Home » Tanaman Hias » Anthurium Jenmanii, Salah Satu yang Menduduki Kasta Tertinggi
Tanaman Hias

Anthurium Jenmanii, Salah Satu yang Menduduki Kasta Tertinggi

Tentang Anthurium Jenmanii
Sumber: Wikipedia

Dari total 1.000 jenis Anthurium yang ada, Anthurium Jenmanii adalah salah satu yang menduduki kasta tertinggi. Ia dikenal sebagai sosok tanaman hias berkelas, mewah, dan mahal, bahkan hingga kini di saat kepopulerannya tak seperti sedia kala lagi.

Hampir semua penggemar tanaman hias, paham betul apa yang terjadi dengan nasib kepopuleran Anthurium. Sempat penuh pujian di sekitaran tahun 2007, namun tak lama merosot kembali yang berdampak kerugian pada banyak pebisnis tanaman hias kala itu.

Kendati demikian, rasanya Anthurium tak pantas dikatakan buangan. Kesan mahal masih melekat erat padanya, sekalipun harganya kini jauh berbeda dengan di masa kejayaannya dulu. Selain itu, tanaman ini juga masih memiliki banyak penggemar, khususnya di negeri ini.

Tak terkecuali jenis Anthurium Jenmanii yang hingga kini masih banyak dicari. Dari segi fisik, Anthurium jenis ini memang tampak kekar dan begitu menarik. Wajar jika di puncak kepopulerannya, banderolan harganya menjadi salah satu yang tertinggi.

Memiliki Perawakan yang Menarik

Secara umum, bentuk daunnya menyerupai daun Tembakau, namun lebih tebal dan kokoh tentunya. Warnanya hijau tua atau kemerahan di saat muda. Yang membuatnya terlihat lebih menarik, ia memiliki tulang daun yang menonjol, sehingga memunculkan kesan kekar berurat.

Beberapa Sub Jenis Anthurium Jenmanii

Ada beberapa sub jenis Anthurium Jenmanii. Semuanya memiliki beberapa ciri tertentu yang membedakan antara satu sama lain.

1. Anthurium Jenmanii Mangkok

Jenis ini memiliki daun bulat dan cekung ke dalam. Wajar namanya Mangkok, sebab terinspirasi dari bentuk daunnya itu. Dengan ciri khasnya itu, Jenmanii Mangkok akan cukup mudah dikenali.

2. Anthurium Jenmanii Kol

Namanya Jenmanii Kol, sebab terinspirasi dari perawakannya yang menyerupai tanaman kubis (sayur kol).

3. Anthurium Jenmanii Kobra

Bentuk daun Jenmanii jenis ini menyerupai kepala ular Kobra. Itulah sebabnya Kobra dipilih sebagai pelengkap namanya.

Mengenal Karakter dan Pola Perawatannya

Seperti keluarga Araceae pada umumnya, Anthurium Jenmanii juga merupakan tanaman yang menyukai daerah lembab, dengan paparan sinar matahari minim akibat terhalang rindangnya pepohonan di hutan.

Karakteristik alamiahnya harus menjadi perhatian kita saat memutuskan untuk merawatnya. Pola perawatan yang berbeda jauh dengan lingkungan aslinya, tentu akan melahirkan berbagai masalah pada tanaman ini.

Misal soal penyiraman. Walaupun cenderung menyukai daerah yang lembab, bukan berarti tanaman ini harus tergenang air. Terlalu banyak volume air yang diserap hanya akan menimbulkan beraneka ragam penyakit pada tanaman ini.

Hal yang tak kalah penting adalah soal pencahayaan. Sengatan matahari langsung dapat merusak kemolekan daunnya. Sebab, daun Anthurium Jenmanii telah didesain sedemikian rupa agar dapat bertahan hidup di kondisi minim cahaya.

Anthurium Jenmanii yang terlanjur sakit atau terserang hama perlu mendapat pertolongan. Hama perlu dibuang jauh-jauh agar tidak menyebar ke sisi yang masih selamat. Obati tanaman dengan anti hama, atau memotong bagian yang terserang jika kiranya tak bisa lagi diselamatkan.

Harga Anthurium Jenmanii Saat Ini

Anthurium Jenmanii mengalami perubahan harga yang sangat signifikan. Jika dulunya tanaman ini bisa berharga jutaan hingga milyaran rupiah, kini harganya anjlok ke angka ratusan ribu saja per tanaman.

Tidak ada yang bisa memprediksi secara pasti perubahan harga tanaman hias satu ini. Bahkan pebisnis tanaman hias pun banyak yang mengalami kerugian besar karena tanaman ini. Entahlah, apakah nantinya ia bisa bangkit kembali dari keterpurukannya saat ini.

About the author

INSVIRA

Add Comment

Click here to post a comment