Home » Tanaman Hias » Menarik! Ternyata Ada Banyak Loh Cara Menanam Aglaonema
Tanaman Hias

Menarik! Ternyata Ada Banyak Loh Cara Menanam Aglaonema

Tips Bagaimana Cara Menanam Aglaonema Paling Tepat
Sumber: Allaboutmgl.Blogspot.com

Cara menanam Aglaonema ternyata banyak! Hampir semua caranya relatif mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Sayangnya, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui langkah-langkahnya.

Banyaknya pilihan menanam Aglaonema juga memberikan dampak positif bagi kita. Kita jadi bisa memilih cara yang paling tepat dilakukan dengan kebutuhan kita, sehingga tidak perlu repot-repot menunggu bahan yang belum kita miliki untuk mulai menanamnya.

Saat kesulitan menemukan benih Aglaonema, masih ada kok cara lain yang mungkin bisa kita lakukan. Dengan memanfaatkan Aglaonema yang rusak misalnya. Tanaman yang rusak bisa kita perbanyak dengan teknik lain agar tumbuh menjadi Aglaonema baru yang lebih cantik.

Namun perlu diketahui sebelumnya, Aglaonema ini karakternya agak sensitif. Tidak jarang menanam Aglaonema mengalami kegagalan. Jika cara yang dilakukan kurang tepat, resiko kebusukan sudah menanti di depan.

Oleh karena itu, kita perlu lebih hati-hati saat menanamnya. Kemudian yang terpenting, jangan pernah berputus asa jika gagal menanamnya. Pengalaman lah yang nantinya akan mengajarkan kesalahan-kesalahan kita sebelumnya.

Nah, buat kamu yang sudah penasaran mengenai cara menanam Aglaonema itu seperti apa, di sini kami akan coba membahas beberapa metode yang relatif mudah untuk dipraktekan. Apa saja? Simak selangkapnya di artikel ini yaa…

Cara Menanam Aglaonema dari Biji

Cara Menanam Aglaonema Melalui Biji
Sumber: Projectnoah.org

Kehadiran bunga pada Aglaonema memang akan mengganggu penampilannya. Karena adanya bunga, pertumbuhan daun baru pun menjadi lebih kecil. Sehingga tak jarang para penggemar Aglaonema menyarankan untuk memotong bagian tersebut.

Akan tetapi, bunga yang dibiarkan tumbuh bisa menjadi sumber muasal benih baru bagi Aglaonema. Bunga akan mulai berubah menjadi buah jika terjadi proses penyerbukan serta pembuahan. Dari sana lah biji Aglaonema dapat ditemukan.

Saat masih muda, kulit buah akan sulit sekali dilepaskan dari bijinya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, buah pun akan mulai matang, berwarna kemerahan, dan kulitnya pun akan mudah untuk dilepaskan.

Biji yang sudah tua dapat digunakan untuk proses penyemaian. Sebelum ditanam, ada yang menyarankan untuk merendam biji tersebut 2 sampai 3 jam di dalam air, guna merangsang pertumbuhan saat disemai nantinya.

Semai biji Aglaonema di atas media yang telah disiapkan, umpanya sekam bakar yang telah dipadukan dengan cocopeat dan pasir malang misalnya. Mungkin dalam kurun waktu 4 hingga 6 bulan, biji tersebut sudah berubah menjadi sebuah tanaman mungil.

Untuk pembahasan lengkap seputar media tanam Aglaonema, kamu bisa membacanya di artikel: Media Tanam Aglaonema.

Aglaonema yang sudah berukuran cukup besar, sekitar 3-5 helai daun, dapat dipindahkan ke pot tunggal. Jika dibiarkan dalam satu pot bekas penyemaian, khawatirnya mengganggu proses pertumbuhannya untuk menjadi lebih besar lagi.

Kekurangan menanam Aglaonema dengan cara ini adalah prosesnya yang terbilang lama. Akan tetapi, tanaman Aglaonema yang ditanam dari biji akan memiliki daya tahan yang lebih kuat ketimbang ditanam dengan metode lainnya.

Aglaonema Juga Bisa Ditanam dari Pemisahan Rumpun

Cara Menanam Aglaonema dengan Memisahkan Rumpun
Dokumen Pribadi

Salah satu alasan mengapa Aglaonema sangat diminati adalah karena tumbuh begitu menarik, dengan banyak anak di sekelilingnya. Aglaonema adalah tanaman rumpun. Jumlah anakan di sekitarnya akan terus bertambah seiring perjalanan hidupnya.

Ingin Aglaonema cepat beranak? Baca di artikel: Agar Aglaonema Cepat Beranak.

Semakin banyak anakan, pot dan media akan semakin sesak pula tentunya. Aglaonema harus segera dipisahkan atau dipindahkan ke dalam pot yang ukurannya lebih besar. Jika dibiarkan, hal tersebut akan mengganggu pertumbuhan Aglaonema.

Teknik memisahkan rumpun seperti itu juga merupakan salah satu metode untuk memperbanyak jumlah individu Aglaonema. Cara ini relatif aman dan mudah untuk dilakukan. Kemungkinan tumbuhnya pun lebih tinggi ketimbang melalui stek tanpa akar.

Setelah dicabut dari media secara perlahan, akar indukan Aglaonema dapat kamu bersihkan dahulu menggunakan air bersih. Jangan menggunakan air dengan tekanan tinggi, khawatir merusak akar Aglaonema yang masih sehat.

Pilihlah anakan yang setidaknya sudah memiliki 3 helai daun. Usahakan juga anakan yang akan dipisahkan tadi tidak memiliki calon daun baru, karena pertumbuhan daun baru tersebut dapat mengecil jika dipisahkan dari indukan.

Pemisahan anakannya dapat menggunakan pisau tajam yang steril, pisau stek, atau cutter. Bisa juga dipatahkan dengan hati-hati. Potong bagian akar yang menjadi penghubung antara anakan dengan induknya.

Anakan yang sudah dipisahkan bisa ditanam langsung. Namun sebaiknya bagian akar direndam terlebih dahulu dalam larutan fungisida (anti jamur) dan B1 (anti stres). Harapannya, Aglaonema dapat tumbuh dengan baik tanpa mengalami pembusukan atau stres.

Setelah kurang lebih 15 menit direndam, Aglaonema dapat langsung ditanam pada media yang masih segar. Sebaiknya gunakan media baru agar unsur hara yang terkandung di dalamnya masih lengkap dan belum asam.

Selamat mencoba!

Baca artikel kami lainnya: Pilihan Jenis Aglaonema yang bisa kamu rawat.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment