Home » Tanaman Hias » Yuk, Belajar Cara Grafting Kaktus Mini! Ternyata Gampang Banget, lho!
Tanaman Hias

Yuk, Belajar Cara Grafting Kaktus Mini! Ternyata Gampang Banget, lho!

Tutorial Cara Grafting Kaktus
www.Masterclass.com

Cara grafting kaktus? Maksudnya apa, sih?

Buat kamu yang belum tahu, grafting itu adalah salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman kaktus, lho.

Caranya, yakni dengan menempelkan dua jenis kaktus berbeda, sehingga menghasilkan suatu bentuk yang unik dan tidak ada di alamnya, serta memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri.

Kalau kamu pernah melihat kaktus mini dengan bagian atas dan bawah yang berbeda, nah, itulah contoh kaktus hasil grafting.  

Cara Grafting Kaktus

Kalau kamu penasaran bagaimana cara melakukan grafting pada tanaman kaktus, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat, nih. Sebab, pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama mengulas bagaimana cara untuk melakukannnya.

Ayo kita mulai dari menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan

Ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu untuk melakukan grafting ini. Jangan khawatir, tidak ada yang aneh-aneh di sini, kok. Semua alat dan bahannya mudah didapatkan, bahkan mungkin sudah tersedia di tempat Anda.

Jadi, apa saja kelengkapan yang dimaksud?

#1. Alat Pemotong

Alat pemotong yang dimaksud bisa menggunakan pisau apa pun, mulai dari pisau dapur, pisau stek, atau lainnya. Yang terpenting, pastikan pisau yang digunakan tersebut dalam keadaan bersih, steril, juga tajam.

#2. Karet Gelang

Karet gelang adalah kelengkapan yang dibutuhkan berikutnya. Karet ini nantinya akan digunakan sebagai penahan sambungan antara batang atas dengan batang bawah kaktus yang sedang di-grafting.

#3. Batang Bawah (Stam)

Selanjutnya adalah batang bawah atau yang juga dikenal sebagai stam. Paling sering menggunakan hasil stek dari pohon buah naga, meski kadang juga menggunakan jenis kaktus lain, seperti kaktus koboi. Stam harus sudah ditanam, berakar, dan dipastikan hidup.

#4. Batang Atas (Scion)

Kalau ada stam, maka pastinya harus ada scion atau batang atas. Ada banyak kaktus yang bisa digunakan sebagai scion, salah satunya Gymnocalicium. Scion ini diperoleh dari kaktus indukan yang sudah memiliki “anak”.

#5. Kelengkapan Tambahan

Kalau mau prosesnya lebih nyaman dan aman, sebaiknya lengkapi juga dengan kelengkapan tambahan yang bersifat opsional berikut ini:

  • Alkohol 70%
  • Pinset untuk mengambil scion, karena mungkin berduri
  • Kuas

Langkah-Langkah

Sudah siap semua alat dan bahannya? Sekarang, yuk, kita pelajari tutorialnya. Berikut ini adalah tutorial cara melakukan grafting kaktus:

#1. Membersihkan Kelengkapan

Proses grafting kaktus sejatinya diawali dengan memotong batang bawah (stam) terlebih dahulu. Tapi sebelum itu, baiknya kita lakukan sterilisasi dulu, yuk. Ini bertujuan untuk mengurangi kotoran dan sumber penyakit yang berpotensi menggagalkan proses grafting.

Apa yang dibersihkan? Paling tidak adalah pisau menggunakan alkohol 70%, serta kaktus (baik stam maupun scion) menggunakan kuas guna menyapu debu-debu yang menempel.

Jika sudah, silakan lanjut ke proses pemotongan.

#2. Memotong Batang Bawah (Stam)

Sekarang mari kita potong batang bawah (stam) terlebih dahulu.

Cara potongnya, pertama kamu harus memotong bagian atas stam secara horizontal dan rata. Setelah itu, potong juga bagian pinggir dengan arah miring menuju pusat stam, sehingga terlihat menyerupai bintang.

#3. Memotong Batang Atas (Scion)

Selain stam, batang atas atau scion juga harus kamu potong. Tapi untuk scion ini, yang dipotong adalah bagian bawahnya, ya. Potong secara horizontal juga, sehingga nantinya scion bisa ditempelkan ke stam.

#4. Menempelkan Stam dan Scion

Nah, setelah stam dan scion dipotong, sekarang giliran menempelkan keduanya. Inilah proses utama dari metode grafting yang sedang kita lakukan.

Cara menempelkannya juga mudah, kok. Kamu hanya perlu meletakkan scion di atas luka potongan stam. Pastikan kedua titik tengah antara scion dan stam bertemu dan bisa melekat, ya. Sebab, melalui pusat tersebut, nutrisi dari stam akan tersalurkan ke scion, sehingga scion bisa tumbuh.

Langkah ini dilanjut dengan memperkuat penempelan menggunakan karet gelang. Pasang karet gelang dari bagian bawah pot hingga ke atas scion, sehingga sambungannya bisa melekat rapat dan tidak mudah lepas.

#5. Menunggu Pertumbuhan

Proses pemasangan sudah selesai. Sekarang silakan kamu letakkan kaktus yang di-grafting tadi di tempat gelap dan aman dari gangguan.

Jika setelah 1 minggu scion masih dalam kondisi baik, maka kemungkinan besar proses grafting yang kamu lakukan berhasil. Selanjutnya, setelah 2 minggu berlalu, karet gelang yang terpasang sudah boleh kamu lepas.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment