Home » Tanaman Hias » Ingin Agar Aglaonema Cepat Beranak? Ini Tipsnya
Tanaman Hias

Ingin Agar Aglaonema Cepat Beranak? Ini Tipsnya

Tips Agar Aglaonema Cepat Beranak
Sumber: Efsgarden.com

Bagaimana sih tips agar aglaonema cepat beranak? Rasanya kita tak pernah sabar menanti si ratu daun ini beranak pinak. Seperti ada sesuatu yang kurang, jika melihat setangkai Aglaonema hanya duduk manis sendirian dalam sebuah pot dimana ia ditanam.

Bahkan sebagian dari pencinta Aglaonema mungkin akan senantiasa meliriknya setiap pagi, melihat ke bagian permukaan media, lalu bertanya dalam benak “Sudahkah ada jarum baru yang muncul pagi ini?”.

Masalah merangsang pertumbuhan anak Aglaonema merupakan salah satu problem yang banyak ditanyakan oleh para penggemarnya. Karena bagaimana pun juga, Aglaonema akan terlihat lebih menarik dalam keadaan rumpun, lebih banyak anak, dan lebih banyak daun.

Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana agar Aglaonema cepat beranak dan semakin rimbun, kami akan coba sedikit berbagi mengenai tipsnya. Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Tips Jitu Agar Aglaonema Cepat Beranak

Trik Agar Aglaonema Cepat Bernak
Dokumen Pribadi

Mungkin di antara kamu yang sedang membaca artikel ini, ada yang merasa telah merawat Aglaonema sebaik mungkin. Namun sayang, Aglaonema yang dirawat belum juga mau menunjukan anakannya.

Cobalah untuk kembali mengkoreksi pola perawatannya. Mungkin masih ada yang kurang tepat, atau bahkan tidak sesuai dengan karakteristik Aglaonema, sehingga anakan yang dinanti itu tak kunjung muncul juga.

Perlu diketahui bahwa perawatan tanaman hias –termasuk Aglaonema- bisa berbeda di setiap daerah. Hal itu tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan, seperti suhu udara, kelembaban, jenis media, durasi penyiraman, pemupukan, dan lain sebagainya.

Aglaonema sendiri merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari hutan hujan tropis. Ia membutuhkan lingkungan yang relatif lembab, serta tidak tahan dengan panas yang ekstrim. Namun media yang terlalu basah juga bisa membuatnya busuk, atau parahnya terserang hama.

Kondisi lingkungan serta pola perawatan yang tidak cocok dengan Aglaonema, tentu akan berdampak negatif pada pertumbuhan Aglaonema. Aglaonema yang ditanam mungkin tak hanya kesulitan mengeluarkan anakan, tapi juga menjadi rusak dan tak nyaman dipandang.

Untuk mengetahui bagaimana perawatan Aglaonema yang tepat, kamu bisa mengikuti tips-tips yang kami berikan di artikel: Cara Merawat Aglaonema.

Agar Aglaonema cepat beranak, setidaknya ada 2 hal yang bisa kami bagikan di sini, yakni menggunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh), serta memacu pertumbuhannya dengan sinar matahari.

1. Menggunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh)

ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) adalah rahasia para nursery dan para hobbyist untuk mempercepat pertumbuhan anak Aglaonema. Zat ini diracik secara khusus guna merangsang pertumbuhan tanaman agar lebih optimal, termasuk Aglaonema.

Cara kerjanya berbeda dengan pupuk. Jika pupuk punya peranan dalam memenuhi kebutuhan unsur hara dalam media, maka ZPT lah yang berperan untuk membantu tanaman dalam menyerap unsur hara tersebut.

Dengan memperbaiki proses penyerapan unsur hara tersebut, maka Aglaonema bisa memperoleh kebutuhan hara yang lebih baik dari sebelumnya, sehingga pertumbuhan anakannya pun akan semakin cepat.

2. Menjemur Aglaonema

Selain mengoptimalkan penyerapan unsur hara dengan ZPT, hal lain yang perlu diperhatikan agar Aglaonema cepat beranak adalah dengan mengoptimalkan proses fotosintesisnya

Sebagian jenis Aglaonema memang memiliki laju fotosintesis yang lamban. Hal ini disebabkan karena daun Aglaonema tidak terdiri dari warna hijau saja, sehingga berdampak pada jumlah klorofilnya yang juga tak banyak.

Untuk mengoptimalkan proses fotosintesisnya, Aglaonema harus memperoleh sinar matahari yang cukup. Jangan sampai kekurangan, dan jangan pula terlalu berlebih.

Aglaonema yang memperoleh sinar matahari dengan baik akan memiliki laju fotosintesis yang baik pula. Karenanya, proses metabolisme sel dapat meningkat, sehingga tunas-tunas kecil akan muncul dengan lebih mudah.

Akan tetapi, terlalu banyak memperoleh sinar matahari juga bisa memberikan efek samping kepada tanaman ini, mulai dari warna yang memudar, layu, hingga daun yang kering terbakar.

Jemurlah Aglaonema di pagi hari, sebelum matahari terasa panas membakar. Jangan lupa untuk menyemprotnya dengan air, di kala daun Aglaonema mulai terasa hangat diraba.