Home » Tanaman Hias » Aglaonema Busuk Akar, Apa Sebab dan Bagaimana Mengatasinya?
Tanaman Hias

Aglaonema Busuk Akar, Apa Sebab dan Bagaimana Mengatasinya?

Ilustrasi Aglaonema Busuk Akar
Gardening.Stackexchange.com

Hayo ngaku, siapa di sini penghobi Aglaonema yang sering mengalami busuk akar? Bingung nggak, sih, apa penyebabnya? Cara mengatasinya juga bagaimana, nih, supaya nggak terulang di kemudian hari?

Busuk akar rasanya merupakan salah satu masalah umum yang paling sering dialami oleh penghobi Aglaonema. Jangankan yang pemula, para penghobi berpengalaman saja kadang masih suka mengalami kondisi ini, lho.

Nah, supaya nggak bingung-bingung lagi sama penyakit ini, yuk, langsung saja kita bahas!

Aglaonema Busuk Akar

Sesuai namanya, busuk akar adalah kondisi di mana Aglaonema mengalami pembusukan pada bagian akarnya. Meski demikian, kadang dampaknya bisa fatal. Mulai dari merembet ke bagian daun, hingga membunuh tanaman itu sendiri.

Penyebab Aglaonema Busuk Akar

Apa Penyebab Aglaonema Busuk Akar?
www.Apartmenttherapy.com

Apa, sih, penyebab Aglaonema bisa mengalami pembusukan pada akarnya ini?

Secara umum, Aglaonema yang mengalami busuk akar terjadi akibat serangan jamur atau bakteri. Nah, yang memicu adanya serangan tersebut ada banyak lagi. Di antaranya adalah beberapa faktor berikut ini:

#1. Air yang Membawa Patogen

Penyebab pertama busuk akar ternyata bukan soal jumlah air, lho, melainkan air yang diperoleh tanaman tidak steril dan mengandung patogen.

Patogen apa yang dibawa oleh air siraman tersebut? Dikutip dari Wikipedia, busuk akar ini sering kali disebabkan oleh patogen jamur Phytophthora parasitica, Phellinus spp. dan Ganoderma spp.

#2. Overwatering

Penyebab berikutnya tidak lain tidak bukan adalah faktor overwatering.

Apa itu overwatering? Overwatering, maksudnya adalah kondisi di mana tanaman terlalu banyak mendapat asupan air. Bisa jadi karena curah hujan yang tinggi, atau bisa pula karena penyiraman yang terlalu sering.

Tentu saja asupan air yang berlebih seperti ini tidak baik. Meski semua tanaman membutuhkan air, tapi jika asupan yang diberikan melewati batas yang dia butuhkan, maka busuk akar inilah salah satu masalah yang bisa terjadi.

#3. Media Tanam Kurang Porous

Selain penyiraman, media tanam yang digunakan juga bisa mengakibatkan busuk akar, lho. Ini terjadi ketika media tanam tersebut kurang porous dan terlalu banyak mengikat air. Alhasil, Aglaonema pun bisa mengalami busuk akar.

Nah, supaya terhindar dari busuk akar, tingkat porositas pada media tanam harus kamu tingkatkan. Ini bertujuan agar air siraman bisa langsung mengalir hingga keluar kembali melalui lubang drainase pot, tanpa harus berlama-lama dalam media.

#4. Media Tanam Tidak Steril

Selain porous, media tanam juga harus steril untuk terhindar dari busuk akar. Media tanam yang kamu gunakan boleh jadi sudah mengandung patogen berbahaya, seperti bakteri atau virus. Tentu saja efeknya bisa mengakibatkan akar Aglaonema membusuk.

Nah, tips supaya media tanam yang kamu gunakan steril, ialah dengan memfermentasikannya dulu. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan sekam bakar, atau menyiram media tanam dengan air mendidih sebelum digunakan, sebagai opsi alternatif mensterilkannya.

#5. Lingkungan Terlalu Lembap

Satu lagi faktor yang juga bisa mengakibatkan Aglaonema busuk akar adalah lingkungan yang terlalu lembap. Jika lingkungan terlalu lembap, secara otomatis media tanam pun akan lebih lama mengering setelah disiram, bukan?

Solusinya, kalau tingkat kelembapan di daerah kamu cukup tinggi, cobalah untuk meningkatkan porositas pada media tanam. Misalnya dengan menggunakan pasir malang, pumice, atau jenis media tanam dengan porositas tinggi lainnya.

Di samping itu, kamu juga harus mengurangi waktu penyiraman. Meski menyiram sangat menyengkan, kamu tetap tidak boleh tergesa-gesa. Pastikan media tanam sudah mengering terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menyiramnya.

Akhir Kata

Nah, seperti itulah kira-kira pembahasan tentang Aglaonema busuk akar.

Jadi, setelah membaca artikel ini, kamu sudah paham, kan, tentang apa-apa yang mengakibatkan pembusukan akar pada Aglaonema? Semoga dengan bahasan ini, kamu bisa mengevaluasi perawatan Aglaonema yang biasa kamu lakukan, sehingga terbebas dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat!

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment