup transparan, tray semai, pot, atau wadah apa pun yang bisa digunakan untuk menyemai sekaligus diberi penutup (sebagai sungkup).

#3. Media Tanam

Untuk meminimalisir kegagalan, sebaiknya kamu gunakan media tanam khusus semai sukulen siap pakai. Sama seperti benih, ini juga bisa kamu dapatkan dari toko-toko yang menjual sukulen.

Bisa saja meraciknya sendiri, tapi mungkin kamu perlu bereksperimen lagi, agar media tersebut memiliki kelembapan yang cukup baik untuk benih lithops. Sebab, terlalu lembap bisa membuatnya busuk, sedangkan terlalu gersang pun bisa membuatnya kering.

#4. Botol Semprot

Terakhir, botol semprot alias sprayer. Ini akan kamu gunakan untuk menyiram lithops. Kalau kamu mengguyurnya dengan air langsung (bukan spray), ini bisa mengakibatkan kelembapan menjadi terlalu tinggi, padahal lithops tidak memerlukan hal tersebut.

Langkah-Langkah Menanam Lithops dari Biji

Langkah-Langkah Menanam Lithops dari Biji
Indonesian.Alibaba.com

Berikut ini langkah-langkah menanam lithops dari biji:

#1. Semai Benih Lithops

Pertama-tama, benih yang kamu siapkan harus disemai terlebih dahulu. Caranya seperti ini:

  1. Siapkan wadah semai, lalu isi dengan media tanam.
  2. Selanjutnya, tebar benih di atas media tanam tersebut.
  3. Benih tidak perlu ditanam, tapi cukup ditutup dengan sedikit topping media tanam.
  4. Kalau kamu menanamnya terlalu dalam, kecambah mungkin mati sebelum sempat keluar ke permukaan media.
  5. Tutup wadah dengan penutup transparan sebagai sungkup. Kalau toples, bisa gunakan penutup aslinya. Kalau pot, bisa gunakan plastik es yang kemudian diikat dengan karet atau tali.
  6. Letakkan di tempat yang terang dan hangat.
  7. Benih lithops tidak memerlukan sinar matahari terus-menerus, cukup beberapa jam saja setiap harinya.
  8. Benih akan tumbuh dan muncul ke permukaan dalam waktu sekitar 2-3 minggu.

#2. Melakukan Repotting

Seiring waktu, benih akan mulai tumbuh. Tapi karena saat menyemainya kemarin masih ditaburkan secara asal dan tidak beraturan, maka mungkin kamu akan mendapati beberapa yang tumbuh secara berdempetan.

Nah, jika hal tersebut dibiarkan, maka pertumbuhan lithops ke depannya akan kurang baik. Oleh karena itu, kamu perlu memindahkannya lagi, agar posisi tanam dan pertumbuhannya bisa menjadi lebih baik.

Kamu bisa saja memindahkannya ke pot single. Tapi karena ukurannya masih terlalu kecil, para petani biasanya masih menanamnya secara bersamaan dalam satu wadah.

Cara memindahkannya:

  1. Siapkan wadah baru untuk pemindahan.
  2. Ambil lithops lengkap beserta akar dan media tanamnya. Kamu bisa gunakan sendok, sekop kecil, atau boleh juga dengan tangan kosong.
  3. Tanam kembali secara berbaris atau zig zag dengan jarak sekian cm.

Akhir Kata

Nah, berakhir sudah pembahasan kita kali ini tentang cara menanam lithops.

Seiring berjalannya waktu, lithops yang kamu tanam tersebut akan tumbuh semakin besar. Sehingga, sisanya lithops hanya perlu diperlakukan sebagaimana lithops dewasa pada umumnya.

Ternyata langkah-langkah menanam lithops itu mudah juga, ya. Meski begitu, kita tetap saja tidak bisa memprediksi keberhasilan dari lithops yang kita tanam.

Di samping itu, menanam lithops juga butuh kesabaran. Karena sebagaimana kebanyakan jenis sukulen lainnya, lithops juga memiliki pertumbuhan yang relatif lambat.

Buat kamu yang ingin menanamnya, semoga berhasil, ya!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment