Home » Tanaman Hias » Cara Memperbanyak Calathea Cuma Seperti Ini? Wow, Mudah Banget!
Tanaman Hias

Cara Memperbanyak Calathea Cuma Seperti Ini? Wow, Mudah Banget!

Cara Memperbanyak Calathea Itu Mudah, lho
Stamenandstemblog.com

Kalau belum dicoba, cara memperbanyak calathea mungkin dianggap merepotkan. Padahal tidak demikian, lho. Meski mungkin ada sedikit tantangan, tapi sejatinya mudah kok, untuk mengembangbiakkan tanaman hias satu ini.

Semua orang pun mulai dari satu tanaman awalnya. Banyaknya koleksi calathea ia sekarang, bisa jadi adalah buah dari calathea-nya yang telah beranak-pinak selama ini.

Nah, kamu juga pastinya ingin calathea yang kamu rawat semakin banyak bukan? Untungnya, itu mungkin banget direalisasikan, lho. Sebab, artikel ini akan memberikanmu panduannya langkah demi langkah. Yuk, simak!

Bagaimana sih, Cara Memperbanyak Calathea?

Langkah-Langkah Cara Memperbanyak Calathea
Thespruce.com

Cara paling mudah dan memiliki persentase sukses paling tinggi untuk memperbanyak calathea adalah dengan metode pembagian rumpun. Kamu bisa membaginya secara hati-hati, lalu pisahkan antar bagiannya.

Selain itu, kamu juga bisa menanam tanaman calathea dari biji. Namun rasanya akan lebih sulit untuk mendapatkan biji calathea itu sendiri.

#1. Cara Memperbanyak Calathea dengan Pembagian Rumpun

Proses pembagian rumpun calathea, baiknya dilakukan pada saat tanaman sudah memasuki waktunya repotting, alias mengganti pot dan media.

Saat kamu mencabut calathea untuk diperbanyak, kamu bisa langsung membagi tanaman secara perlahan, sesuai dengan jalur pemisahan alami yang sudah ada pada akarnya.

Yang perlu dipahami di sini adalah, calathea biasanya memiliki akar yang sangat rapuh. Jadi kamu harus selembut mungkin dalam memisahkannya, demi mencegah kerusakan pada akar yang mana hal ini dapat berdampak negatif pada pertumbuhannya nanti.

Setelah dipisahkan, silakan tanam lagi calathea di pot baru dengan media tanam segar. Kamu bisa pelajari campurna media tanam yang baik bagi calathea di sini, ya.

Terkait penempatan, letakkan tanaman di tempat yang senyaman mungkin bagi calathea. Jaga tanaman hasil pemisahan agar tetap hangat dan lembap, serta hindari paparan cahaya matahari sampai daun baru mulai menampakkan diri lagi.

Oh ya, berapa lama daun baru akan muncul sebetulnya relatif. Tapi dari pengalaman beberapa hobbyist, biasanya daun mulai aktif tumbuh lagi dalam dua hingga empat minggu setelah proses pemisahan dilakukan.

Ke depannya, media tanam calathea harus disegarkan kembali setiap beberapa tahun sekali, dengan menggantinya ke campuran baru. Di saat ini, kamu bisa melakukan pembagian rumpun lagi jika kondisi anakannya sudah memungkinkan.

1.1 Langkah-Langkah Cara Memperbanyak Calathea dengan Pembagian

Detailnya, dan supaya kamu juga lebih mudah memahami alur prosedurnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah sederhana ini. Mudah-mudahan kamu segera berhasil dalam memperbanyak tanaman calathea kamu, ya!

  • Pertama, sirami dulu calathea indukan sehari sebelum kamu berencana membaginya. Ini bertujuan untuk mengurangi stres dan mempercepat pemulihannya.
  • Siapkan pot baru. Pastikan pot tersebut memiliki lubang drainase yang baik. Pot juga harus lebih lebar beberapa sentimeter dari bola akar bagian tanaman yang akan dibagi.
  • Letakkan handuk kertas atau saringan kopi di atas lubang drainase, untuk memungkinkan drainase yang baik tanpa menghilangkan tanah dari dasar pot.
  • Isi sekitar 1/3 pot dengan campuran media tanam yang sudah disiapkan.
  • Dengan lembut, miringkan calathea indukan ke sisinya dan geser perlahan hingga tanaman tersebut tercabut keluar dari potnya.
  • Singkirkan media tanam bekas yang menempel pada akar.
  • Carilah jalur pembagian pada akar, lalu pisahkan dengan hati-hati menggunakan jari-jari kamu.
  • Ingat! Jangan sampai ada akar sehat yang patah saat membaginya, ya. Sedangkan jika ada akar yang rusak, busuk, atau sakit, baru bisa kamu singkirkan.
  • Kamu mungkin hanya perlu membagi calathea menjadi dua bagian. Kecuali kalau tanaman itu besar, maka kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membaginya menjadi lebih banyak lagi.
  • Tempatkan akar tanaman anakan ke dalam pot baru dan isi kembali pot dengan media tanam sampai penuh. Di sini kamu juga boleh mencampurkan sebagian media tanam bekas dari tanaman induk, demi meminimalisir resiko stres pada tanaman anakan.
  • Siram calathea anakan hingga kelebihan air mengalir melewati sela-sela lubang pada pot.
  • Anda bisa menutupi calathea anakan yang baru ditanam tersebut dengan kantong plastik bening (sungkup), sampai kamu mulai mendapati adanya pertumbuhan baru. Ini akan meniru kondisi rumah kaca, serta membantu menahan panas dan kelembapan.
  • Sungkup tersebut dapat dilepas setelah pertumbuhan terlihat.
  • Beres. Sekarang tinggal lanjutkan merawat calathea anakan tersebut, layaknya yang kamu lakukan pada tanaman induknya.

#2. Cara Memperbanyak Calathea dari Biji

Meskipun diketahui lebih sulit untuk dilakukan, calathea ternyata dapat diperbanyak dari biji juga, lho.

Tanaman yang ditanam dari biji diketahui memiliki ketahanan fisik yang lebih kuat. Namun kekurangannya, untuk mendapatkan benihnya bisa menjadi lebih sulit. Selain itu, proses pertumbuhannya pun relatif lebih lambat.

Untuk mempermudahnya, kamu bisa membeli benih dari penjual terpercaya. Toko online mungkin merupakan pilihan terbaik, karena calathea yang kamu rawat di rumah, sangat kecil kemungkinannya bakal menghasilkan benih.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk memperbanyak calathea dari biji:

  • Benih bisa ditanam di pot kecil atau nampan semai. Gunakan campuran media tanam yang diketahui cocok untuk penyemaian calathea.
  • Basahi media tanam terlebih dahulu, baru kamu tanam benihnya. Kebanyakan benih calathea optimalnya ditanam pada kedalaman 0,5 sampai 1 cm.
  • Sungkup pot dengan plastik atau gunakan penutup baki propagasi. Ini akan membantu memaksimalkan kelembapan dan menjaga agar bibit tetap hangat.
  • Jaga agar tanah sedikit lembap, dan tempatkan pot di tempat yang terang namun dengan cahaya yang tidak langsung.
  • Setelah bibit tumbuh sekitar 3-4 cm, bibit dapat kamu pindahkan ke dalam pot yang lebih besar. Hati-hati! Jangan sampai akar muda yang masih rapuh itu rusak dalam proses ini.

#3. Bisakah Kita Memperbanyak Tanaman Calathea dari Stek?

Sayangnya, tanaman calathea tidak dapat diperbanyak dari stek batang atau daun. Stek pada calathea, tidak mengandung jaringan tanaman yang benar untuk menumbuhkan akar baru dan berkembang menjadi tanaman terpisah.

Meski demikian, ada sejumlah tanaman yang terlihat mirip dengan calathea yang dapat diperbanyak dari stek batang, termasuk Stromanthe dan Ctenanthe.

Kenapa Tanaman Calathea Sebaiknya Diperbanyak?

Calathea Sebaiknya Memang Diperbanyak
Thespruce.com

Ada banyak alasan yang mungkin menuntut kita agar sebaiknya memperbanyak tanaman calathea kita.

Jika calathea kamu sudah tumbuh melebihi ukuran potnya, maka inilah saat yang tepat untuk membaginya. Calathea umumnya tidak terlalu suka dilepas dari media, jadi membaginya saat melakukan repotting adalah ide yang baik untuk meminimalisir resiko masalah.

Dengan membagi calathea, kamu juga jadi punya kesempatan untuk memiliki tanaman calathea yang lebih indah dan lebih banyak. Calathea yang berjumlah lebih dari satu, dapat disusun sedemikian rupa agar menghiasi rumah kita.

Alasan lainnya adalah sebagai backup. Kalau satu tanaman calathea mati atau terserang hama, maka kita masih memiliki calathea lain hasil pembagian, sehingga tidak harus kehilangan calathea kesayangan seutuhnya.

Kalau dirasa terlalu banyak, kamu masih bisa memberikannya kepada teman atau kerabat, kok. Dengan begitu, mereka pun bisa ikut menikmati calathea hasil ternakan kita sendiri. Membanggakan bukan?

Oh ya, ada satu lagi. Membagi calathea juga merupakan cara yang baik untuk menjaga ukurannya. Jika kamu suka memiliki tanaman pada ukuran tertentu, maka dengan pembagian seperti ini akan mencegah tanaman tumbuh terlalu besar.

Kapan Waktu Memperbanyak Tanaman Calathea?

Kapan Calathea Diperbanyak?
Plantcareforbeginners.com

Dari referensi salah satu situs luar, waktu terbaik untuk memperbanyak calathea adalah di awal musim semi.

Di masa ini, fase pertumbuhannya baru saja dimulai, sehingga musim semi menjadi waktu terbaik untuk merepoting dan membagi tanaman calathea, serta akan membantunya pulih dari stres akibat dibagi lebih cepat.

Namun karena di Indonesia hanya terdapat 2 musim, maka disarankan untuk tidak membaginya di musim kemarau. Suhu ekstrim di musim kemarau dikhawatirkan membuat calathea tidak mampu bertahan di saat-saat ia baru ditanam.

Ukuran Ideal Calathea Siap Diperbanyak

Ukuran Ideal untuk Memperbanyak Calathea
Thespruce.com

Untuk mengenali apakah calathea telah siap untuk diperbanyak atau tidak, sebetulnya kita bisa melihatnya dari ciri-ciri pada ukurannya, lho. Di antaranya, kamu bisa melihat ciri tersebut dari bagian-bagian yang terbagi secara alami pada bola akarnya.

Jangan paksakan pembelahan atau memotong akar sebelum waktunya. Tunggu saja sampai tanaman tumbuh cukup besar, hingga ia membuat bagiannya sendiri. Tanaman yang sehat mungkin akan berukuran cukup besar untuk dibelah, setidaknya setahun sekali.

Cara Memperbanyak Calathea, Paling Mudah Diterapkan Pada Varietas Apa?

Jenis Calathea yang Relatif Mudah untuk Diperbanyak
Wikipedia

Ada lebih dari tiga ratus jenis calathea di dunia ini, dan banyak di antaranya memiliki cara perawatan khusus sesuai dengan kondisi yang mereka butuhkan.

Untungnya, proses perbanyakan calathea tergolong mudah, meski kamu tetap mesti berhati-hati agar tidak merusak tanaman atau akar pada saat proses pemisahan tersebut berlangsung.

Perawatan yang optimal setelah pemisahan, merupakan faktor kunci agar proses memperbanyak calathea berhasil dilakukan.

Calathea lancifolia (ekor ayam) dan Calathea rufibarba, mungkin termasuk di antara jenis yang paling mudah dirawat dan diperbanyak.

Sedangkan untuk jenis-jenis calathea dengan daun yang lebih besar, lebih tipis, dan lebih halus, seperti Calathea orbifolia, Calathea warscewiczii, dan Calathea makoyana diketahui lebih sulit berhasil untuk diperbanyak.

Apakah Calathea Harus Sehat untuk Diperbanyak?

Pastikan Calathea yang Akan Diperbanyak Sehat
Thecitywild.com

Jelas, dong. Kamu harus selalu memilih tanaman yang sehat untuk diperbanyak. Sebab, menyebarkan calathea yang sakit, malah dapat membunuh tanaman induk, atau malah mengakibatkan tanaman hasil pembagian tidak dapat tumbuh dengan subur.

Namun demikian, dalam beberapa keadaan, memperbanyak dengan pembagian justru bisa juga menjadi satu-satunya cara untuk menyelamatkannya dari masalah kesehatan yang sedang dialami.

Misalnya, calathea yang hampir mati karena terlalu banyak diberi pupuk memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup jika dibelah dan ditanam kembali di media tanam segar.

Akankah Calathea yang Diperbanyak Identik dengan Induknya?

Cara Memperbanyak Calathea dengan Pembagian Menghasilkan Anakan yang Identik
Interistroy.ru

Karena tanaman yang diperbanyak adalah bagian dari tanaman induk, maka keduanya bakal identik. Inilah salah satu keunggulan perkembangbiakkan tanaman dengan cara pembagian rumpun. Sedangkan jika lewat biji, maka tidak demikian hasilnya.

Meski begitu, kalau kamu tidak menempatkan tanaman anakan pada kondisi yang sama dengan tanaman induk, mereka bisa saja akan terlihat berbeda dari induknya, lho.

Contohnya adalah ketika calathea kehilangan variasi warnanya, karena kamu tidak lagi menyimpannya di tempat dengan pencahayaan yang sama sebagaimana indukannya.

Berapa Banyak Calathea Bisa Dibagi dari Indukan?

Cara Memperbanyak Calathea Umumnya Dibagi Menjadi Dua Bagian
Gardenersworld.com

Umumnya, tanaman calathea cukup dibagi menjadi dua bagian pada saat diperbanyak. Namun jika calathea kamu berukuran cukup besar, maka kamu bisa membaginya menjadi lebih dari itu, apalagi jika tanaman tersebut sudah terbagi secara alami.

Cara Merawat Calathea Setelah Perbanyakan

Bagaimana Perawatan Setelahnya?
Osera.org

Anakan calathea membutuhkan perawatan yang sama seperti tanaman induknya. Meskipun mereka dianggap sedikit ‘cerewet’ di dunia tanaman hias tropis, jika kamu mendapatkan kondisi yang tepat, maka kamu bisa memiliki keturunan yang sempurna.

Untuk media tanam, kamu harus memilih campuran yang ringan dan memiliki porositas yang baik, serta memiliki tingkat kelembapan yang baik pula. Hindari penggunaan pupuk –terlebih lagi yang bersifat panas- di awal-awal menanamnya.

Tanaman calathea, terutama keturunannya, menyukai pencahayaan yang tidak langsung. Hindarkan dari sinar matahari langsung, karena kondisi ini dapat menghanguskan tanaman atau menyebabkan pola warna indahnya memudar.

Baik indukan dan anakan, keduanya sama-sama sensitif terhadap penyiraman. Kamu hanya perlu menyiram saat permukaan media tanam kering. Gunakan air bersih dan biarkan sisa air mengalir terbuang.

Calathea juga sensitif terhadap bahan kimia yang biasa terkandung dalam air PAM. Jadi, kamu bisa menggunakan air hujan, air yang disaring, atau air suling, jika mendapati adanya masalah kesehatan calathea.

Berapa Lama Proses Perbanyakan Calathea Berlangsung?

Proses Memperbanyak Calathea Berlangsung Sekitar 2-4 Minggu
www.backyardboss.net

Mungkin diperlukan waktu sekitar dua hingga empat minggu bagi anakan calathea untuk menetap di pot baru mereka dan mulai menunjukkan pertumbuhan baru.

Mereka akan menggunakan waktu ini untuk menyesuaikan diri dengan kondisi baru dan pulih dari kondisi stres karena baru dilepas dari medai, dipisah, dan ditanam ulang.

Berapa Lama Anakan Tumbuh Hingga Mencapai Ukuran Indukan Lagi?

Cepat Lambat Pertumbuhan Calathea
botanichouseplants.co.uk

Calathea adalah tanaman hias yang tumbuh relatif lambat. Oleh karenanya, mungkin perlu beberapa waktu bagi mereka untuk tumbuh hingga kembali ke ukuran tanaman induknya lagi. Apalagi kalau dulu kamu membaginya menjadi banyak bagian.

Meski begitu, biasanya dalam kurun waktu satu tahun, kamu mungkin sudah bisa memperbanyak calathea tersebut lagi, lho.

Masalah Umum Saat Memperbanyak Calathea

Cara Memperbanyak Calathea Juga Mungkin Mendapati Masalah
Wikipedia

Cara memperbanyak calathea memang mudah. Namun bukan berarti juga tak pernah ada masalah. Berikut ini kami rangkum beberapa masalah umum yang biasa ditemukan saat proses perbanyakan calathea:

#1. Daun Kecokelatan

Kalau kamu memperbanyak calathea, lalu daunnya malah menjadi cokelat, mungkin ini disebabkan oleh faktor kelembapan yang tidak konsisten.

Solusinya: Cobalah untuk lebih mempertahankan kelembapan pada media tanam dan lingkungan sekitar.

#2. Daun Menggulung

Kalau calathea yang diperbanyak daunnya menggulung saat bukan di malam hari, mereka mungkin perlu mengonsumsi air dengan lebih baik.

Solusinya: Coba siram calathea tersebut dan lihat apakah masalahnya membaik.

#3. Gagal Tumbuh

Kalau anakan calathea gagal tumbuh, hal ini bisa jadi karena mereka tidak dibagi dengan baik.

Solusinya: Saat membagi calathea, pastikan setiap anakan memiliki bagian akar dan bagian atas tanaman secara utuh. Calathea tidak bisa berkembang biak dengan hanya stek daun.

#4. Layu

Kalau calathea anakan kamu layu dan terkulai, mungkin itu pertanda bahwa mereka kedinginan atau terkena terlalu banyak angin.

Solusinya: Coba pindahkan ke lokasi yang lebih hangat (bukan panas).

#5. Ujung Daun Rapuh dan Daun Melengkung

Kalau anakan calathea kamu memiliki ujung daun yang rapuh atau cokelat, atau jika daun calathea kamu melengkung, itu mungkin karena kelembapannya tidak cukup.

Solusinya:

  • Letakkan di atas nampan yang diisi kerikil dan air untuk meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman.
  • Meletakkan calathea berdekatan, agar calathea dapat menyerap kelembapan dari tanaman lain di sekitarnya.

Akhir Kata

Karena calathea adalah tanaman tropis, maka baik tanaman induk maupun anakannya tentu akan membutuhkan kelembapan tinggi dan konsisten, cahaya tidak langsung, serta ditanam di media yang porous.

Meskipun tanaman ini bisa menjadi agak rewel dan sulit dipelihara dalam beberapa kondisi, namun dedaunannya yang indah membuat perawatan dan perbanyakan tanaman ini menjadi tantangan tersendiri yang menarik untuk dicoba.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment