Home » Tanaman Hias » Cara Memperbanyak Alocasia Ternyata Gampang Banget! Ini Panduannya
Tanaman Hias

Cara Memperbanyak Alocasia Ternyata Gampang Banget! Ini Panduannya

Bagaimana Cara Memperbanyak Tanaman Alocasia?
Kompas.com

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memperbanyak Alocasia?

Buat orang-orang yang hobi berkebun, rasanya bakal belum lengkap kalau ada tanaman hias yang masih belum berhasil diperbanyak. Termasuk pada tanaman alocasia tentunya.

Apalagi mengingat kebanyakan spesies dari genus tanaman ini dibanderol dengan harga yang lumayan. Wah, pokoknya kalau kita sukses memperbanyak tanaman ini, pasti bakal bangga banget, deh.

Nah, kalau kamu ingin tahu cara memperbanyaknya, langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!

Cara-Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memperbanyak Alocasia

Teknik Pemisahan Adalah Cara Termudah untuk Memperbanyak Alocasia
Plantcaretoday.com

Cara paling mudah untuk memperbanyak Alocasia adalah dengan memisahkan antara tanaman indukan dengan anakannya.

Hal ini mudah dilakukan, karena umumnya, selama media tanam yang digunakan subur dan tanaman berada dalam kondisi sehat, Alocasia bisa cukup sering mengeluarkan tunas baru yang bisa dipisahkan untuk diperbanyak.

Selain itu, tingkat keberhasilan dari metode ini pun tergolong tinggi. Sebab, Alocasia yang akan dipisahkan tersebut sejatinya telah tumbuh menjadi tanaman baru, sehingga kita hanya perlu memisahkannya saja.

Meski begitu, ini bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman Alocasia, kok. Alocasia masih bisa diperbanyak dengan metode lainnya. Misal, dengan cara polinasi yang akan menghasilkan buah, di mana bijinya bisa kita tanam untuk menghasilkan tanaman baru.

Akan tetapi, cara kedua ini diketahui berlangsung lebih lama, karena terhambat oleh lamanya masa pertumbuhan biji hingga menjadi tanaman dewasa. Belum lagi adanya resiko gagal semai saat biji ditanam, hingga perawatan kecambah yang notabene lebih ringkih.

Cara Memperbanyak Alocasia dengan Pemisahan

Langkah-Langkah Memperbanyak Alocasia
Dailyevergreen.com

Nah, melihat dari sisi keunggulan dan kemudahannya, di sini kita akan coba terapkan metode perbanyakan Alocasia yang pertama saja, ya. Iya, dengan cara memisahkan antara tanaman indukan dengan tunas alias tanaman baru. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Berikut ini adalah beberapa kelengkapan yang harus/sebaiknya kamu siapkan terlebih dahulu untuk memperbanyak tanaman Alocasia:

  • Tanaman indukan yang sudah berumur dan sudah mengeluarkan tunas-tunas di sekitarnya
  • Media tanam untuk Alocasia
  • Pot atau polybag dengan lubang drainase
  • Vitamin B1, berfungsi untuk mencegah stres (opsional)
  • Fungisida, berfungsi sebagai anti jamur (opsional)

Langkah-Langkah Memperbanyak Alocasia

Setelah kamu menyiapkan kelengkapan-kelengkapannya, sekarang kita bisa mulai memperbanyak Alocasia, nih. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1. Pertama-tama, kamu harus mengeluarkan Alocasia indukan terlebih dahulu dari media tanam dan potnya. Ingatlah untuk melepasnya secara berhati-hati, agar akar Alocasia tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Langkah 2. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan bagian akarnya. Cuci akar dengan air mengalir sampai bersih dari media lama yang menempel, agar proses pemisahan nanti bisa berlangsung lebih nyaman dan jelas.

Langkah 3. Di tahap ini, tanaman Alocasia bisa langsung dipisahkan. Usahakan jangan sampai ada akar yang rusak. Lagi pula, rimpang Alocasia umumnya relatif mudah untuk dipisahkan, kok.

Langkah 4. Untuk mencegah agar tanaman mengalami stres dan terhindar dari jamur, sebaiknya kamu merendam Alocasia dengan larutan vitamin B1 dan fungsida. Kalau tidak ada, kamu bisa langsung ke Langkah 5.

Untuk membuat larutannya, kamu bisa campurkan vitamin B1 dan fungisida ke dalam ember berisi air, sesuai dosis yang telah ditentukan.

Rendam bagian akar Alocasia (baik indukan maupun anakan) selama kira-kira 15 menit.

Langkah 5. Di tahap berikutnya, kini Alocasia bisa langsung ditanam ke media tanam yang telah disiapkan.

Langkah 6. Tanam masing-masing satu tanaman untuk tiap pot/polybag, agar pertumbuhan Alocasia tidak terganggu akibat perebutan nutrisi dari media tanam.

Langkah 7. Alocasia yang baru dipisahkan dan ditanam, harus diperlakukan dengan lebih hati-hati selama masa adaptasi. Sebab, dalam kondisi ini, biasanya tanaman lebih ringkih dari biasanya.

Penempatan tanaman harus diletakkan di tempat terang yang teduh dan tidak terkena matahari secara langsung.

Sedangkan untuk penyiraman, tidak boleh kurang dan berlebihan. Kurang penyiraman bisa mengakibatkan Alocasia kering, sedangkan terlalu banyak bisa mengakibatkan busuk akar.

Akhir Kata

Demikianlah cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman hias Alocasia.

Bagaimana menurut kamu? Tidak sulit bukan memperbanyaknya dengan cara ini? Kalau memperbanyak dengan cara polinasi dan semai biji, mungkin bakal lain lagi ceritanya, karena prosesnya mungkin tidak akan semudah ini.

Yuk, ceritakan pengalaman dan keluhanmu seputar memperbanyak tanaman ini di kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment