Home » Tanaman Hias » Tips Agar Sirih Gading Berdaun Lebat, Ini yang Harus Dilakukan
Tanaman Hias

Tips Agar Sirih Gading Berdaun Lebat, Ini yang Harus Dilakukan

Agar Sirih Gading Berdaun Lebat
www.Britannica.com

Bingung nggak, sih, lihat sirih gading sendiri yang cuma menjuntai satu bagian saja? Nggak kaya punya orang. Gimana, ya, agar sirih gading bisa berdaun lebat kaya mereka?

Hayo ngaku, kamu mungkin sedang merasa seperti itu, bukan? Sama, kok, kami juga pernah mengalaminya. Tapi setelah tahu caranya, sekarang sirih gading yang kami rawat sudah rimbun dan rapat-rapat.

Nah, pengen nggak, punya sirih gading seperti itu? Kalau iya, yuk, langsung simak tipsnya di sini!

Tips Agar Sirih Gading Berdaun Lebat dan Rapat

Cara Agar Sirih Gading Berdaun Lebat dan Rapat
www.Wellandgood.com

Pada dasarnya, sirih gading merupakan tanaman rambat. Jadi, nggak heran kalau sering kali hanya ada satu bagiannya saja yang tumbuh memanjang, sehingga memberikan kesan kurang rimbun.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan kami bagikan beberapa tipsnya, supaya sirih gading yang kamu rawat bisa tampil rimbun dan rapat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

#1. Tanam Lebih dari Satu

Belum rimbun karena ukurannya masih kecil adalah hal yang sangat-sangat dapat dimaklumi. Tapi tahukah kamu? Sebenarnya kita bisa membuat sirih gading jadi lebih rimbun meski masih berukuran kecil, lho.

Iya, caranya yaitu dengan langsung menanam beberapa sirih gading langsung ke dalam satu pot. Misalnya 4 tanaman sekaligus, dengan pot yang ukurannya telah disesuaikan tentunya.

Dengan cara seperti ini, sirih gading sudah pasti akan terlihat lebih rimbun, ketimbang kamu membaginya ke beberapa pot berbeda.

#2. Lakukan Pemangkasan

Bentar-bentar. Katanya tadi mau dibikin rimbun, kok, malah dipangkas?

Eits, jangan salah, meski sementara waktu setelah dipangkas sirih gading akan terlihat lebih gundul, namun cara ini ternyata sangat efektif untuk membuatnya lebih rimbun, lho.

Sebab, setelah tunas baru tumbuh, bekas potongan tersebut bisa memunculkan lebih dari satu cabang. Sehingga, yang awalnya hanya ada satu cabang, nantinya akan menjadi beberapa cabang baru. Alhasil, sirih gading pun terlihat lebih rimbun.

Lantas, bagian mana dari sirih gading yang harus dipangkas? Ingat, yang dipangkas di sini adalah tangkainya, bukan daunnya. Kamu bisa memangkas tangkai di antara dua daun.

Selain itu, khususnya jika kamu merawat sirih gading di pot gantung, disarankan untuk memangkas bagian yang masuk ke area pot. Bukan bagian yang menjuntai ke bawah. Ini bertujuan agar bekas potongan yang kurang estetik itu mengganggu keindahannya.

Nah, tangkai yang kamu potong juga jangan dibuang, ya. Itu bisa kamu gunakan untuk memperbanyak sirih gading. Tumbuhkan dulu akarnya di air dengan metode water propagation, lalu tanam kembali di pot yang sama (jika masih ada ruang kosong) supaya semakin rimbun lagi.

#3. Tips Lainnya Agar Sirih Gading Berdaun Lebat

Di samping dua tips di atas tadi, masalah perawatan dasar juga harus kamu perhatikan tentunya untuk memperoleh sirih gading yang rimbun dan lebat. Perawatan dasar ini meliputi media tanam apa yang digunakan, penyiraman, pemupukan, serta pencahayaan.

3.1. Gunakan Media Tanam yang Subur dan Gembur

Sudah benarkah media tanam sirih gading yang kamu gunakan? Tenang, tidak ada aturan baku soal jenis media tanam apa yang harus kamu gunakan. Campurannya bisa menyesuaikan.

Meski demikian, media tanam yang digunakan tentunya harus memiliki kriteria. Di antara yang paling utama adalah subur (kaya hara) dan gembur (porous).

Kesuburan media tanam tentunya berperan dalam mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan oleh sirih gading, sedangkan media tanam yang gembur tidak akan menghambat pertumbuhan sirih gading itu sendiri.

3.2. Siram Pada Waktunya

Penyiraman juga akan berpengaruh pada pertumbuhan daun baru. Sirih gading membutuhkan lebih banyak daun untuk meningkatkan proses penguapan. Jadi, penyiraman juga bisa dikatakan punya kontribusi terhadap rimbunnya sirih gading, ya.

Nah, buat kamu yang masih malas nyiram, yuk, mulai dirutinkan sekarang. Menyiram sirih gading juga tidak perlu setiap hari, kok. Cukup ketika media tanamnya sudah mengering saja. Penyiraman yang berlebihan juga hanya akan membawa masalah bagi sirih gading tersebut.

3.3. Beri Pupuk

Berikutnya adalah pupuk. Pemupukan sirih gading ditujukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan daunnya. Makanya, pupuk yang sering digunakan umumnya mengandung kadar unsur hara N tinggi, yang notabene berperan untuk mengoptimalkan pertumbuhan daun.

Kamu bisa baca lebih banyak tentang pemupukan sirih gading di sini.

3.4. Pastikan Cukup Matahari

Terakhir adalah mencukupi kebutuhan matahari. Matahari punya banyak sekali manfaat untuk tanaman sirih gading, mulai dari fotosintesis hingga meningkatkan kecerahan warna daunnya.

Nah, sirih gading sendiri sebetulnya cukup toleran terhadap lingkungan yang minim cahaya. Meski begitu, tetap saja akan tumbuh lebih baik pada lingkungan yang cukup mendapat cahaya.

Akhir Kata

Itu dia beberapa tips yang bisa kami bagikan agar sirih gading berdaun lebat. Di antara tips-tips tadi, adakah yang sudah pernah kamu coba lakukan sebelumnya?

Semoga bermanfaat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment