Home » Tanaman Hias » 6 Jenis Adenium Ini Merupakan Spesies Asli, Tertarik Mengadopsi?
Tanaman Hias

6 Jenis Adenium Ini Merupakan Spesies Asli, Tertarik Mengadopsi?

Beragam Jenis Adenium
Sumber: Dekoruma.com

Jenis Adenium kini telah melimpah jumlahnya. Padahal, awalnya tanaman ini hanya terdiri dari beberapa spesies saja. Namun berkat adanya perkawinan silang, varietas Adenium semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Adenium sebenarnya dapat dibagi menjadi 2 golongan besar, yakni spesies dan varietas. Spesies merupakan golongan Adenium dari jenis-jenis asli, sedangkan varietas merupakan golongan Adenium hasil perkawinan silang oleh para petani.

Varietas Adenium hasil perkawinan silang menghasilkan beraneka ragam Adenium baru. Di antaranya pun banyak yang menghasilkan bentuk bunga baru yang sebelumnya tidak pernah ada, seperti Adenium bunga tumpuk misalnya.

baru. Di antaranya pun banyak yang menghasilkan bentuk bunga baru yang sebelumnya tidak pernah ada, seperti Adenium bunga tumpuk misalnya.

Banyaknya pilihan Adenium menjadi godaan tersendiri bagi para penggemarnya. Andaikan ada lahan yang cukup, mungkin ingin mengadopsi tiap jenisnya satu per satu. Atau jika tak mungkin begitu, setidaknya kita bisa memiliki jenis yang paling disukai bukan?

Adenium sendiri merupakan tanaman hias yang berasal dari gurun pasir nan gersang. Pusat kecantikan tanaman ini terletak pada bonggolnya, yang kemudian dipercantik lagi dengan adanya bunga-bunga menarik di pucuknya, dimana bunga tersebut bisa berbeda setiap jenisnya.

Jenis-jenis Adenium Asli

Jenis Adenium Terdiri dari Spesies dan Varietas
Sumber: Worldofsucculents.com

Ada beberapa jenis Adenium asli (spesies) yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini, di antaranya:

  1. Adenium Arabicum.
  2. Adenium Obesum.
  3. Adenium Socotranum.
  4. Adenium Swazicum.
  5. Adenium Somalense.
  6. Adenium Bohemianum.

1. Jenis Adenium Arabicum

Adenium arabicum merupakan salah satu jenis yang paling populer dipelihara. Bonggolnya terlihat pendek, namun besar melebar. Secara keseluruhan, Adenium jenis ini nampak begitu kekar sehingga sangat digemari oleh para hobbyist.

Biasanya, Adenium arabicum memiliki banyak batang yang tumbuh langsung di atas bonggolnya. Percabangannya pun relatif banyak, sehingga jika dipadukan dengan bonggolnya yang besar itu, ia terlihat seperti semak.

Bunganya berwarna pink berpadu dengan putih, namun ukurannya agak kecil. Untungnya, Adenium arabicum memiliki banyak percabangan, sehingga begitu tiba waktunya berbunga, bunga yang mekar biasanya akan lebat dan serentak.

2. Jenis Adenium Obesum

Tak mau kalah dengan arabicum, Adenium obesum juga termasuk jenis yang amat digemari. Perawakannya sangat cantik. Ia juga mudah beradaptasi, sehingga perawatannya terbilang mudah.

Bonggol Adenium obesum biasanya akan membesar dan cenderung meninggi. Di atas bonggolnya terdapat sebuah batang utama, yang kemudian akan bercabang di bagian atasnya. Jumlahnya cabangnya itu bervariasi, namun biasanya cukup banyak.

Bunganya berwarna merah yang bergradasi dari putih, dengan ukuran yang lebih besar dari arabicum. Sedang daunnya akan digugurkannya di kala kebutuhan hidupnya dalam kondisi kurang tercukupi. Bukan maksud pundung, tapi bertujuan meminimalisir penguapan.

3. Jenis Adenium Socotranum

Adenium socotranum, ia merupakan sosok yang gagah dan kekar. Bonggol hingga batangnya yang berwarna kecokelatan itu dapat tumbuh hingga ukuran yang sangat besar.

Apalagi mengingat jenis ini adalah sosok Adenium yang panjang umur, sebab dapat hidup hingga ribuan tahun lamanya. Melihatnya berukuran raksasa di alam liar, penampilannya begitu eksotis dan teramat unik.

Warna putih dan merah muda berpadu dalam bunganya. Sayang socotranum ini cenderung malas berbunga. Ia lebih senang tampil gudul tanpa bunga dan minim daunnya.

4. Jenis Adenium Swazicum

Adenium swazicum memiliki daun yang unik, sebab bentuknya menyempit, berbulu, dan memiliki lapisan lilin yang berguna untuk mengurangi terjadinya penguapan.

Akan tetapi, Swazicum ini sering kali memiliki bonggol yang kecil, bahkan tak jarang ditemukan dalam keadaan tanpa bonggol. Mungkin hal ini dipengaruhi juga dengan bentuk daunnya yang sudah berperan dalam mengurangi penguapan itu.

Lain dengan socotranum, Adenium swazicum malah sangat bersemangat untuk berbunga. Ia siap memekarkan bunganya yang mirip tapak dara itu sepanjang tahun, asalkan kebutuhan air maupun nutrisinya bisa tercukupi selayaknya.

5. Jenis Adenium Somalense

Somalense merupakan Adenium bertubuh kekar, mudah beradaptasi dengan lingkungan, pertumbuhannya relatif cepat, juga memiliki daya tahan yang baik. Bentuk daunnya menyempit dengan ujung meruncing, sedangkan bagian bunganya berukuran kecil.

6. Jenis Adenium Boehmianum

Adenium Boehmianum memiliki pertumbuhan yang relatif cepat. Bonggolnya besar dan indah, daunnya lebar dan berbulu, sedangkan bunganya berwarna pink keungu-unguan.