Home » Tanaman Hias » Gelombang Cinta, Tetap Laris Meski Harganya Tak Lagi Fantastis
Tanaman Hias

Gelombang Cinta, Tetap Laris Meski Harganya Tak Lagi Fantastis

Anthurium Gelombang Cinta
Sumber: Carousell.com

Gelombang Cinta. Dulu ia merupakan rajanya tanaman hias daun yang dipuja-puji. Trend­-nya sempat sangat tinggi. Begitu pun dengan harganya yang bikin bulu kuduk berdiri. Para pebisnis dan kolektor berebut memiliki tanaman ini, sekali pun rela menggadaikan rumah yang mereka huni.

Namun sayang, kepopulerannya merosot tiba-tiba. Pebisnis tanaman hias tentu banyak yang bangkrut dan menderita. Apa-apa yang digadaikan demi memiliki tanaman ini, harus hilang begitu saja, meninggalkan setumpuk hutang yang harus diganti.

Lebih Dekat dengan Anthurium Jenis Ini

Anthurium? Iya, Gelombang Cinta merupakan salah satu anggota dari genus ini. Genus Anthurium dikenal dengan keistimewaan daunnya, yang relatif tebal, besar, dan cantik. Itu juga menjadi alasan mengapa Gelombang Cinta ini amat digemari.

Ngomong-ngomong, buat kamu yang penasaran dengan jenis Anthurium lainnya, kamu bisa membacanya di artikel jenis Anthurium.

Nah, tentang Gelombang Cinta, tanaman tropis ini memiliki bentuk daun yang menarik. Selain ukurannya yang besar dan tebal, daunnya tersebut juga tidak lurus rata, melainkan penuh dengan gelombang. Pantas saja Gelombang Cinta dipilih sebagai namanya.

Sebagai tanaman yang nyaman dengan lingkungan teduh dan lembab, Gelombang Cinta cocok dijadikan sebagai tanaman indoor atau penghias teras. Paparan cahaya matahari langsung dapat merusak daunnya, sehingga ia tidak cocok ditanam di taman tanpa atap.

Namun jika kamu berencana untuk menjadikannya sebagai tanaman indoor pun, rasanya kamu harus memiliki ruangan yang cukup luas. Sebab, Anthurium jenis ini dapat tumbuh cukup besar, terutama bagian daunnya yang lebar itu.

Akarnya berwarna putih, banyak, dan menyebar ke segala arah. Sedang batangnya yang lunak tak berkayu cenderung terbenam ke dalam media. Batang tersebut baru akan muncul ke permukaan saat ia dewasa, nampak seperti bonggol.

Mulai dari Tanaman Raja, Hingga Trendnya Terjun Tiba-tiba

Bertahun-tahun yang lalu, Anthurium Gelombang Cinta merupakan tanaman hias koleksi para raja. Tanaman yang dapat tumbuh besar ini cocok sekali menghiasi taman dan halaman banyak kerajaan, khususnya di wilayah Jawa.

Pada sekitaran tahun 2007, namanya melejit bagaikan pencakar langit. Tanaman ini bisa dijual ratusan juta hingga milyaran rupiah per potnya. Hebatnya lagi, trend ini ternyata terbentuk akibat skenario bisnis semata, bukan natural karena kebutuhan pasar yang ada.

Namun karena banyak hal, mulai dari maraknya penipuan hingga mudahnya pengembangbiakan, tak lama harga Anthurium jenis ini merosot habis-habisan. Akibatnya, banyak pebisnis tanaman yang mengalami kerugian besar karena hal ini.

Berapa Harga Gelombang Cinta Saat Ini?

Harga Gelombang Cinta Saat Ini
Sumber: Tokopedia

Dibandingkan dulu saat ia berada di titik tertingginya, kini harganya tak ada apa-apanya. Selisihnya sangat jauh berbeda. Tiap rumah mungkin bisa memilikinya, bahkan tak perlu takut lagi kehilangan jika diletakkan di luar ruangan begitu saja.

Jika dulunya Gelombang Cinta seharga ratusan juta, kini mahal-mahalnya paling juga hanya ratusan ribu saja. Bahkan untuk ukuran kecil, harganya masih di bawah seratus ribu rupiah. Pantas saja banyak pebisnis rugi.

Biarpun begitu, peminat Anthurium Gelombang Cinta masih banyak kok. Buktinya, tanaman ini masih menghiasi banyak halaman rumah di Indonesia. Karena bagaimana pun juga, ia sejatinya adalah sosok tanaman hias yang cantik.

Dari sejarah tanaman ini pun kita juga bisa mengambil pelajaran. Tanaman hias mungkin kurang cocok dijadikan lahan investasi jangka panjang. Itu dikarenakan, nilai tanaman hias tidak stabil seperti emas, dan tidak pula selalu meningkat seperti harga tanah.