Home » Tanaman Hias » Cara Menanam Adenium Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah dengan Mudah
Tanaman Hias

Cara Menanam Adenium Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah dengan Mudah

Bagaimana Cara Menanam Adenium yang Tepat
Sumber: Reddit.com

Cara menanam Adenium itu sebenarnya mudah loh. Yang terpenting adalah memahami tekniknya dengan baik. Peralatan yang dibutuhkan pun tidak rumit, sehingga akan mudah buat kamu mempraktekannya di rumah nanti.

Tema ini merupakan salah satu topik pembahasan yang banyak ditanyakan oleh para Ademania, khususnya yang masih pemula. Mungkin sebagian di antara kamu ada yang sudah pernah mencoba, namun belum membuahkan hasil yang diharapkan juga.

Sejatinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam Adenium. Kamu bisa menanamnya dari biji, menggunakan teknik stek batang, atau metode-metode lainnya. Semua metode yang bisa dilakukan, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misal jika menanam Adenium dari biji, tanaman yang tumbuh akan relatif lebih sehat dan kuat, serta memiliki bonggol yang baik. Sayangnya teknik ini membutuhkan proses yang lama, karena pertumbuhan sukulen seperti Adenium relatif lambat.

Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menggunakan teknik stek batang. Dari batang yang ditancapkan, nantinya akan tumbuh akar, daun, hingga bunga baru. Sayangnya, daya tahannya tak sebaik Adenium dari biji dan tidak berbonggol. Adenium dari stek seperti ini akan cocok jika digunakan sebagai indukan nantinya.

Nah, untuk lebih jelasnya, kami akan coba membahas lebih detil mengenai bagaimana cara menanam Adenium dengan mudah, agar nanti kamu bisa mempraktekannya langsung di rumah. Yuk simak artikel ini sampai selesai…

Cara Menanam Adenium dari Biji

Sumber: Pinterest

Untuk menanam Adenium dari biji, setidaknya kamu memerlukan biji Adenium, media tanam steril, dan pot sebagai wadah penyemaian. Perlengkapan yang dibutuhkan sangat sederhana bukan? Terkecuali biji yang mungkin agak sulit didapatkan.

1. Mendapatkan Benih Adenium

Kamu perlu sedikit bersabar untuk memperoleh bijinya, jika ingin langsung mengambilnya dari Adenium indukan yang sudah ada. Biji Adenium bisa didapat dari buahnya yang menyerupai tanduk berwarna kecokelatan.

Jika mulai menua, buah perlu diikat atau dibungkus dengan plastik. Alasannya, buah tersebut akan pecah begitu matang. Sedangkan bijinya begitu ringan sehingga mudah terbang. Karena itulah buah perlu dikunci agar biji tidak hilang terbawa angin.

Setelah buah matang, kamu bisa mengambil bijinya untuk ditanam. Kupas kulit buah, lalu ambil semua biji yang ada di dalamnya. Jangan lupa juga untuk membuang bulu halus yang menempel pada bijinya ya.

2. Proses Menanam Benih Adenium

Setelah benih siap digunakan, kita bisa mulai menanamnya. Gunakan nampan, pot, atau wadah apapun yang bisa digunakan untuk penyemaian. Jangan lupa memperhatikan lubang untuk jalan keluarnya air saat penyiraman.

Media tanam yang digunakan bisa berupa sekam bakar, pasir malang, atau cocopeat. Kamu bisa menggunakan salah satu atau campurannya. Ada hobbyist yang menyarankan 100% pasir malang halus, ada juga yang menyarankan sekam bakar campur cocopeat 1 : 1, dan sebagainya.  

Masukan media tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan. Letakan benih dengan posisi berbaring, tidak berdempetan, dan berada di dekat permukaan media. Kemudian tutup dengan media tanam lagi sekitar 1 sampai 2 cm dari tempat benih disimpan.

3. Penempatan dan Penyiraman Benih Adenium

Kelembaban media tanam perlu dipertahankan. Jangan sampai terlalu banjir, dan jangan pula terlalu kering. Walaupun Adenium adalah tanaman gurun, benihnya tidak akan berkecambah jika media kekurangan air.

Tutuplah wadah penyemaian agar kelembaban dan asupan cahayanya bisa terjaga, serta meminimalisir resiko biji yang ditanam terbang terbawa angin.

Kamu bisa menggunakan pot dengan ukuran yang lebih besar untuk menutupnya, agar cahaya matahari dan sirkulasi udara bisa bergerak keluar masuk melalui lubang drainase pada pot penutup.

Jika sudah selesai, maka hanya perlu rutin menyiramnya saja ketika media terlihat kering. Biasanya, Adenium akan mulai berkecambah dalam kurun waktu sekitar 1-2 minggu.