Home » Tanaman Hias » Mengenal 7 Jenis Anthurium, Gelombang Cinta Adalah Salah Satunya
Tanaman Hias

Mengenal 7 Jenis Anthurium, Gelombang Cinta Adalah Salah Satunya

Jenis Jenis Anthurium
Sumber: Pixabay

Siapa sangka, jenis Anthurium ternyata sangat banyak loh! Diperkirakan terdapat lebih dari 1.000 jenis Anthurium yang tersebar ke berbagai penjuru dunia. Wow! Angka yang fantastis bukan? Namun yang pasti, tidak semuanya bisa kita jadikan tanaman hias di rumah.

Sekilas Tentang Anthurium

Anthurium masih termasuk keluarga Araceae atau talas-talasan. Sebagai anggota keluarga ini, Anthurium juga umumnya memiliki daya tarik tersendiri dari daunnya, yang relatif besar dan tebal.

Itulah sebabnya mengapa tanaman ini termasuk jenis tanaman hias daun, seperti kerabat dekatnya, yakni Aglaonema, Dieffenbachia, Alokasia, dan Keladi.

Anthurium juga merupakan jenis tanaman evergreen yang hijau abadi. Bukan berarti tak mungkin mati. Hanya saja, tanaman ini tidak mengalami fase dimana ia harus menggugurkan daunnya pada musim-musim tertentu.

Tanaman ini berasal dari hutan dengan kondisinya yang relatif lembab. Bisa tumbuh langsung di atas permukaan tanah di bawah naungan pohon besar, atau menumpang pada batang tanaman lain (epifit). Meski demikian, Anthurium tidak berperan sebagai parasit pada tumpangannya.

Jenis Anthurium Hias yang Populer Dipelihara

Dari sekian banyak jenis Anthurium yang ada, hanya beberapa jenis saja yang biasa diadopsi sebagai tanaman hias. Beberapa jenis di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gelombang Cinta

Jenis Anthurium Gelombang Cinta
Sumber: Agrobis123.com

Gelombang Cinta adalah salah satu jenis Anthurium yang paling populer diadopsi, khususnya oleh penggemar tanaman hias di Indonesia. Daunnya unik, bergelombang, berwarna hijau tua, dan dapat tumbuh besar.

2. Kuping Gajah

Jenis Anthurium Crystallinum
Sumber: Wikipedia

Tidak mau kalah dari Gelombang Cinta, tanaman Kuping Gajah juga ternyata masih termasuk jenis Anthurium yang banyak dipelihara.

Meskipun namanya Kuping Gajah, daunnya ternyata lebih menyerupai bentuk hati ketimbang telinga gajah. Dihiasi dengan tulang daun berwarna putih yang amat menonjol, serta warna hijau sebagai latarnya.

3. Anthurium Bunga

Jenis Anthurium Andraeanum
Sumber: Pixabay

Nama aslinya adalah Anthurium andreanum. Namun karena memiliki bunga, para penggemar tanaman hias di Indonesia lebih akrab menyapanya sebagai Anthurium bunga.

Daunnya berbentuk hati seperti Kuping Gajah, namun tulang daunnya tidak begitu menonjol. Ia juga memiliki bunga cantik yang agak mirip dengan bunga pada tanaman Peace Lily. Bunga tersebut umumnya berwarna merah, namun ada pula yang berwarna putih, ungu, dan sebagainya.

4. Anthurium Jemani

Jenis Anthurium Jemani
Sumber: Wikipedia

Anthurium Jenmanii (Jemani) mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu jenis Anthurium termewah. Walaupun ada beberapa sub jenisnya yang relatif terjangkau harganya, namun tidak sedikit yang dihargai selangit, mulai dari angka ratusan juta, hingga tembus 1 milyar rupiah.

Anthurium jenis ini memiliki daun besar, tebal, dan kokoh. Karakter daunnya mirip Gelombang Cinta, namun tidak bergelombang. Sub jenisnya memiliki banyak varian lagi, dengan beberapa perbedaan tertentu satu sama lain.

5. Anthurium Sirih

Jenis Anthurium Sirih
Sumber: Carousell.com

Bak melihat daun sirih raksasa, inilah Anthurium Sirih. Popularitasnya sedang naik. Namun sayang, karena sulit dikembangbiakan, ia tak mudah dijumpai di pasaran. Sekali pun ada, harganya relatif tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan ribu per daunnya. Gendeng!

6. Anthurium Keris

Jenis Anthurium Keris
Sumber: Tunas-Tunasblogspoptcom.Blogspot.com

Daunnya yang memang menyerupai keris, membuatnya dinamai sebagai Anthurium Keris. Panjang juga bergelombang. Mirip Gelombang Cinta, namun sedikit lebih kurus penampilan daunnya. Konon katanya, semakin kurus daunnya itu membuat harganya dibanderol semakin tinggi.

7. Anthurium Corong

Jenis Anthurium Corong
Sumber: Bukalapak

Bentuk Anthurium bukan hanya itu-itu saja kok. Ada juga jenis lain yang bentuknya berbeda, seperti Anthurium Corong ini misalnya. Sesuai dengan namanya, Anthurium jenis ini memiliki bentuk daun yang menyerupai corong.