Home » Tanaman Hias » Mudah dan Anti Busuk, Inilah Cara Termudah Memperbanyak Sirih Gading!
Tanaman Hias

Mudah dan Anti Busuk, Inilah Cara Termudah Memperbanyak Sirih Gading!

Cara Memperbanyak Sirih Gading Paling Mudah
www.Houseplantstuff.com

Asal kamu tahu saja, sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman hias sirih gading, lho. Pasalnya, tanaman ini termasuk salah satu yang paling mudah untuk tumbuh.

Meski begitu, ternyata ada satu cara perbanyakan yang paling populer, paling sering diterapkan, juga mengasyikkan, mudah dilakukan, peluang suksesnya tinggi, dan bahkan cantik dari segi estetika.

Yup, apalagi kalau bukan metode stek air, atau bahasa kerennya water propagation (WP).

Nah, pada kesempatan ini, kita akan pelajari bagaimana caranya memperbanyak sirih gading dengan metode water propagation. Yuk, simak!

Cara Memperbanyak Sirih Gading dengan Metode Water Propagation

Cara Memperbanyak Sirih Gading dengan Teknik WP
www.Homeoclock.co.uk

Water propagation (WP) adalah metode perbanyakan/pengembangbiakan suatu tanaman secara vegetatif (aseksual) dengan cara memotong bagian tanaman indukan dan menumbuhkan perakaran terlebih dahulu di dalam media berupa air sebelum ditanam.

Belum paham? Intinya, dengan metode ini, kita akan memotong bagian tangkai sirih gading, kemudian merendamnya ke dalam air untuk menumbuhkan akarnya terlebih dahulu. Setelah akar tumbuh, barulah tanaman tersebut akan kita pindahkan ke media tanam.

Cara WP untuk Memperbanyak Sirih Gading, Butuh Apa Saja?

Untuk melakukan teknik water propagation pada sirih gading, maka setidaknya kamu harus menyiapkan hal-hal di bawah ini:

  • Tanaman sirih gading indukan yang siap diperbanyak
  • Alat pemotong yang steril
  • Wadah yang bisa menampung air (sebaiknya transparan)
  • Air secukupnya
  • Hidroton (tidak wajib)
  • Penumbuh akar (tidak wajib)
  • Vitamin B1 atau nutrisi khusus untuk water propagation (tidak wajib)

Bagaimana Cara Memperbanyak Sirih Gading dengan Metode WP?

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, sekarang kita bisa memulai proses perbanyakan sirih gading melalui metode water propagation.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pemotongan (Cutting)

Pertama-tama, silakan potong terlebih dahulu sirih gading indukan yang kamu miliki. Pastikan menggunakan alat pemotong yang steril, agar tidak menyebabkan penyakit pada luka bekas potongan nantinya.

Bagian yang harus kamu potong ialah tangkai menjuntai pada sirih gading. Hindari memotongnya tepat pada bagian tumbuhnya daun, melainkan sedikit ke atas sehingga posisinya berada di antara dua helai daun, atas dan bawah.

Seberapa panjang batang yang akan kamu potong bisa disesuaikan. Namun setidaknya, kamu bisa menyisakan 2-3 helai daun untuk tiap tangkai yang akan ditumbuhkan. Kurang dari itu, dikhawatirkan tingkat kegagalannya lebih tinggi, meski mungkin saja berhasil.

Langkah 2: Merendamnya ke Dalam Air

Batang sirih gading yang telah kamu potong bisa langsung ditempatkan ke dalam air untuk ditumbuhkan akarnya. Kamu bisa hanya menggunakan air murni tanpa campuran apa-apa lagi, atau menambahkan zat perangsang akar dan nutrisi ke dalamnya.

Lebih dari itu, kamu juga bisa menambahkan media tanam hidroton. Media tanam jenis ini dapat berfungsi untuk memperkuat perakaran tanaman, sehingga sirih gading bisa tumbuh dengan lebih baik.

Oh ya, terkait wadah yang digunakan, sebaiknya berbahan transparan, ya. Mengapa? Karena dengan wadah yang transparan, kita bisa senantiasa memantau pertumbuhan akar dari sirih gading yang sedang kita perbanyak.

Langkah 3: Membiarkan Perakarannya Tumbuh

Setelah cutting-an sirih gading direndam, maka dalam beberapa hari akar baru akan mulai muncul. Tapi jangan terburu-buru melepasnya, ya. Biarkan dulu akar tumbuh sampai cukup lebat, kemudian baru bisa kamu pindahkan ke media tanam.

Selama proses perendaman ini berlangsung, sirih gading juga bisa sekalian kamu gunakan sebagai dekorasi indoor, lho. Penampilannya akan tetap cantik, dengan botol tembus pandang sebagai vasnya, juga sembari menikmati pertumbuhan akarnya.

Bagaimana dengan penempatannya? Sirih gading sebetulnya sangat toleran dengan kondisi yang minim cahaya. Akan tetapi, kalau kamu mau pertumbuhannya lebih optimal, baiknya tempatkanlah di tempat-tempat terang dengan cahaya matahari tidak langsung.

Langkah 4: Memindahkannya ke Media Tanam

Setelah akar tumbuh cukup rimbun, sekaranglah saatnya untuk memindahkan sirih gading baru ke media tanam.

Sirih gading baru ini, bisa kamu tanam di pot baru, atau bisa juga kamu tanam di sisi tanaman indukan untuk merimbunkan penampilannya. Ini merupakan salah satu tips agar sirih gading terlihat rimbun dan lebat berdempetan.

Perhatikan untuk tetap berhati-hati dalam proses pemindahan, agar akar tidak rusak, baik saat melepasnya dari air, maupun saat menimbunnya dengan media tanam.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperbanyak sirih gading. Sekarang, apa kamu sudah siap untuk memperbanyak koleksimu? Ayo langsung praktekkan!

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment