Home » Tanaman Hias » Belajar Cara Memperbanyak Kaktus Koboi, Ternyata Gampang Banget!
Tanaman Hias

Belajar Cara Memperbanyak Kaktus Koboi, Ternyata Gampang Banget!

Ilustrasi Cara Memperbanyak Kaktus Koboi
Bukalapak

Cara memperbanyak kaktus koboi (Cereus peruvianus) pada dasarnya dapat dilakukan dengan beberapa metode. Langkah-langkahnya pun relatif mudah, meskipun tiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Peminat kaktus koboi memang sedang meningkat saat ini. Selain digemari oleh pencinta kaktus, tanaman ini juga sering kali dipilih sebagai dekorasi untuk menghiasi teras-teras di rumah minimalis, cafe, hingga area perkantoran.

Karena alasan tersebut, wajar saja jadi banyak orang yang ingin belajar untuk memperbanyaknya. Nah, kalau kamu juga ingin tahu bagaimana caranya, ayo kita pelajari sama-sama dalam artikel ini.

Cara Memperbanyak Kaktus Koboi

Seperti Inilah Cara Memperbanyak Kaktus Koboi
Lazada

Seperti yang telah dikatakan tadi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak kaktus koboi. Namun begitu, paling sering adalah dengan teknik stek batang, di mana kita hanya perlu memotong batang dan langsung menanamnya saja.

Metode umum lainnya adalah dengan menanamnya dari benih. Kamu bisa memperoleh benih dari toko-toko yang menjualnya atau dari hasil penyerbukan bunga pada tanaman ini.

Di samping itu, ada juga teknik grafting atau sambung batang. Namun untuk kaktus koboi, biasanya hanya digunakan sebagai batang bawah (stam) dalam metode tersebut.

#1. Cara Memperbanyak Kaktus Koboi dengan Stek

Ini adalah metode paling mudah dan paling cepat dilakukan untuk memperbanyak kaktus koboi. Alhasil, metode inilah yang paling sering dipilih oleh para hobbyist.

Kendati demikian, bukan berarti teknik ini tidak memiliki kelemahan. Pasalnya, stek batang umumnya menghasilkan perakaran tanaman yang lebih lemah jika dibandingkan dengan menanamnya dari biji.

Nah berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbanyak kaktus koboi dengan metode stek batang:

1.1. Memotong Tanaman Indukan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memperbanyak kaktus koboi adalah melakukan pemotongan terlebih dahulu.

Kamu bisa memotong bagian pangkal cabang kaktus koboi, atau bisa juga pada ruas batangnya. Salah satu tujuannya adalah agar bekas potongan pada tanaman indukan terlihat lebih rapi.

Ada orang-orang yang mengatur berapa ketinggian cabang yang harus dipotong. Tapi menurut kami, berapa panjang batang yang dipotong sebetulnya bisa kamu sesuaikan. Namun yang pasti, ini juga tergantung dengan kondisi pada indukannya.

Oh ya, jangan lupa juga untuk memastikan alat pemotongnya steril, agar bagian potongan tetap dalam kondisi sehat.

1.2. Mengeringkan Bekas Potongan

Setelah dipotong, baiknya batang kaktus koboi tidak langsung ditanam ke dalam media. Pasalnya, ini bisa memicu serangan jamur dan pembusukan, yang notabene sangat rentan dialami oleh hampir setiap jenis kaktus gurun.

Untuk itu, kamu bisa mendiamkannya terlebih dahulu sekitar satu pekan lamanya. Cukup simpan potongan kaktus di tempat yang kering, tidak terkena paparan sinar matahari langsung, serta suhunya tidak ekstrim.

1.3. Menyiapkan Media Tanam

Sembari menunggu keringnya luka pada potongan kaktus koboi, kamu masih memiliki banyak waktu untuk menyiapkan media tanam tanpa harus terburu-buru.

Ada banyak sekali pilihan media tanam yang baik untuk kaktus, termasuk kaktus koboi. Namun yang menurut kami paling mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau, adalah campuran antara sekam bakar, pasir malang, dan pupuk kandang utuh.

Ketiga media tanam tersebut harus kamu campurkan hingga merata. Perbandingan yang bisa kamu gunakan cukup dengan komposisi yang seimbang, yakni 1 : 1 : 1.

1.4. Menanam Potongan Kaktus

Setelah satu pekan berlalu, dan bekas potongan pun sudah bisa dipastikan kering, maka sekarang kamu bisa langsung menanamnya ke dalam media tanam yang telah kamu siapkan.

Cara menanamnya sama sebagaimana kamu menanam tanaman pada umumnya, yakni dengan memasukkan sebagian media tanam dulu ke dalam pot, memasukkan potongan kaktus, lalu menguburnya hingga berdiri tegak dan kokoh.

Dengan begitu, lama-kelamaan akar kaktus koboi akan tumbuh di sekitar bekas potongan. Lamanya bervariasi. Namun jika kamu ingin prosesnya lebih cepat, kamu bisa mengoleskan zat perangsang akar terlebih dahulu sebelum menanamnya.

1.5. Perawatan Setelah Tanam

Setelah ditanam, kaktus koboi tidak boleh langsung disiram, ya. Alasannya sama seperti mengapa kita harus mengeringkan bekas lukanya dulu, yakni karena dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya pembusukan.

Lantas kapan kaktus ini bisa kita siram? Kamu bisa menyiramnya setelah 3 sampai 7 hari kaktus tersebut ditanam. Selanjutnya, penyiraman bisa dilakukan kembali setiap kali media tanam sudah benar-benar kering.

Setelah tumbuh, kaktus koboi sudah bisa dirawat sebagaimana kaktus koboi dewasa lainnya. Kamu juga bisa mempelajari tentang cara merawatnya di artikel ini.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial yang bisa kami bagikan kali ini. Mudah-mudahan cara memperbanyak kaktus koboi yang kami bagikan di sini bisa kamu terapkan dengan baik, sehingga kaktus yang kamu perbanyak tumbuh sehat.

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment