Home » Tanaman Hias » Apa Iya Bunga Euphorbia Penyebab Kanker? Mitos atau Fakta?
Tanaman Hias

Apa Iya Bunga Euphorbia Penyebab Kanker? Mitos atau Fakta?

Apa Iya Bunga Euphorbia Penyebab Kanker?
Wikipedia

Benarkah bunga Euphorbia penyebab kanker? Padahal, tanaman yang dikenal juga sebagai mahkota duri ini cantik, lho, kalau terawat. Sayangnya, karena adanya informasi seperti itu, tanaman ini pun mulai terabaikan.

Nah, kamu yang sedang mampir ke artikel ini, mungkin sedang penasaran akan kebenaran informasi tersebut, bukan? Untuk itu, yuk, kita bahas selengkapnya, untuk mengungkapkan apakah ini hanya mitos belaka atau memang fakta.

Beredarnya Kabar Bahwa Bunga Euphorbia Penyebab Kanker

Tahukah kamu? Bunga Euphorbia yang bernama latin Euphorbia milii ini dulunya merupakan jenis tanaman hias populer, lho.

Bagaimana tidak, kecantikan bunganya itu memang bisa mengikat hati banyak pencinta tanaman hias. Di samping itu, tanaman ini juga diselimuti oleh duri-duri tajam yang menjadi suatu daya tarik tersendiri.

Sampai datanglah adanya sebuah informasi, yang tiba-tiba menyatakan bahwa bunga Euphorbia adalah salah satu jenis tanaman berbahaya! Konon katanya, tanaman ini bisa menjadi sumber penyebab penyakit kanker.

Siapa pun yang mendengarnya, pasti akan khawatir, dong. Alhasil, tanaman ini pun mulai kehilangan peminat. Yang tadinya menghiasi halaman-halaman rumah, kini mulai terbengkalai tanpa terawat. Bahkan sebagian membabatnya karena menganggap tanaman ini berbahaya.

Adanya rumor ini tentu mempengaruhi minat orang-orang untuk mengadopsinya. Kendati demikian, rumor ini bukan satu-satunya alasan. Karena bagaimana pun juga, ada banyak hal lainnya juga yang mengakibatkan tanaman ini mulai ditinggalkan.

Benarkah Bunga Euphorbia Penyebab Kanker?

Yang menjadi pertanyaan sekarang ialah, apakah rumor bahwa tanaman Euphorbia merupakan penyebab kanker itu benar adanya atau justru hanya hoaks belaka?

Sayangnya, masih sedikit sekali referensi yang dapat memastikan hal ini.

Dari salah satu referensi yang kami dapatkan, yakni wildflower.org, bunga Euphorbia diketahui memang cukup beracun dan memiliki bahan kimia tertentu yang berpotensi memicu kanker.

Hal tersebut mengarah pada pernyataan University of Florida Miami-Dade Cooperative Extension Service berikut ini:

“Seperti halnya Euphorb lainnya, E. milii (bunga Euphorbia) menghasilkan getah susu beracun dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengandung bahan kimia pemicu tumor (ester diterpene). Sebaiknya gunakan sarung tangan saat menangani tanaman ini dan bersihkan getahnya jika mengenai kulitmu”.

Lebih dari itu, berikut ini adalah informasi lebih lanjut dari Union County College di New Jersey:

“Ada desas-desus tentang tanaman yang memiliki kemampuan menyebabkan kanker dan beberapa situs yang tercantum mencatat bahwa getah memiliki bahan kimia yang dikenal sebagai promotor tumor. Namun, sebuah penelitian yang menguji getah pada kulit tikus tidak menghasilkan tumor.”

Sederhananya, menurut kedua informasi di atas, kita jadi bisa menyimpulkan, bahwa bunga Euphorbia diketahui mempunyai zat yang dianggap berpotensi menyebabkan kanker.

Meski begitu, setelah diteliti pada tikus, ternyata tidak ada aktivitas kanker terbentuk akibat paparan zat tersebut.

Bunga Euphorbia Penyebab kanker, Mitos atau Fakta?
Nugrahpratama21.Blogspot.com

Bolehkah Bunga Euphorbia Dipelihara?

Menurut kami, meski beracun dan dianggap memiliki kandungan pemicu kanker, nyatanya bunga Euphorbia tidak seberbahaya itu, kok.

Penelitian pada tikus yang telah dijelaskan di atas adalah salah satu alasannya, di mana kanker tidak terbukti terbentuk setelah kulit tikus terpapar getah dari tanaman bunga Euphorbia ini.

Jadi, kalau kamu berminat menjadikannya sebagai tanaman hias di rumah, maka kamu boleh-boleh saja melakukan, selama kamu mau memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pakailah sarung tangan saat menangani (menyentuh, menanam, memperbanyak, dll) bunga Euphorbia
  • Segera cuci bersih jika getah bunga Euphorbia mengenai kulit kamu
  • Hindari meletakkan bunga Euphorbia di tempat-tempat yang mudah dijangkau anak dan hewan peliharaan

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment